Inilah Penyebab Toko Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Bukan rahasia umum lagi kalau Minimarket Alfamart dan Indomaret lokasinya selalu berdekatan. Padahal kedua Toko retail tersebut menjual barang sama yaitu kebutuhan rumah tangga, Makanan, Minuman dan beberapa produk lainnya.

mengapa toko indomaret dan alfamaret selalu dekat jaraknya

Yang sering menjadi pertanyaan banyak orang, Mengapa Toko Alfamart dan Indomaret letaknya selalu berdampingan alias berdekatan ?, Ada yang berjarak beberapa meter saja, Ada di seberang jalannya atau bahkan tidak sedikit gerai keduanya saling berjajar di satu lokasi.

Simak juga : Cara bayar Tagihan SPayLater di Alfamart dan Indomaret, serta Cara Bayar Pajak Tahunan STNK di Indomaret serta pengesahannya.

Pertanyaan lain, apakah Indomaret dan Alfamart tidak rugi kalau lokasinya berdempetan ? Apa memang strategi tersebut disengaja, padahal pemilik kedua minimarket tersebut berbeda ?. Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak beberapa alasan berikut ini yang dilansir dari CNBC Indonesia.

Beberapa Alasan Alfamart dan Indomaret Tokonya Berdekatan

Menghemat Biaya Riset

Alasan pertama Minimarket Indomaret dan Alfamart saling berdekatan adalah hemat biaya riset pasar.

Umumnya setiap retail modern, apalagi sebesar Indomaret atau Alfamart yang gerainya ada ribuan, Setiap akan membuka gerai di suatu tempat pasti ada yang namanya riset, seperti melihat potensi pasar di lokasi yang akan dibangun, apakah sudah lolos uji kelayakan untuk bisnis atau tidak.

Baca juga:  Syarat dan Cara Mendapat STB Bantuan Pemerintah untuk Nonton TV Digital

Memakai Hotelling Theory

Alasan selanjutnya yaitu penerapan konsep atau teori Hotelling yaitu strategi bisnis dengan menerapkan pemilihan lokasi industri yang strategis.

Penerapan Hotelling Theory yang dilakukan Alfamart dan Indomaret yaitu meletakkan bisnis atau kegiatan ekonomi dengan saling berdekatan yang tujuannya pengasaan pasar seluas-luasnya.

Meskipun konsep tersebut akan menghasilkan keuntungan 50-50, Kelanjutannya tentu selera pasar akan diserahkan kepada penilaian konsumen.

Membangun Penilaian Konsumen

Kelangsungan usaha dari kedua minimarket Indomaret dan Alfamart yang berdekatan lokasinya tergantung dari penilaian dan persepsi Konsumen yang berbelanja.

Proses menarik hati dan minat pelanggan supaya loyal dan kembali lagi belanja ada pada setiap karyawan yang bertugas di gerai tersebut.

Jadi selain keunggulan dalam persepsi harga murah dan tempat yang nyaman, Sikap dan pelayanan karyawan afamamart dan indomaret akan menjadi pemikat pertama ketika konsumen datang.

Jadi tidak heran, bila kita masuk ke salah satu gerai mninimarket tersebut selalu disambut dengan ucapan selamat berbelanja dan senyum karyawan untuk membangun persepsi positif terlebih dahulu.

Baca juga:  5 Cara Mencari Uang dari Internet Paling populer

Menawarkan Keunggulan yang berbeda

Meski barang yang dijual hampir mirip dan masyarakat mungkin mengira kalau Alfamart dan Indomaret pemiliknya sama, namun keduanya saling mengakui kalau memiliki keunggulan dalam segi harga, Luas Toko dan juga pelayanan konsumen yang ramah.

Menggunakan Five Forces Strategy

Strategy Five force yaitu cara untuk mengamati, Mengidentifikasi dan menganalisa kekuatan yang akan membentuk pola bisnis mereka.

Alfamart dan Indomaret yang lokasinya saling berdekatan menggunakan strategi Five Forces yang diantaranya sebagai berikut:

  • Power Of Supplier : Strategi yang dipengaruhi oleh suatu produk atau barang yang diproduksi atau dihasilkan oleh supplier. Jadi, semakin sedikit supply sebuah barang maka perusahaan akan memiliki ketergantungan yang semakin tinggi agar supplier tersebut mau memasok produknya pada mereka.
  • Competitive Rivalry : yaitu suatu kondisi dan suasana bisnis yang menciptakan sebuah persaingan tinggi antar perusahaan atau kompetitor, Sehingga akhirnya perusahaan yang bersaing akan saling memberikan yang terbaik, Selalu membuat terobosan dan Inovasi supaya bisa lebih unggul dari lawan bisnisnya.
  • Power of Buyer : adalah kemampuan konsumen untuk menawar dan menilai sebuah produk apakah lebih murah atau kemalahan. Itu juga yang terjadi pada persaingan harga antara Indomaret dan Alfamart, Konsumen yang akan menyeleksi dan menilai harga barang yang dibanderol di kedua minimarket tersebut.
  • Threat of Subtitute Product : Kemampuan barang pengganti yang dijual perusahaan sebagai pengganti barang yang memiliki fungsi serupa.
  • Threat of New Entry : Kekuatan perusahaan yang mendominasi pasar sehingga akan sulit bagi pendatang baru untuk masuk dan bersaing. Beberapa aspek kekuatan perusahaan dipengaruhi oleh Regulasi, Biaya masuk, Hak paten serta kondisi Ekonomi, Sehingga akan terlihat siapa yang berkuasa di lokasi usaha tersebut.
Baca juga:  Panduan Bagi Pemula! Cara Mencari Supplier Di Tokopedia

Jadi itulah beberapa alasan dan sebab mengapa Alfamart dan Indomaret sering mendirikan Toko di lokasi yang berdekatan dalam satu lokasi, Semoga jawaban diatas bisa membantu menjawab rasa penasaran pembaca semua.

mengapa toko indomaret dan alfamaret selalu dekat jaraknya
Next Post

No more post

Artikel Terkait