Cara Bayar Pajak Tahunan STNK di Indomaret dan Pengesahannya

Membayar Pajak Tahunan kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK di Indomaret ternyata caranya sangat mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan dari pengalaman admin sendiri saat mencoba melakukan pembayaran di salah satu Retail terkenal di Indonesia tersebut tidak memerlukan syarat yang macam-macam, Cukup bawa STNK saja ternyata bisa. Benarkah ?, ikuti ulasan dan tutorialnya di bawah ini.

Her STNK TAHUNAN di Indomaret

Sebagaimana diketahui, salah satu cara Pemerintah memberantas calo atau makelar perpanjangan STNK, yakni dengan mempermudah masyarakat mengurus dan membayar sendiri pajak kendaraan bermotor miliknya via E-Samsat alias Samsat Online. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan untuk rutin bayar pajak yang wajib dilakukan setiap Tahun dan Lima Tahunan.

Selain mendatangi Kantor Samsat atau mobil Samsat Keliling, Memperpanjang STNK Tahunan saat ini bisa dilakukan Online, seperti Kantor Pos, Indomaret, Transfer Bank, Tokopedia dan beberapa tempat yang sudah bekerjasama dengan pelayanan pembayaran E-Samsat.

Adapun beberapa pertanyaan mungkin mengganjal di benak masyarakat yang sudah terbiasa melakukan pembayaran untuk perpanjangan dan pengesahan Her STNK Tahunan via Offline seperti mendatangi Kantor SAMSAT atau menunggu adanya Mobil samsat keliling yang datangnya terjadwal di beberapa tempat tertentu saja.

Salah satu pertanyaannya, Bagaimana bukti STNK sudah dibayar dan disahkan kalau memperpanjang via E-Samsat, baik itu bayar di Indomaret, transfer via Bank, di Kantor Pos dan beberapa tempat lainnya ?

Simak juga Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan di SAMSAT, Syarat & Prosesnya !

Apakah nantinya di STNK yang dibayar Online akan ada stempel khusus ? Apakah yang menjadi bukti pembayaran pajak Tahunan STNK bila nanti ada pemeriksaan kendaraan di jalan, apa Polisi akan percaya kalau kita sudah membayar pajaknya ?.

Masih banyak lagi keragu-raguan yang ada di benak masyarakat dan bahkan takut kalau sesudah mencoba memperpanjang STNK tahunan dan tidak ada bukti fisiknya (berupa stempel di STNK-Asli) terasa canggung was-was kalau ditilang polisi di jalan.

Baca juga:  Cara Munculkan Tanda persentase baterai di HP Samsung J2 Prime

Memang kalau belum mencoba pastinya khawatir, saya sendiri sebelumnya juga ragu, apa benar memperpanjang pajak tahunan STNK kendaraan via E-Samsat Online seperti di Kantor Pos, Indomaret, transfer dari ATM atau Mobile banking dan selainnya akan mendapat bukti pembayaran dan pengesahan.

Namun setelah mengalaminya sendiri, saya tidak ragu lagi dan memang cara bayar pajak STNK tahunan motor atau Mobil Online paling mudah daripada mendatangi Samsat yang antriannya kita tidak tahu berapa lama.

Lalu bagaimana dengan Bukti Pembayaran STNK ?

Untuk pengesahan dan bukti pembayaran pajak STNK tahunan via Online, nantinya kita selain mendapat Struk transaksi, juga akan mendapat Link (tautan) di Nomor ponsel kita berupa E-TBPKP dan E-STNK.

Apa itu E-TBPKP dan E-STNK ?

Setelah proses membayar pajak kendaraan Tahunan di Indomaret, Tokopedia, Via Bank atau via Online lainnya, maka kita akan mendapatkan Notifikasi di Ponsel berupa SMS ke Nomor yang kita daftarkan selama proses bayar.

Di dalam SMS tersebut dengan pengirim dari SAMSAT, isinya berupa pemberitahuan bahwa kita sukses membayar sekaligus pengesahan STNK lengkap dengan nomor kendaraan yang kita bayar pajaknya serta total pembayaran.

Selain itu, di pesan masuk SMS juga tertera ID-transaksi, tanggal pelunasan, ID Pengesahan dan tautan (Link) yang apabila dibuka akan muncul gambar E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik) dengan format file jpg.

E-STNK yang bisa dicetak
Contoh E-TBPKP / E-STNK

Tanda bukti pelunasan pajak kendaran tersebut juga disebut E-STNK, yang bisa kita cetak sendiri dirumah memakai printer pada umumnya. Dan yang berbeda, di samping kanan gambar STNK Elektronik tersebut, ada kode QR, yang mana saat kita scan (pindai) menggunakan kamera smartphone akan keluar tautan ke situs resmi dinas pendapatan daerah. Bila kita buka, isinya juga gambar E-TBPKP / E-STNK yang sama persis dengan link yang kita terima di SMS.

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Bagaimana kalau ada Pemeriksaan Surat kendaraan ?

Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana kalau ada polisi yang melakukan operasi pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, apakah percaya kalau kita sudah membayar pajaknya via Online di Indomaret atau E-Channel lain ?

Perlu diketahui, saat polisi melakukan proses pemeriksaan STNK kendaraan di jalan raya, petugas sudah dibekali aplikasi untuk mengecek apakah mobil / motor kita mati pajaknya atau tidak. Bahkan semisal saat kita membawa hasil print /cetakan E-STNK, Petugas polisi memiliki alat untuk memindai kode QR dan pasti tahu kalau kita sudah membayar pajaknya.

Apakah Wajib mencetak E-STNK / E-TBPKP ?

Kalau kita tidak punya mesin printer, tidak perlu mencetak bukti pembayaran pajak dan pengesahan STNK yang kita lakukan via Online. Anda bisa menyimpan gambar STNK elektronik tersebut di ponsel, bahkan tanpa menyimpannya-pun, data dan bukti pembayaran anda sudah bisa dibaca oleh petugas melalui aplikasi hanya dengan menginput nomor Polisi kendaraan anda.

Jadi kalau semisal ada operasi di jalan raya untuk pemeriksaan surat kendaraan, meskipun anda sudah membayar pajaknya via E-Samsat, lalu bapak Polisinya masih tidak percaya, silahkan suruh petugas untuk melakukan pengecekan dengan aplikasi resmi SAMSAT ONLINE. Namun admin percaya, pastinya sosialisasi ke petugas sudah dilakukan saat program pembayaran pajak tahunan STNK online dilakukan, baik itu cara pengecekan melalui aplikasi maupun alat Scan QR Code.

Cara Bayar STNK Tahunan di Indomaret

Di bawah ini saya bagikan pengalaman saat bertransaksi pelunasan pajak tahunan motor di Indomaret. Adapun syaratnya cuma membawa STNK Asli dan Nomor HP Aktif saja. Apa tidak bawa KTP asli atas nama pemilik kendaraan ?

SMS notifikasi pelunasan pajak STNK
Contoh SMS Pelunasan Her STNK

Sebenarnya saya juga membawa KTP asli, Lalu iseng saya tanya sama kasir Indomaret apakah harus membawa KTP juga saat membayar STNK tahunan ?, ternyata jawabannya mengejutkan saya. Tidak perlu bawa KTP, cukup STNK Aslinya saja.

Baca juga:  Tips WhatsApp Cara blokir Kontak dan pesan masuk

Alasanya, saat proses pemeriksaan di Aplikasi pembayaran E-SAMSAT komputer kasir Indomaret sudah otomatis mendeteksi nama pemilik sesuai apa tidak dengan STNK Aslinya, itu saja. Intinya, nantinya petugas indomaret akan menginput Nomor kendaraan, Nomor-rangka dan mesin lalu memeriksanya, apakah sudah klop dengan yang tertulis di STNK atau tidak, bila benar proses akan dilanjutkan untuk pembayaran.

Adapun urutan HER STNK tahunan di indomaret adalah sebagai berikut:

  1. Tunjukkan ke kasir STNK asli mobil / motor anda dan kasir akan menanyakan nomor Ponsel (untuk menerima notifikasi tanda pembayaran E-TBPKP)
  2. Tunggu sampai petugas indomaret melakukan pengecekan data yang terhubung ke E-SAMSAT
  3. Kasir akan meyakinkan kembali dengan menyebutkan nomor kendaraan, Nama pemilik dan masa berlakunya, bila benar dan anda sudah meng-iyakannya, maka proses pembayaran dilanjutkan.
  4. Anda akan memperoleh Struk transaksi, yang didalamnya tertera Nomor bukti pembayaran, No Polisi, Nama pemilik, Jenis, tipe dan warna kendaraan serta detail tagihannya.
  5. Selang beberapa  menit kemudian anda akan mendapat notifikasi berupa SMS dari SAMSAT sebagai tanda pelunasan dan pengesahan, lengkap dengan tautan (link) untuk melihat gambar E-STNK, yang bisa anda cetak sendiri dirumah.
  6. Biaya Admin Indomaret untuk Her STNK tahunan hanya Rp 5000.
Nota pembayaran pajak kendaraan di indomaret
Contoh Nota Pembayaran Pajak STNK

Jadi, secara singkat cara membayar Pajak tahunan kendaraan di Indomaret hanya membawa STNK ASLI. Sama halnya saat anda memutuskan untuk membayar Her tahunan STNK di Tokopedia, Kantor POS, Transver bank via ATM atau mobile banking, pastinya tidak ditanya KTP asli pemilik kendaraan.

Intinya, anda tidak perlu menggunakan Calo kalau hanya masalah kendaraan bukan atas nama anda, semisal motor beli second dan belum sempat Balik Nama.

Semoga tips membayar pajak tahunan kendaraan bermotor via Online di Indomaret diatas bermanfaat. Warga Negara yang baik sadar pajak pastinya..hehe.

  1. author

    vhi4 weeks ago

    Ini langsung ke indomaret bawa stnk atau ada proses yg lain dulu sebelum ke indomaret (misal : sms/link)?

    Reply
    • author
      Author

      GusInfo3 weeks ago

      Langsung bawa stnk aslinya saja ke indomrt, dan meski gk pakai KTP tetap bisa diproses. SMS yg didalamnya ada link E-STNK diberikan sesudah kita melunasi pembayarannya. Jd persiapkan jg nomor HP aktif yg bisa menerima sms masuk..

      Reply

Leave a reply "Cara Bayar Pajak Tahunan STNK di Indomaret dan Pengesahannya"