Tips Agar Flashdisk di OTG USB OPPO A3s Terdeteksi

Cara mengatasi Flashdisk OTG di OPPO A3s tidak Terdeteksi – Sebagai perangkat Android OPPO yang support fitur OTG, seri A3s bisa digunakan untuk terhubung ke perangkat berkonektor USB seperti Keyboard laptp, Mouse USB, Joy Stick game dan juga flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal.

Flashdisk USB OTG di HP A3S OPPO

Sudah banyak smartphone Android merek OPPO yang mensupport OTG (On-The-Go), salah satunya OPPO A3s. Begitu juga saat perangkat semisal flashdisk ditancapkan via kabel OTG, biasanya langsung terdeteksi oleh sistem android dan bisa langsung digunakan untuk memori eksternal maupun media backup file dari HP ke flashdisk dengan cepat.

Namun ada yang beda dengan OTG USB yang ada di OPPO A3s, dimana saat kita menghubungkan flashdisk ke HP ternyata tidak terdeteksi dan ketika dicari pada aplikasi File manager juga tidak muncul tanda flashdisk terhubung dan tentunya kita tidak dapat melihat isi filenya.

Simak tips OPPO A3s berikut:

Cara Mengatasi OTG Flashdisk OPPO A3s tidak Konek

Ternyata ada fitur khusus untuk mengkoneksikan USB OTG agar flashdisk bisa terdeteksi dan dapat digunakan pada A3s OPPO. Nah, bagaimana caranya ? simak tipsnya berikut ini:

Baca juga:  Menyembunyikan Tombol Navigasi Samsung A10/A20/A30/A50

1. Masuklah ke menu Settings atau Setelan di HP A3s

Setting koneksi OTG OPPOO A3S

2. Selanjutnya menuju ke opsi ‘Additional Settings‘ atau Setelan lainnya

3. Nah, tugas kita agar flashdisk bisa terdeteksi maka aktifkan opsi ‘OTG Connection

4. Tunggu beberapa saat agar sistem android OPPO mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung

Flashdisk terdeteksi di oppo a3s

5. Bila sudah terkoneksi, maka ada notifikasi di layar pemberitahuan, dan bila ingin melihat apakah benar-benar Flashdisk terhubung, buka saja Aplikasi Files dan akan terlihat OTG terkoneksi lengkap dengan kapasitas didalamnya.

Bagaimana agar aman melepas flashdisk (FD) dari HP OPPO ?

Nah, agar sistem android OPPO tetap aman dan flashdisk tidak lekas rusak saat melepasnya dari konektor OTG, Maka jangan sampai mencabut FD saat masih dalam proses pembacaan, penulisan atau penghapusan file.

Semisal kita sedang memutar musik atau nonton video dari file yang ada di FD, maka jangan mencabutnya dari konnektor OTG agar tidak terjadi corrupt files atau bahkan Flashdisk rusak.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Format Foto HEIF di HP Samsung Galaxy

Agar aman, nonaktifkan dahulu koneksi OTG dari menu yang sudah ada di HP OPPO, jadi matikan fitur ‘OTG Connection’ supaya flashdisk koneksinya terputus dengan aman.

Namun, menurut pengalaman admin dan beberapa sumber terpercaya, tidaklah mengapa kita mencopot flashdisk secara langsung asal kondisinya idle alias tidak sedang ada pembacaan dan penulisan file.

Itulah tips singkat tentang cara mengatasi OTG flashdisk di HP OPPO A3s tidak terdeteksi, semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Tips Agar Flashdisk di OTG USB OPPO A3s Terdeteksi"