Video Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon TS307

Menyambung tutorial sebelumnya tentang cara install Printer Canon TS307 di Windows 7 yang Pada CD Driver Bawaaannya tidak mensupportnya, kini admin akan memberikan tips sekaligus video cara Isi ulang cartridge tinta PG-745s dan CL-746s bawaan original Printer.

Refill tinta canon TS307

Bagi pemilik printer tipe canon yang tidak dimodifikasi dengan wadah tinta serta selang khusus atau biasa dinamakan sistem infus, pastinya melakukan refill alias pengisian manual dengan menyuntikkan tinta ke dalam cartridge wajib dilakukan.

Mau tidak mau pemiliknya harus sedikit meluangkan waktu mengisi sendiri wadah tinta, mulai dari awalnya melubangi cartridge hitam dan warna sampai menyuntikkan tinta dengan tepat tanpa tumpah dan Prnter bisa kembali bisa digunakan mencetak teks ataupun foto.

Bagi pengguna yang belum pernah sama sekali mengisi sendiri cartridge printer pasti merasa takut atau khawatir. Padahal langkah-langkahnya tidaklah serumit yang dibayangkan, mudah sekali mengisi tinta printer sendiri tanpa harus membawanya ke tukang servis atau membeli cartridge baru yang harganya mahal.

Cara Refill Tinta Canon TS307

DI bawah ini admin bagikan tips mengisi ulang Tinta Printer Canon TS307, mulai dari melubangi cartridge sampai berapa ukuran tinta yang harus disuntikkan per warnanya.

Baca juga:  Gagal Install Printer Canon TS307 di Windows 7, Begini Caranya!

1. Alat yang harus dipersiapkan seperti Tissue, Penusuk (Push Pin, paku, paper clip atau sejenisnya), Cutter, Tinta refill, korek api.

2. Nyalakan printer dan buka penutup depan supaya dudukan cartridge parkir di tengah.

3. Lepas cartridge yang hitam dulu atau warna terserah anda.  Belum tahu cara melepasnya ? caranya tekan kebawah ujung atas cartridge sampai ada suara klik, lalu cabut.

4. Lepas label stiker yang menutupi cartridge, gunakan cutter kalau kesulitan memakai kuku jari.

5. Setelah lepas, bakar ujung push pin atau paku kecil dengan korek / lilin dan lubangi cartridge.

Lubang tinta ts307 hitam dan warna
Letak Lubang Pengisian Tinta

6. Untuk letak melubangi cartridge warna hitam ada tanda bulatan di bagian agak bawah, dan untuk letak lubang warna ada 3, yaitu sebelah atas untuk warna Pink (Merah / magenta), Bawah kiri warna Biru (Cyan) dan kanan bawah warna kuning.

7. Setelah itu suntikkan tinta hitam kurang lebih 3-4ml saja, lalu tutup lagi dengan stikernya atau isolasi.

8. Pasang lagi cartridge hitam ke tempatnya, caranya tekan ke arah atas sampai keluar bunyi klik.

Baca juga:  Daftar Printer Canon Kuat dan Awet Harga di Bawah 1 Juta

9. Lanjutkan melepas wadah tinta hitam, lepaskan stikernya dan lubangi 3 tempat tinta. Letak lubangnya bisa dilihat pada contoh gambar.

10. isi tinta warna sekitar 3ml dan tutup kembali lubangnya dengan isolasi atau label stiker bila masih bisa direkatkan.

11. Langkah terakhir masukkan cartridge warna canon ke lubangnya dan tutup kembali penutup depan.

Cartridge tipe PG-745S dan CL-746S
Tipe Cartridge Tinta Canon TS307

Test Hasil Print Hitam dan Warna

Untuk memastikan apakah tinta sudah terisi dengan benar sesuai lubangnya, silahkan cetak gambar warna-warni pada selembar kertas. Bila hasilnya bagus maka pengisian sukses, namun bila hasilnya warna terlihat putus-putus, silahkan melakukan cleaning head melalui menu Perawatan printer dari komputer atau aplikasi canon print di smartphone.

Simak Video Cara ReFill Tinta Canon TS307 berikut ini:

Masalah sesudah isi ulang tinta

Adapun beberapa problem yang sering dikeluhkan pengguna printer canon sesaat sesudah pengisian yakni tinta selalu menetes di head-nya.

Ada demikian, cara mengatasi tinta yang menetes terus ini dengan menyumbat lubang pengisian dengan isolasi, pastikan lubang tertutup rapat, karena ada gaya gravitasi menyebabkan lubang kecilpun bisa mendorong cairan tinta keluar lewat print head.

Baca juga:  Menyambungkan Bluetooth Canon TS307 dengan Smartphone

Leave a reply "Video Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon TS307"