Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online dan SMS

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini bisa kita lakukan dengan mudah, apalagi di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih. BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak dari karyawan yang bekerja maupun yang sudah pensiun, mengalami PHK atau mengundurkan diri melalui pendaftaran yang dilakukan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan Online dan SMS

Pengecekan saldo bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari online hingga offline sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. BPJS Ketenagakerjaan juga selalu memberikan inovasi dalam pelayanannya sehingga kita tidak perlu mengunjungi kantor BPJS hanya untuk melakukan pengecekan saldo saja.

Penggunaan digital pun juga membantu kita untuk menikmati berbagai layanan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, mulai dari aplikasi BPJSTKU, website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan melalui cara lain yang tak kalah praktisnya. Misalnya cara tersebut dengan melalui cara SMS sehingga tidak perlu untuk membutuhkan sebuah koneksi internet, jika kebetulan sedang terjadi susah sinyal.

Setiap metode cek saldo BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan sehingga Anda bisa memilih metode mana yang lebih mudah untuk kondisi Anda saat itu. Informasi mengenal saldo akan segera Anda dapatkan setelah melakukan pengecekan tersebut. Lantas, bagaimana cara melakukan metode pengecekan yang tepat dan benar?

Baca juga:  Cara Mengetahui Auto Debit BPJS Mandiri Berhasil Terbayar atau Tidak

Cek Saldo BPJSKT Online, Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan ini dirilis sejak tahun 2018 untuk memperluas kepesertaan. Anda bisa mengakses aplikasi ini melalui ponsel android ataupun iOS dengan fitur lengkapnya, seperti informasi kantor cabang, simulasi perhitungan JHT, pengaduan, layanan pengaduan dan pelaporan, kartu digital hingga pelaporan kecelakaan kerja real-time.

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online bisa Anda akses melalui aplikasi BPJSTKU dengan mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian instal di ponsel. (Simak : Cara Bayar BPJS melalui ATM BRI dan Mobile Banking)

Untuk bisa login, Anda harus memasukkan alamat email dan kata sandi yang sudah dibuat pada proses sebelumnya kemudian masuk ke laman depan dan pilih LIHAT SALDO.

Setelah itu, akan muncul informasi tentang jumlah saldo yang dimiliki secara rinci. Aplikasi ini bisa digunakan perangkat Android 5.0 ke atas dan sudah diunduh oleh lima juta kali lebih. Untuk bisa mengaksesnya, ponsel harus terkoneksi dengan internet agar proses bisa berjalan tanpa adanya masalah koneksi.

Baca juga:  Cara Daftar EDABU BPJS dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

Cek Saldo BPJSTK Online, Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara saldo BPJS Ketenagakerjaan online juga bisa dilakukan melalui website dengan menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan karena nantinya diperlukan nomor KPJ. Selanjutnya, kunjungi situs http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian klik menu “Layanan Peserta” lalu klik “Tenaga Kerja” kemudian akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online.

Pengecekan saldo bisa dilakukan dengan memilih menu “BPJSTKU” atau langsung mengunjungi situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian Login dengan memasukkan email dan password. Cara ini hanya bisa dilakukan bagi Anda yang sudah pernah melakukan pengecekan secara online sehingga sudah ada data pendaftaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Pembuatan akun BPJSTK dilakukan dengan mengisi formulir data registrasi mulai dari nama, nomor KTP, nomor kartu peserta Jamsostek atau BPJSTK. Setelah itu, klik “Setuju” dan lengkapi data dengan benar, lalu “Daftarkan” atau “Submit Data” hingga mendapatkan User ID dan Password.

Cek Saldo BPJSTK melalui SMS dengan Lebih Mudah

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS juga bisa dilakukan, bahkan lebih mudah dan cocok bagi Anda yang berada di tempat susah sinyal atau kehabisan data internet.

Baca juga:  2 Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

Ketik SMS dengan format, DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal lahir (dd-mm-yy)#Nomor peserta. Setelah itu, kirimkan SMS ke nomor 2757.

Apabila format dan nomor yang Anda kirimkan sudah benar, selanjutnya Anda akan menerima balasan SMS dari BPJS yang berisi nomor ID dan ucapan terima kasih. Anda juga bisa untuk menggunakan sebuah nomor ID tersebut untuk mengecek sebuah saldo JHT dengan membalas sebuah SMS tersebut dengan sebuah format, SALDO(spasi)NOMOR PESERTA.

Kirimkan format tersebut ke nomor 2757. Apabila format dan nomor sudah benar, selanjutnya Anda akan mendapatkan balasan berupa informasi mengenai saldo JHT. Cara ini tidak berlaku untuk semua operator, melainkan hanya bisa dilakukan untuk nomor operator XL, Telkomsel dan Indosat.

Mudah bukan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan di era modern seperti sekarang ini? Masih ada jenis cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan sebuah pengecekan saldo, yaitu dengan cara melalui sebuah ATM. Semua metode bisa dilakukan dengan mudah sehingga jadi cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS maupun online bisa dilakukan.

Pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan Online dan SMS
Next Post

No more post

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *