Cara Bayar iuran BPJS dengan Gopay dari Menu GoTagihan

Banyak sekali cara untuk membayar iuran BPJS kesehatan yang salah satunya bisa dibayar melalui Dompet Digital GoPay dengan masuk ke Menu GoTagihan yang ada di Aplikasi GoJek. Jadi selain via Transfer Bank, Melunasi tagihan Bulanan BPJS bisa dilakukan melalui E-Wallet.

bayar bpjs dengan gopay gojek

Saldo GoPay bisa digunakan untuk pembayaran berbagai tagihan. Dimana menu GoTagihan yang dapat diakses melalui aplikasi GoJek bisa juga dipakai membayar tagihan Listrik PLN, Asuransi, Bayar Indihome, Home Credit dan lain sebagainya.

Pastikan sudah menginstal dan memiliki akun di aplikasi GoJek yang terpasang di Smartphone. Kemudian jangan lupa mengisi saldo GoPay dan mnominalnya mencukupi untuk melakukan transaksi pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Cara Bayar BPJS via GoJek di Menu GoTagihan

menu bayar bpjs di gojek dengan Gopay
  1. Pasang Aplikasi GoJek di Smartphone
  2. Daftarkan diri melalui Nomor HP atau E-mail
  3. Bila terdaftar, Login ke akun GoJek
  4. Masuk ke menu GoTagihan
  5. Pilih opsi BPJS Kesehatan
  6. Masukkan nomor ID BPJS
  7. Pilih jumlah bulan untuk membayar iuran
  8. Tekan Tombol lanjut untuk melihat detail iuran yang ingin dibayar
  9. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN GoPay
  10. Bila berhasil, maka detail nota transaksi pelunasan iuran BPJS akan tertera di layar
Baca juga:  Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Bank Mandiri dari JKN Mobile

Sama dengan beberapa fitur pendebetan otomatis iuran BPJS melalui Bank, di GoJek juga bisa digunakan untuk membayar BPJS dengan metode Auto Debet.

Dengan mengaktifkan AutoDebet untuk bayar BPJS bulanan dari menu GoTagihan di Aplikasi Gojek, maka peserta JKN tidak perlu khawatir lupa bayar dan menghindari adanya denda karena penarikan iuran dilakukan otomatis setiap bulannya.

Jangan lupa selalu menyisakan saldo yang mencukupi agar proses autodebet di GoTagihan berhasil, Kerena bila saldo tidak cukup dan peserta JKN lupa membayar tagihan pada bulan tersebut maka akan terkena sanksi denda dari pihak BPJS.

Cara mengaktifkan Auto Debet BPJS di GoTagihan

  • Jalankan Aplikasi GoJek dan Login ke akun
  • Pilih menu GoTagihan
  • Di kategori Payment & Bills pilih menu BPJS
  • Tekan menu Set BPJS AutoDebet
  • Input nomor ID customer BPJS
  • Klik tombol Continue dan tekan Set Now
  • Masukkan PIN  dan Pengaturan selesai

Simak juga Cara Mengaktifkan Auto Debet BPJS Bank Mandiri dari Aplikasi JKN serta cara Cek Denda dan Tagihan BPJS tanpa aplikasi.

Baca juga:  5 Daftar Asuransi Terbaik dan Terkenal Di Indonesia

Lalu bagaimana kalau terlanjut melakukan autodebet BPJS namun suatu saat ingin membatalkannya karena ingn berpindah ke metode auto debet dari Bank ? caranya cukup mudah, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara membatalkan AutoDebet BPJS di GoTagihan Gojek

  • Buka App Gojek dan pilih menu GoTagihan
  • Pilih opsi AutoPay, Letaknya di sebelah atas kanan
  • Tekan Delete, dan Pilih BPJS Kesehatan pada daftar yang tampil
  • Input 6 Digit PIN

Bila berhasil maka auto debet iuran BPJS dari GoTagihan di aplikasi GoPay akan dibatalkan dan selanjutnya peserta JKN KIS harus melakukan pembayaran manual atau memilih metode auto debet dari pihak lain.

Apabila pembatalan autodebet BPJS dari GoPay tidak berhasil, maka kunjungi kantor BPJS terdekat atau hubungi call center BPJS lewat panggilan telepon, Email maupun nomor WhatsApp.

Itulah cara membayar iuran wajib BPJS melalui dompet digital GoPay dari menu GoTagihan beserta cara melakukan autodebet dan pembatalannya, semoga bermanfaat.

bayar bpjs dengan gopay gojek
Next Post

No more post

Artikel Terkait