Cara Filter Teman agar tidak bisa melihat Cerita di Facebook

Selain Postingan dan video Reel, Fitur Cerita masih disukai dan banyak digunakan oleh pengguna aplikasi Facebook. Dimana dengan batasan waktu tampil hanya 24 Jam, seluruh Teman yang terhubung ke akun FB kita bisa melihatnya serta berkirim komentar.

tutorial cara setting privasi cerita di facebook

Namun adakalanya pengguna Facebook tidak menginginkan ada salah satu kontak atau Teman yang bisa melihat postingan ceritanya, Entah karena masalah pribadi atau menyembunyikan cerita yang bersifat privasi pada beberapa orang.

Pada settingan bawaan aplikasi facebook, Setiap cerita yang kita buat dan unggah bisa dilihat oleh Publik, Yang artinya Siapa saja pengguna facebook dan Messenger bisa melihatnya.

Bahkan ketika Cerita FB dibuat Publik, Maka orang lain bisa membagikannya ke ceritanya sendiri. Namun bila ingin privasi terjaga dan membatasi teman tertentu supaya tidak dapat melihat postingan kita, maka perlu mengubah settingan visibilitas ceritanya.

Ada 4 pilihan untuk merubah siapa saja yang bisa melihat cerita di FB kita atau atau bahkan memblokirnya, diantaranya :

  1. Publik : Yang berarti seluruh pengguna Facebook dan Messenger bisa melihat cerita kita
  2. Teman : Hanya yang menjadi Teman di FB
  3. Sembunyikan cerita Dari : Menyembunyikan cerita untuk teman yang kita pilih saja dan lainnya bisa melihat
  4. Khusus : Hanya teman yang dipilih yang dapat melihat cerita kita di Facebook
Baca juga:  Cara Perbaiki Facebook Error di HP Android

Mengatur siapa saja yang berhak atau bisa melihat cerita yang kita unggah di FB bisa melalui dua cara, yaitu mengaturnya saat sedang membuat Cerita atau bisa melalui menu pengaturan & Privasi.

Cara Sembunyikan Cerita dari Teman tertentu di Facebook

Berikut ini beberapa langkah cara melakukan filter atau menyembunyikan Cerita di Facebook melalui menu Pengaturan :

  • Buka dan Login ke akun Faccebook
  • Kemudian masuk ke opsi menu (ikon 3 garis mendatar) di deretan menu sebelah kanan
  • Pilih menu Pengaturan & Privasi
  • Di bagian Pemirsa dan Visibilitas, masuk ke menu Cerita
  • Ubah siapa saja yang dapat melihat cerita Anda
  • Bila sudah, tutup kembali menu pengaturan dan coba posting sebuah cerita di FB
menu pengaturan privasi cerita facebook

Selain cara diatas, kita bisa merubah siapa saja yang dapat melihat cerita yang diposting di Facebook saat proses pembuatan cerita, yaitu dengan masuk ke ikon roda gigi yang ada di pojok kanan atas.

Informasi tambahan:

Selain mengatur keterlihatan cerita, ada pengaturan lain yang bisa digunakan di menu Privasi yaitu pengguna dapat menonaktifkan atau menghidupkan opsi bagikan cerita ke instagram.

Baca juga:  Ketuk Dua Kali Vivo Y71 untuk Menyalakan dan Mematikan Layar

Tidak hanya itu, Pengguna Facebook juga dapat menonaktifkan Komentar di cerita yang diuggah dengan menggeser slider pada opsi “Komentar”. Dengan demikian siapapun, Teman atau pengguna FB lainnya tidak akan bisa berkomentar di cerita yang kita posting.

Selain memfilter siapa saja teman yang dapat melihat cerita, Pengguna juga dapat mengatur privasi lain seperti menyembunyikan info kontak telepon di profil FB dan beberapa settingan info sensitif pribadi lainnya.

Demikianlah langkah-langkah mengatur cerita di facebook supaya teman yang kita pilih tidak dapat melihatnya, semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan.

Artikel Terkait