Penyebab FB diblokir Sementara dan Cara Membukanya

Mungkin banyak diantara pengguna aplikasi Facebook yang tidak menyadari kalau akun FB miliknya tidak bisa diakses untuk sementara waktu. Dalam hal ini, pihak Facebook sengaja melakukan blokir untuk menegakkan aturan yang dilanggar oleh pemilik akun.

cara buka fb terblokir dan beberapa penyebabnya

Sebenarnya akun faceook yang terblokir bisa terbuka dengan sendirinya dalam durasi beberapa hari meskipun pemilik akun tidak melakukan tindakan apapun. Blokir FB umumnya akan terbuka sendirinya dalam kurun waktu 14 sampai 90 hari, dan semua tergantung dari umur akun dan banyak postingan yang melanggar aturan.

Ada beberapa penyebab akun FB diblokir sementara oleh pihak Facebook, seperti pelanggaran berat seperti memposting sesuatu jual beli barang terlarang, Pelanggaran HAM, menyinggung SARA dan lainnya, Serta Pelanggaran Ringan yang tidak banyak disadari penggunanya seperti upload foto di forum jual beli yang gambarnya ternyata tidak diijinkan dalam aturan komunitas facebook, dan penyebab lainnya.

Simak juga : Cara menyembunyikan Nomor HP DI Profil FB dan cara agar FB tidak bisa ditandai oleh Teman atau orang lain.

Penyebab Akun FB Terblokir Sementara

Untuk lebih jelasnya, Berikut ini beberapa penyebab akun FB tiba-tiba tidak dapat dibuka alias terblokir:

  • Kalimat di Postingan Melanggar aturan Facebook

Kebanyakan kasus akun FB terblokir gara-gara postingan yang dibagikan melanggar aturan. Semisal mengandung kata-kata atau kalimat yang menyinggung SARA, Perdagangan Narkoba, Kriminalitas dan semisalnya.

  • Postingan Gambar /  Foto yang dilarang

Penyebab kedua Mengapa akun FB diblikir tiba-tiba tanpa pemberitahuan yaitu mengunggah Foto atau gambar yang tidak diperbolehkan dalam aturan komunitas Facebook.

Baca juga:  Cara Ubah Mode Desktop Facebook di HP Android

Sebenarnya saat ada pelanggaran, pihak Facebook akan memberikan notifikasi kalau foto yang diunggah telah melanggar aturan. Bahkan beberapa kasus hal tersebut tidak menyebabkan akun terblokir dan postingan akan dihapus otomatis oleh sistem.

Namun bila ada pelanggaran berulang, maka tanpa ada pemberitahuan akun Facebook bisa langsung diblokir. Dimana durasi waktu pemblokiran bisa berlangsung beberapa hari tergantung tingkat kesalahan penggunanya.

  • Akun FB terkena Phising

Phising yaitu Pengelabuhan yang bertujuan melakukan penipuan dalam suatu akun untuk mendapat informasi seperti kata sandi atau data pribadi agar dapat diambil alih oleh pelakuknya.

Demikian juga dengan Akun FB yang terkena Phising, akibatnya bla terdeteksi oleh sistem maka akun Facebook akan di-suspend atau tidak dapat diakses atau diblokir sementara demi keamanan data penggunanya.

Salah satu contoh aksi phising di Facebook yang sering terjadi yaitu pengguna diarahkan untuk masuk atau melakukan Klik ke suatu Link atau tautan. Dimana dalam tautan tersebut pengguna akan diarahkan untuk menginformasikan username atau kata sandi akun FB miliknya seolah-olah yang meminta adalah pihak Facebook padahal bukan.

  • Pelaporan dari Pengguna lain

Salah satu fitur berguna yang ada di facebook yaitu adanya tombol menu untuk pelaporan pelanggaran dari pemilik akun lainnya.

Dimana fungsi tombol lapor yang simbolnya bendera ini yaitu pengguna lain bisa melaporkan postingan seseorang yang dinilai melanggar atau tidak disukai.

Saat melaporkan postingan yang dikira melanggar atau tidak disukai, pengguna harus menyertakan alasan mengapa postingan tersebut dilaporkan, Apakah ada unsur Kriminalitas, Perdagangan obat terlarang, Unsur SARA, Perundungan atau pelanggaran lain yang ditemukan.

Baca juga:  Cara Jalankan Aplikasi BBM android di Laptop

Semakin banyak laporan yang masuk ke pihak facebook terhadap postingan yang dianggap melanggar aturan, Maka akun Facebook bisa langsung dilakukan peninjauan atau diblokir sementara untuk dilakukan peninjauan.

  • Kesalahan Input password FB Berulang

Memasukkan kata sandi facebook yang salah berulangkali juga dapat menyebabkan akun FB diblokir sementara dan tidak dapat diakses untuk beberapa waktu.

Umumnya ketika melakukan kesalahan menginput password berulangkali, akan dilakukan hitungan mundur untuk beberapa menit kedepan untuk bisa mencoba kembali.

Semakin sering melakukan salah input sandi FB, maka durasi waktu untuk encobanya kembali bisa meakan waktu beberapa Jam.

  • Mengirim Pesan Berlebihan /  Spam

Penyebab lain pihak facebook melakukan pemblokiran akun yaitu Pengiriman pesan atau Komentar secara berlebihan atau istilah lainnya Spamming.

Maksud berlebihan dalam mengirim pesan atau komentar yang danggap spam oleh pihak Facebook yaitu secara terus menerus dan masif mengirim pesan dengan kalimat yang sama disertai link atau tautan tertentu tanpa adanya tanggapan atau respon balik dari pengguna lain

Apalagi Spam yang terkirim pernah dilaporkan oleh pengguna lain dan ditandai dalam pelaporannya dengan alasan melakukan spam, maka akun facebook tersebut bisa diblokir dengan alasan keamanan.

Cara Membuka FB Terblokir

Dari beberapa penyebab diatas, Setelah akun FB terkena blokir dan tanpa adanya pemberitahuan yang spesifik alasan pemblokiran, maka bisa dikatakan akun tersebut hanya diblokir sementara waktu saja.

Baca juga:  2 Cara Cepat Screenshot tampilan di HP Vivo Y71

Akun facebook yang diblokir sementara oleh sistem bisa dibuka kembali setelah dilakukan peninjauan ulang oleh pihak FB.

Dimana peninjauan bisa memakan waktu sampai beberapa hari, Bahkan ada yang 1 Minggu Akun FB sudah bisa diakses kembali dan bisa pula lebih lama.

Ketika terjadi akun FB tiba-tiba tidak bisa dibuka meskipun password dan username sudah benar, umumnya ada halaman pemberitahuan yang menyatakan kalau akun tersebut masih dalam peninjauan dan membutuhkan waktu antara 14 hari atau lebih tergantung pihak peninjau.

Jadi cara untuk membuka akun fb yang terblokir sementara yaitu dengan menunggu sampai akun diaktifkan kembali setelah ditinjau ulang oleh facebook dalam beberapa hari kedepan.

Dalam beberapa kasus akun Facebook yang terblokir ada menu khusus untuk membukanya atau melakukan banding bila ternyata kesalahan ada pada pihak facebook dan bukan pada pemilik akun.

Untuk mengaktifkan lagi blokir FB secara cepat maka pihak facebook akan meminta si pemilik akun untuk mengirim data Pribadi seperti foto KTP atau identitas lainnya. Bila disetujui, maka akun bisa dibuka kembali.

Kesimpulannya, Jangan terburu-buru membuat akun facebook yang baru karena akun lama diblokir. Siapa tahu dalam beberapa hari akun tersebut masih bisa diakses kembali karena proses pemblokiran sementara masih dalam antrian peninjauan manual oleh facebook.

Itulah beberapa penyebab dan cara membuka akun facebook yang terblokir sementara tanpa harus melakukan tindakan apapun, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait