Cara Format Kartu Memori MicroSD di HP Vivo Y71

Cara Memformat kartu Memori di HP Vivo Y71 – Melakukan Format kartu SD bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer maupun dari smartphone. Begitu pula bagi pengguna HP Vivo, bisa dengan mudah melakukan format memori baru atau yang sudah ada hanya berbekal ponsel saja.

memformat memori card di Vivo Y71

Memformat MicroSD di HP Vivo Y71 tidak memerlukan tambahan aplikasi apapun, karena pada sistem bawaan ponsel fiturnya sudah disediakan.

Bahkan keuntungan menggunakan Pnsel android saat melakukan format kartu memori yakni tanpa menggunakan konverter seperti layaknya di komputer atau Laptop. jadi hanya tinggal memasukkan ke slot MicroSD yang sudah disediakan dan langsung bisa digunakan.

Cara Memformat Ulang kartu Memori di Vivo Y71

Kita bisa melakukan format berbagai merek MicroSD di HP Vivo seperti Kartu SD SanDisk, Samsung, Adata, V-Gen, Toshiba, Sony dan beberapa merek lainnya yang banyak beredar saat ini.

Simak Juga Tutorial Vivo berikut:

1. Untuk langkah pertama, masukkan dulu kartu MicroSD ke dalam HP Vivo Y71

Baca juga:  Cara Merekam Gerakan Layar di Vivo Y71 tanpa Aplikasi

2. Selanjutnya buka Menu Pengaturan, kemudian masuk ke ‘Pengaturan Lainnya

Format ulang memori di Vivo Y71

3. Setelah itu pilih opsi ‘RAM dan ruang penyimpanan

4. Yang perlu diperhatikan, kartu harus sudah bisa dideteksi oleh sistem ponsel saat kita masuk ke opsi Ram dan ruang penyimpanan tersebut, dengan ditandai adanya kapasitas yang tertera pada ‘total ruang’ di bagian kartu SD.

5. Bila di Opsi ‘Format kartu SD’ menyala dan bisa di klik, berarti sistem sudah mendeteksi keberadaan kartu dan siap untuk diformat atau digunakan.

menu format kartu memori vivo y71

6. Nah, untuk memformat MicroSD, pilih Opsi ‘Format kartu SD‘ dan tunggu sampai proses selesai

7. Setelah selesai, kita akan melihat kapasitas ruang penyimpanan akan utuh namun tidak persis sama dengan ukuran yang yang yang sebenarnya.

Semisal, Kapasitas kartu memori 8 GB, namun yang tertera di layar akan lebih kecil karena sisanya sudah dipakai untuk File Sistem pendukung.

Tujuan Format kartu memori MicroSD

Meskipun pada kartu yang baru beli sudah dilakukan format oleh pabrikan, namun adakalanya penggunanya tidak puas dan ingin melakukan formatting ulang.

Baca juga:  Apa Beda Fitur dan Spesifikasi Vivo V11 dan V11Pro ?

Begitu juga untuk memori Card yang sudah terpakai bisa diformat dengan beberapa tujuan dan alasan, semisal sebagai berikut:

a. Mengatasi kartu Memori sulit dibaca file-nya oleh sistem ponsel, bisa disebabkan adanya file yang corrupt atau ada masalah pada sector-sector yang ada.

b. Memperbaiki file system memori card atau bahkan ingin menggantinya. Semisal dari format File system FAT ingin diganti menjadi FAT32 atau selainnya

c. Membersihkan Virus yang ada di MicroSD dan sulit dihapus oleh antivirus

d. Menghapus seluruh data dengan cepat saat kita ingin menjual atau memberikan memori tersebut ke orang lain

e. Membuat kinerja kartu MicroSD menjadi normal kembali saat seringkali file didalamnya lemot untuk diakses, dan lain sebagainya.

Itulah tips singkat perihal cara melakukan format ualng kartu MicroSD pada HP Vivo Y71, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Format Kartu Memori MicroSD di HP Vivo Y71"