Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp Menghindari Akun Disadap

Banyaknya aksi penyadapan dan pembobolan akun WhatsApp menjadikan kita harus ekstra waspada. Untungnya di dalam aplikasi WA sendiri sudah disediakan opsi untuk mengamankan akun supaya tidak dicuri atau diaktifkan orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Mengamankan WA dengan PIN

Menu keamanan bernama Verivikasi 2 Langkah yang ada di aplikasi WhatsApp sangat direkomendasikan untuk diaktifkan. Dan salah satu fungsinya yaitu mengamankan akun supaya tidak dibobol atau dijalankan oleh pihak lain karena dilindungi dengan PIN yang secara berkala muncul saat membuka aplikasi.

Cara kerja Verifikasi dua langkah di WA yaitu saat kita mendaftarkan nomor untuk mengaktifkan akun WhatsApp nantinya akan ditanya 6 Digit PIN, Bila salah menginput maka proses aktifasi tidak dapat dilanjutkan.

Simak juga Cara mengatasi Notifikasi Pesan masuk WA tidak muncul dan Cara Video Call WhatsApp di Laptop.

Begitu pula supaya penggunanya tidak lupa PIN yang telah dibuat, maka setiap waktu secara acak saat akan membuka  aplikasi akan meminta memasukkan PIN. Tujuannya supaya pemiliknya tidak lupa kode yang telah dibuat.

Baca juga:  Tips Beli Paket Internet Simpati 1 GB 10 Ribu 30 Hari

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah WA

menu verifikasi dua langkah WA
  1. Buka WhatsApp dan masuk ke bagian menu pojok kanan atas, Pilih Setelan
  2. Kemudian masuk ke menu Akun dan pilih “Verifikasi dua langkah
  3. Tekan tombol “Aktifkan”, Lalu buat 6 angka PIN dan masukkan ulang di halaman berikutnya
  4. Selanjutnya tambahkan alamat Email yang valid supaya dapat digunakan mengatur ulang PIN saat lupa.
  5. Bila dirasa sudah benar semua, Tekan tombol “Selesai
Mengaktifkan PIN verifikasi WhatsApp

Lalu bagaimana kalau kita lupa 6 Digit PIN verifikasi dua Langkah WhatsApp ?

Tenang saja, kita bisa meminta kembali perubahan atau pembuatan kode PIN yang baru, dimana alamat Email yang sebelumnya kita daftarkan bisa digunakan menyetel ulang PIN. Jadi pastikan alamat Email yang anda masukkan saat pengaktifkan verifikasi 2 langkah WA sudah valid.

Kesimpulannya, ketika anda sudah mengaktifkan 2 langkah verifikasi di akun WhatsApp, maka nantinya semisal saat anda mendaftarkan kembali nomor ponsel ketika install ulang aplikasi atau memindah WA ke smartphone lain, sistem akan meminta PIN untuk verifikasi kepemilikan.

Baca juga:  Mengatasi Tidak bisa Login Aplikasi BNI Mobile Banking

Begitu pula bagi anda yang khawatir akun WA dibuka orang dari perangkat lain, maka orang tersebut sudah tidak bisa lagi menggunakan karena setiap saat aplikasi akan meminta pengguna memasukkan PIN.

Leave a reply "Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp Menghindari Akun Disadap"