10 Cara Membedakan HP iPhone Palsu dan Asli Paling Mudah

Cara Membedakan iPhone Palsu dan yang asli – Kekhawatiran pembeli HP iPhone mendapat barang Palsu menjadi hal yang lumrah karena ponsel ini dari segi harga memang mahal dan tergolong dalam kelas premium di setiap tipenya. Oleh karena itu setiap konsumen yang ingin membeli iPhone harus mengetahui apa ciri-cirinya yang akan admin ulas di sesi kali ini.

ciri iphone asli dan palsu

Banyak sekali saat ini Oknum pembajak tipe iPhone yang memanfaatkan kelemahan pembeli untuk meraup keuntungan dengan membuat produk tiruan dari produk smartphone milik apple, tidak lain karena harga yang dipatok bisa untung jutaan.

Ponsel iPhone replika atau palsu peredarannya memang tidak melalui toko resmi smartphone. Banyak yang menjajakan produk ilegal tersebut lewat sosial media seperti forum jual beli di facebook, Instagram, twitter ataupun via broadcasting Pesan SMS yang disebar ke beberapa pengguna selular secara acak.

Tidak sedikit pembeli iPhone kecewa setelah mendapati HP miliknya ternyata Palsu sesudah memakainya beberapa hari dan dilakukan cross check dengan iPhone asli yang tipenya sama.

Simak juga:

Cara membedakan iPhone palsu dan yang Asli

Nah, Untuk mengetahui iPhone asli atau tidak seperti tipe iPhone 5s, 4s, 6s, 7 plus dan selainnya, maka kita perlu mengetahui dahulu bagaimana ciri-cirinya dan salah satunya bisa kita simak pada tips berikut ini:

Baca juga:  Apakah Paket Yellow Indosat masih ada dan bagaimana caranya?

1. Mempunyai App Store didalamnya

menu App store di iphone asli

Bukan iPhone asli kalau tidak adda menu aplikasi yang bernama App Store didalamnya. Dimana market resmi aplikasi milik Apple bernama App store bukan yang lain.

Kalau anda mendapati produk smartphone Apple yang didalamnya hanya menyediakan market aplikasi play store maka itu palsu, karena google play store adalah brand resmi untuk smartphone bersistem android bukan iOS apple.

2. OS iPHONE yakni iOS

Bila di smartphone android berjalan pada versi android, kalau untuk iPhone menggunakan OS yang bernama iOS khas ciptaan Apple.

Anda bisa mengecek apakah sistem operasi yang ada di dalam iPhone adalah benar-benar iOS atau hanya sistem android yang diubah oleh oknum pembajak ponsel agar menyerupai iOS.

Perlu diketahui, saat menggunakan sistem buatan Apple akan terasa berbeda dengan yang dimiliki android. Dimana setiap membuka menu dan menjalankan aplikasi rasanya akan lain, terlihat lembut dan terkesan sangat powerfull karena sampai saat ini OS milik Apple memang terkenal paling bandel dan jarang ada kerusakan.

3. Cek keaslian iPhone dengan iTunes

cek iphone dengan iTunes

Aplikasi milik Apple yang bernama iTunes memang menjadi primadona pengguna iPhone untuk menghubungkan perangkat dari komputer dengan ponsel.

Bilamana anda mencoba menancapkan iPhone ke laptop atau PC melalui kebel data dan menjalankan iTunes lalu tidak terbaca di layar maka bisa dipastikan ponsel tersebut palsu.

4. Material iPhone Premium

Apple memang identik dengan pengguna dari kelas menengah keatas, dimana material atau bahan dasar produk iPhone sangatlah bagus dengan kualitas yang baik pula, bukan plastik murahan yang gampang pecah saat terjatuh atau tertekuk.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Screenshot Tiga Jari HP OPPO F7

Bagi yang sebelumnya biasa menggunakan android akan sangat berbeda rasanya saat menggenggam dan merasakan material dari iPhone, terlihat kokoh dan kuat.

Namun kita juga perlu waspada saat ini banyak iphone refurbish yang mana mesinnya asli naun sudah bekas naun bodi luarnya diganti dengan cassing yang baru dan dibundle seperti ponsel New.

5. Cek iPhone Asli dari situs Apple

mengetahui imei asli iphoone

Kita juga bisa dengan mudah mengetahui apakah iphone apple yang kita miliki palsu atau supercopy dengan mengunjungi situs resmi apple dan melakukan pengecekan garansi ataupun nomor seri IMEI.

Bilamana IMEI dan nomor seri garansi tidak terdeteksi di situs Apple maka bisa dipastikan ponsel tersebut juga palsu.

6. Punya Fitur Retina Display

fitur retina display di iphone

Kita tidak akan mendapati gambar yang ditampilkan pada layar Apple iPhone yang asli tampak buram atau pecah karena ada fitur yang dinamakan retina display.

Memang agak sulit membedakan dengan mata telanjang gambar yang tampil di layar iPhone palsu dengan yang asli kalau kita tidak menggunakan ponsel pembanding yang sama pula untuk melihatnya.

7. Screenshot iPhone berbeda

screenshot iphone asli

Kita juga bisa dnegan mudah melihat iphone asli hanya dengan melakukan metode tangkapan layar. Caranya dengan menggunakan tombol Kunci dan tombol Home yang ditekan secara bersamaan.

Baca juga:  HP Baterai Tanam Terendam air Bagaimana mengatasinya?

Kalau untuk ponsel android umumnya menggunakan tombol volume bawah dan tombol power untuk screenshot maka lain halnya fitur yang dimiliki oleh iPhone asli.

8. Spesifikasi dan fiturnya

menu dan spesifikasi iPhone asli

Kita juga bisa melihat spesifikasi dari ponsel iphone asli dengan melihat apa menu dan fitur fisik yang tersemat didalamnya.

Semisal kita ingin tahu apakah iphone 5s asli atau palsu bisa kita lihat salah satunya fitur fingerprint-nya ada atau tidak. Begitu juga untuk menu yang ada bisa kita teliti apakah ada yang kurang atau sengaja ada penambahan menu baru yang disisipkan oknum pembuat ponsel bajakan.

9. Harga iPhone Mahal

Memang harga tidakakan bohong mengenai kualitas dari smartphone. Terkenal sebagai produk yang diminati kalangan atas tentunya harga iphone yang terlalu murah dari harga normal di pasaran juga akan menaruh kecurigaan konsumen.

Cari Referensi harga iPhone terbaru terlebih dahulu dari

10. Tidak ada slot MicroSD

memori microSD di iphone palsu

Ingat, di tipe apapun iPhone tidak pernah menyematkan yang namanya slot memori ekstrenal untuk penambahan kapasitas memori yang sudah ada.

Jadi kalau anda menemukan produk iPhone bekas atau baru yang mempunyai tempat kertu MicroSD didalamnya tentu wajib curiga karena itu barang palsu.

Jadi sebagai konsumen kita juga wajib tahu produk iPhone mana yang asli dan mana yang palsu, jangan sampai kita menyesal sudah mengeluarkan uang banyak dengan iming-iming diskon besar namun mendapat barang palsu, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "10 Cara Membedakan HP iPhone Palsu dan Asli Paling Mudah"