Cara Memotong dan Menyambung Video di CapCut

Aplikasi Editor video gratisan terpopuler saat ini yang ada di Play store yaitu CapCut dengan jumlah download lebih dari 100 Juta Pengguna. Selain mudah digunakan dan mendukung Bahasa Indonesia, Berbagai menu di CapCut juga sangat lengkap sehingga bisa digunakan oleh yang sudah profesional sekalipun.

Seperti contoh banyak konten Creator yang Menggunakan fitur dasar di Capcut untuk membuat video trending Jedag-jedug maupun Membuat lirik lagu di Capcut hanya menggunakan fitur Crop (Bagi), Overlay dan memainkan efek yang sudah ada di aplikasi.

Aplikasi CapCut buatan Bytedance asal Beijing China ini terkenal ringan saat dijalankan meskipun pada smartphone dengan RAM 2GB sekaipun. Pengguna dapat melakukan berbagai video editing di CapCut seperti mengedit video Reel Instagram atau Facebook, Konten Youtube dan Short dan berbagai keperluan editing lainnya. Bahkan banyak sekali efek, Filter, Animasi, Greenscreen dan menu canggih editor bisa digunakan.

Untuk para pemula, tentunya masih banyak yang bingung beberapa fungsi menu yang ada di Capcut, Seperti Hal dasar video editing semisal cara memotong, Menghapus, Menambah atau menyambung video. Padahal fitur wajib yang harus dikuasai untuk mengedit video adalah Menu Insert, Crop dan Delete video.

Baca juga:  Cara Setting Printer Canon TS307 Mati dan Nyala Otomatis

Adapun melakukan Crop atau Memotong video di CapCut bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggeser bagian awal atau akhir klip, Maupun menggunakan garis potong (Menu “Bagi”). Dan untuk Lebih jelas bagaimana Langkah-langkah memotong (Cropping) Bagian tengah atau area tertentu video di Capcut.

Cara Crop (Memotong) Video di CapCut

Tutorial cara Crop video di CapCut
  • Jalankan Aplikasi Capcut
  • Buka Project atau Masukkan video yang ingin diedit
  • Tap 1 kali di layer video yang akan dipotong
  • Posisikan bagian batas awal video yang ingin di Crop (Posisikan pada garis bantu putih vertikal)
  • Kemudian tekan menu “Bagi
  • Selanjutnya posisikan lagi batas kedua bagian video yang akan dipotong dan Tekan Bagi
  • Setelah itu tap satu kali pada area yang sudah dibatasi
  • Yang terakhir tekan menu Hapus

Adapun untuk memotong bagian video yang ada di depan atau belakang di aplikasi CapCut malah lebih gampang, Caranya Tekan dan tahan bagian akhir atau Awal video, Lalu geser untuk memotongnya.

Simak juga Tutorial Cara Menggunakan fitur Overlay Video di CapCut

Baca juga:  Cara Berbagi Slide Presentasi PowerPoint PPT di Zoom PC atau HP

Cara Menyambung / Tambah Video di CapCut

  • Buka CapCut Video Editor
  • Untuk menyambung atau Menambah Video Tekan ikon “+” di samping kanan Layer
  • Pilih video yang ingin dimasukkan
  • Kemudian tekan tombol “Tambah
  • Video baru akan muncul dan tersambung di bagian akhir layer

Untuk lebih jelas, Silahkan tonton video Tutorial cara crop video di CapCut berikut ini:

Sebagai informasi tambahan, ada menu Overlay di CapCut yang fungsinya untuk menumpuk frame dengan frame lain. Jadi bila ingin menampilkan video diatas video yang lain, bisa menggunakan opsi overlay (Kepanjangan Over-layer).

Bila ada pertanyaan, Dimana letak tombol Simpan di aplikasi CapCut ?, Jawabannya tidak ada, Karena setiap perubahan yang dilakukan saat mengedit video akan otomatis tersimpan, Begitu juga saat keluar dari project.

Supaya project tidak hilang saat keluar dari aplikasi CapCut, maka lakukan langkah penyimpanan dengan benar, caranya bila keluar dari CapCut gunakan Tombol Back (Kembali) secara berurutan sampai dilayar ada tulisan Project disimpan, Jangan langsung menutup aplikasi dengan tombol Home di ponsel.

Baca juga:  Cara Beli token Listrik via Mandiri Mobile Banking

Itulah informasi singkat cara memotong (Cropping) video di CapCut beserta video tutorialnya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait