Ciri-Ciri SMS Penipuan dan Cara Melaporkan Nomor Penipuan

Masyarakat harus mengenali penipuan via SMS karena setiap hari cara ini dapat merugikan serta meresahkan banyak orang. Banyak laporan masyarakat yang rugi karena penipuan dengan mengatasnamakan hal-hal sekitar seperti hadiah sampai sanak keluarga. Apalagi bocornya data melalui banyak cara membuat masyarakat harus berhati-hati.

melaporkan penipu online dan ciri-cirinya

Penipuan untuk mendapatkan keuntungan oleh oknum tidak bertanggung jawab saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Bahkan oknum tersebut tidak jera-jera karena merasa masih aman dalam menjerat para korbannya. Namun saat ini oknum-oknum tersebut dapat segera dilaporkan.

Jika dilihat dari pola penipuan lewat SMS tersebut maka tidak berbeda jauh bahkan hampir sama. Hanya perubahan dan permainan kata-kata saja. Pola ini lah yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan untuk mengetahui bahwa nomor tersebut sedang ingin menipun anda. Namun, beda halnya jika terjadi penipuan lewat telpon.

Penipuan melalui cara SMS juga kerap terjadi hampir setiap hari dalam bentuk spam. Ini tindakan yang harus segera dihentikan agar tidak semakin banyak korban. Kerugian juga cukup beragam dari mulai masalah yang terjadi pada ponsel sampai finansial setiap korban dengan pemberian kode sandi.

Baca juga:  Cara Nonaktifkan Salah Satu SimCard di HP Samsung

Contoh Ciri-Ciri SMS Berbasis Penipuan

Seringkali sms penipuan memberikan penawaran atau hadiah layaknya sedang mendapatkan door prize dari sebuah perusahaan. Anda mungkin menjadi takut dan sulit untuk membedakan antara sms penipuan dengan sms yang benar. Di bawah ini ada beberapa pola atau ciri-ciri sms penipuan yang kerap terjadi dan dikirimkan ke ponsel cerdas anda.

  • Memberikan Hadiah

Pola pertama dari penipuan SMS yaitu dengan memberikan hadiah atas kemenangan yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya. SMS tersebut akan meminta Anda untuk mengklik alamat web yang diberikan. Selain itu bisa juga dengan meminta Anda mengkonfirmasi ke alamat email dan nomor yang ditujukan.

  • Meminta Bantuan Karena Keluarga yang Terkena Musibah

Sebelum sms penipuan semakin marak, dulu seringkali terjadi permintaan isi pulsa atau transfer ke nomor rekening oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan salah satu dari keluarga anda. Ini merupakan contoh pola SMS penipuan yang paling sering terjadi sampai melalui telepon juga.

Bahkan menyebutkan bahwa salah satu anggota keluarga Anda sedang dalam bahaya, sehingga harus cepat ditolong dengan membayarkan sejumlah uang kepadanya. Anda perlu tahu cara melaporkan nomor penipuan kepada pihak berwajib.

  • Permintaan Kode OTP
Baca juga:  Cara Merekam Gerakan Layar di Vivo Y71 tanpa Aplikasi

Belakangan muncul cara penipuan yang sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu dengan meminta Anda mengirimkan kode OTP. Oknum akan mengaku sebagai seorang petugas dari bank atau perusahaan terkenal. Kebanyakan adalah mengatasnamakan petugas Gojek yang ingin memberikan saldo go-pay.

Jika Anda memberikan kode OTP yang sudah dikirimkan sebelumnya maka saldo go-pay Anda akan dikuras habis. Saat ini kebanyakan cara ini dipakai untuk menguras saldo pada rekening anda.

Langkah Pelaporan Terhadap SMS Penipuan

Untuk membuat para oknum yang melakukan penipuan tersebut jera maka harus dilakukan langkah seperti melaporkannya kepada pihak bertugas terhadap hal tersebut. Saat ini ada beberapa cara melaporkan nomor penipuan yang sudah disediakan. Ini sudah dijalankan oleh KOMINFO sebagai pihak bertanggung jawab.

Nantinya, aduan atau laporan Anda akan segera diterima dan dilakukan pengecekan terhadap nomor penipuan tersebut. Anda perlu memberikan bukti atau rekaman percakapan jika melalui telepon dan rekam gambar melalui SMS kepada layanan resmi dari KOMINFO. Dalam rekam gambar tersebut harus tertampil dengan jelas nomor pelaku.

Baca juga:  Tips HP Pocophone F1 Menyalakan Layar dengan Dua Ketukan

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan identitas Anda sebagai korban dengan memberikan nomor telepon yang sudah terverifikasi sesuai dengan KTP dan KK milik anda. Langkah ini sudah tepat dan tidak sulit untuk Anda coba. Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk melaporkan SMS penipuan yaitu melalui website.

Website pelaporan nomor penipuan saat ini yang dapat Anda gunakan yaitu lapor.go.id. Website atau situs ini dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden sebagai layanan bagi masyarakat yang mengalami masalah penipuan. Anda tidak perlu takut dan khawatir ketika sudah melakukan pengaduan pada situs ini.

Pada situs tersebut Anda bisa melaporkan dengan memberikan waktu serta lokasi kejadian terjadinya penipuan melalui SMS ke nomor pribadi Anda. Tentu pada langkah ini Anda juga diharuskan mengisi data dengan sebenar-benarnya agar segera bisa diurus oleh pihak yang bertugas dalam penanganan penipuan lewat SMS tersebut.

Artikel Terkait