Cara Menggunakan Overlay Video di CapCut

Supaya hasil video lebih interaktif, Banyak pembuat konten Video menggunakan teknik Overlay. Dimana kita bisa memasukkan satu atau beberapa video atau foto mengambang di atas video utama. Di pembahasan kali ini admin akan memberikan tutorial langkah-langkah overlay di aplikasi Editor video Capcut.

Overlay atau Over-layer adalah fitur untuk memasukkan, menumpuk atau menempel gambar atau video diatas video yang lain. Di Capcut, Menu overlay letaknya ada di samping menu Stiker dan Efek. Simak juga Cara Memotong (Crop) Video di aplikasi CapCut.

Teknik Overlay sendiri sering dijumpai di Tiktok, Instagram, Youtube pada beberapa konten video seperti Review Game atau Produk, membuat slide show foto / video, memasukkan logo channel dan berbagai fungsi berguna lainnya.

Intinya, Pengguna dapat menempelkan video atau foto kedalam video utama sehingga tampak melayang diatasnya. Bahkan Seringkali Overlay juga bisa digunakan untuk memasukkan teks lirik lagu.

Langsung saja simak langkah-langkah menggunakan Overlay di Capcut untuk menambahkan video melayang diatas video utama:

Baca juga:  Cara Setting Video FB di Beranda agar tidak Memutar Otomatis

Cara Memasukkan Video Overlay di CapCut

  1. Jalankan CapCut dan buat Proyek baru
  2. Pilih video utama dan klik tombol Tambah
  3. Untuk memasukkan video kedua melayang diatas video utama, pilih menu Overlay
  4. lalu klik opsi ‘Tambahkan Overlay
  5. Pilih video yang diinginkan dan klik Tambah
  6. Posisi video kedua akan menempel berada di bawah lapisan layer utama dan melayang diatas video background
  7. Untuk merubah besar kecil video Overlay capcut, caranya dengan mencubit layar ke arah luar atau dalam
  8. Lakukan preview atau play video untuk melihat hasilnya.
Fungsi menu overlay di Capcut

Di proyek Capcut, kita bisa menambah banyak video overlay. Sedangkan untuk mengubah letak video overlay di Capcut yaitu Tekan dan tahan layer, kemudian seret ke lokasi yang diinginkan.

Yang perlu diperhatikan, semakin banyak efek dam video yang ditambahkan di Proyek Capcut, maka proses rendering juga semakin lama.

Adapun problem Aplikasi Capcut yang tiba-tiba menunya tidak bisa diklik, umumnya disebabkan adanya Bug atau error di programnya.

Baca juga:  Beberapa Metode Reset Hp Oppo Lupa Password

Untuk mengatasi error saat mengedit video di Capcut, yaitu keluar dari aplikasi dengan menekan tombol back (kembali) di layar ponsel supaya proyek tersimpan,

Demikianlah cara menggunakan menu overlay di CapCut untuk menambah, memasukkan atau menggabungkan video lain ke dalam video utama sehingga akan tampak dua video yang sedang berjalan.

Artikel Terkait