Cara Ubah Ruang Penyimpanan Aplikasi di HP Samsung

Mengubah ruang penyimpanan aplikasi ke kartu memori – Pada smartphone android, yang dalam pembahasan ini admin fokus ke HP Samsung galaxy, dimana saya akan membahas tentang cara memindah ruang instalasi dari memori perangkat atau internal ke memori kartu SD atau MicroSD.

memindah aplikasi hp samung ke memori microSD

Dalam keadaan default atau bawaan pabrikan letak penyimpanan instalasi dan data aplikasi terletak pada memori internal, sehingga apabila kapasitas internal memori minim bisa menyebabkan berbagai persoalan di sistem maupun jalannya aplikasi.

Permasalahan yang sering timbul karena minimnya ruang penyimpanan internal Samsung Galaxy salah satunya bisa menyebabkan update aplikasi gagal dan tidak bisa lagi melakukan pemasangan aplikasi dari play store.

Baca juga:  Harga HP Samsung A8 Plus dan spesifikasinya

Untuk mengatasi kapasitas memori perangkat di HP Samsung yang penuh maka bisa dilakukan pemindahan terhadap beberapa aplikasi yang terpasang untuk ditempatkan di memori eksternal alias kartu MicroSD.

Apakah aplikasi bawaan HP Samsung semuanya bisa dipindah ke memori eksternal (MicroSD) supaya internal memori menjadi lega kembali?

Tidak semua aplikasi yang terinstall di HP samsung galaxy bisa dipindah letak penyimpanannya. Bahkan untuk aplikasi yang merupakan bawaan ponsel tidak akan bisa dipindah ke ruang lain tanpa adanya akses root.

Baca juga:  Daftar Harga HP Samsung Galaxy Terbaru 2019

Begitu juga untuk aplikasi yang terunduh dari google play store, tidak semua aplikasi yang bukan bawaan HP samsung bisa dipindah ke kartu MicroSD.

Jadi karakteristik aplikasi bisa dipindah ruang penyimpanannya atau tidak tergantung dari si developer aplikasinya, apakah memperbolehkan diubah ruang default penyimpanannya ataukah tidak.

Cara Ubah letak penyimpanan aplikasi di HP Samsung

Di bawah ini admin berikan tips bagaimana memindah ruang instalasi aplikasi dari internal memori ke kartu SD (microSD) pada HP samsung Galaxy. Untuk prakteknya admin menggunakan Android Samsung versi Marshmallow, jadi untuk versi lain bisa menyesuaikan tata letak menunya saja.

1. Buka menu pengaturan di HP samsung

2. Kemudian masuk ke opsi ‘Aplikasi

mengubah ruang penyimpanan aplikasi samsung ke microSD

3. Di dalam tampilan yang terbuka akan tampak beberapa aplikasi yang terinstal di HP Samsung sobat, silahkan coba salah satu aplikasi (bukan bawaan HP) untuk nantinya dipindah ke kartu MicroSD

4. Dalam contoh ini admin memilih aplikasi Xender untuk admin pindah letak instalasinya, klik pada nama aplikasi

5. Kemudian masuk ke opsi ‘penyimpanan

ubah tempat penyimpanan aplikasi dari internal ke kartu memori

6. Bila aplikasi bisa dipindah, akan terlihat tombol Ubah di dalam opsi tersebut (lihat contoh gambar)

7. Pilih opsi ‘kartu SD‘ untuk memindah aplikasi ke memori eksternal

8. Pada tampilan selanjutnya silahkan tekan saja tombol lanjut untuk memulai proses pemindahan data aplikasi.

9. Jangan buka dahulu aplikasi yang sedang dipindah agar tidak terjadi kegagalan.

10. Lakukan langkah yang sama pada aplikasi lainnya di HP samsung agar memori internal tidak penuh dan bisa digunakan untuk menyimpan file lainnya.

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Kelemahan dan kekurangan dari aplikasi yang terletak di kartu MicroSD yaitu apabila anda mencopot kartu maka aplikasi tidak akan bisa diakses. Apalagi kalau kartu sudah rusak, tentunya melakukan install ulang aplikasi harus dilakukan.

Itulah tips mudah memindah letak aplikasi di HP Samsung galaxy dari penyimpanan internal ke memori eksternal MicroSD, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Ubah Ruang Penyimpanan Aplikasi di HP Samsung"