Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Cara mengubah lokasi penyimpanan Kamera HP Samsung – Barangkali anda termasuk pengguna HP Android Samsung galaxy dan senang melakukan jepretan kamera?, pastinya file hasil foto secara default akan disimpan di internal memori Ponsel. Nah, bagaimana cara memindah letak penyimpanan kamera HP Samsung agar menggunakan memori eksternal yakni mengarah ke MicroSD?

cara ubah ruang penyimpanan kamera samsung galaxuy

Pada settingan bawaan pabrikan, HP Samsung menggunakan ruang memori internal ponsel untuk menyimpan hasil jepretan foto maupun rekaman video.

Yang menjadi masalah, kalau memori ponsel sudah menipis kapasitasnya dan kita ingin selalu menggunakan kamera di HP samsung untuk mengabadikan momen tertentu dan kita tidak mau menghapus data yang ada di ruang internal memori.

Untuk mengatasi keterbatasan ruang memori internal di HP Samsung galaxy, tentunya kita harus mengalihkan penyimpanan default untuk kamera ke dalam ruang memori eksternal yakni di kartu MicroSD.

Namun sebelum melakukan settingan letak penyimpanan kamera di HP Samsung, tentunya kita harus punya kartu memori MicroSD dan sudah memasangnya di dalam slot yang tersedia di Ponsel galaxy.

Baca juga:  Cara Duplikat aplikasi FB dan WA di HP Redmi 5

Cara mengubah letak penyimpanan kamera Samsung Galaxy

Keuntungan melakukan perubahan letak ruang penyimpanan kamera ke kartu eksternal selain menghemat ruang interal juga berjaga-jaga bila suatu waktu sistem di ponsel galaxy bermasalah.

Perlu diketahui, umumnya apabila ada masalah di sistem dan suatu saat membutuhkan reset atau flashing firmware, maka data yang tersimpan di ruang memori akan hilang atau terhapus.

Nah, daripasa muter-muter ngobrolnya, silahkan simak tips mengubah ruang penyimpanan default kemera HP Samsung galaxy ke ruang memori eksternal MicroSD berikut ini:

1. Silahkan buka menu kamera di HP Samsung, Untuk prakteknya admin menggunakan ponsel samsung galaxy J2 Prime dengan sistem marshmallow.

2. Setelah kamera terbuka, silahkan masuk ke opsi pengaturan kamera, letaknya biasanya di pojok kanan atas dengan ikon roda gigi

mengubah arah penyimpanan kamera samsung

3. Selanjutnya pada halaman pengaturan pilih opsi ‘Lokasi penyimpanan’

4. Nantinya akan adda dua opsi yang muncul yakni ‘Perangkat’ dan juga ‘kartu SD’, nah silahkan dipilih untuk opsi ‘kartu SD’

Baca juga:  Sinyal 3G dan 4G tapi internet tetap Lemot Apa sebabnya?

ubah penyimpanan kamera hp samsung

5. Tutup kembali pengaturan kamera dan coba lakukan jepretan kamera atau merekam video, pasti file akan langsung tersimpan di eksternal memori.

Nah, itulah tips mudah mengubah runag penyimpanan kamera HP Samsung Galaxy dari internal ke eksternal memori MicroSD, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD"