HP Realme Mati Sendiri Apa penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

HP Realme Mati Sendiri Apa penyebab dan Bagaimana Mengatasinya – Meski Produk Android keluaran baru, HP Realme yang tiba-tiba mati atau terkadang restart sendiri menjadi problem yang harus segera diselesaikan. Meski Realme rata-rata memiliki spesifikasi yang canggih namun bisa saja terjadi kerusakan atau trouble di hardware maupun softwarenya.

realme android mati sendiri

Kejadian HP Realame Hang, macet atau mati sendiri saat digunakan menjalankan aplikasi dapat diatasi sesuai dengan gejala yang timbul, karena setiap problem smartphone meski gejalanya sama terkadang penyebab dan cara mengatasinya berbeda.

Namun secara Umum, setiap smartphone Android seperti halnya HP Realme hampir sama dalam mengatasi masalah ponsel mati sendiri atau terkadang restart meski tidak menekan tombol power.

Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengatasi HP Realme C1, U1, 2 Pro atau seri 2 yang tiba-tiba mati sendiri dapat sobat simak penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi HP Realme Mati atau Restart Sendiri

1. Pertama kali cobalah melihat gejala fisik apakah tombol power tersangkut atau tidak. Saat tombol power tertekan dalam waktu sekian detik akan menyebabkan ponsel mati dan restart dengan sendirinya.

Baca juga:  Cara Perbaikan Layar Realme C1 Berubah Kuning Warnanya

2. Bila gejala HP Realme mati sendiri sesaat setelah menjalankan aplikasi tertentu, maka cobalah untuk mencopot apikasi tersebut.

Biasanya Bug atau aplikasi yang tidak kompatible dengan sistem di ponsel akan menyebabkan Hang atau ponsel restart sendiri.

3. Cek apakah memori internal di ponsel Realme masih mencukupi atau sudah hampir habis.

Dimana memori perangkat yang menipis bisa menyebabkan sistem menjadi lemot karena saat menjalankan beberapa aplikasi perlu adanya ruang cache dan temporary.

Pindahkan beberapa file dari internal memori ke kartu SD (MicroSD) agar memori perangkat longgar untuk meminimalkan sistem yang lemot di HP Realme.

4. Suhu tinggi pada ruangan perangkat HP Realme juga berpotensi menyebabkan HP tiba-tiba hang atau mati sendiri.

Suhu terlalu panas atau dingin bisa menyebabkan kinerja komponen CPU menjadi tidak stabil.

5. Posisi SIM Card atau kartu selular yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab HP Realme mati atau reatart sendiri.

Dimana lempengan tembaga yang ada di balik kartu SIM yang tidak tepat posisinya akan menyebabkan hubungan pendek di konektor SIM Card ponsel.

Baca juga:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme 2 dan Realme 2

6. Jangan lupa pastikan kondisi baterai di HP Realme masih bagus alias tidak Drop.

7. Cek pula fitur Hidup dan mati otomatis di Realme apakah posisinya aktif atau tidak. Dimana fitur ini dapat berfungsi mematikan dan menghidupkan smartphone secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan.

8. Penyabab lain HP realme mati sendiri bisa karena adanya virus yang menginfeksi sistem.

Coba install aplikasi antivirus populer yang ada di google play store, setelah itu scan HP Android Realme sampai selesai.

Bila tidak terdeteksi adanya virus silahkan copot aplikasi antivirusnya karena kinerjanya yang berat bisa membuat sistem semakin lemot.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi HP Realme Android yang mengalami trouble restart sendiri atau tiba-tiba mati, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "HP Realme Mati Sendiri Apa penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?"