Cara Format Kartu Memori di Galaxy J2 Prime, J5 dan J7 Pro yang Benar

Di artikel sebelumnya admin pernah membahas cara Format kartu memori MicroSD dari HP Samsung galaxy semua tipe, Untuk kali ini khusus permintaan pembaca yang menggunakan Galaxy J2 Prime, Samsung J5, J7 Pro dan beberapa varian J Series lainnya akan admin ulas. meskipun sebenarnya cara formatting kebanyakan tipe smartphone Samsung sama, namun agar lebih fokus ke satu pembahasan admin akan mengulasnya untuk pembaca setia.

format kartu microsd di J2 Prime j5 j7 pro

Ada beberapa alasan dan penyebab mengapa kita memformat ulang kartu memori, diantaranya sebagai berikut:

1. Beberapa file seperti video, foto, lagu atau dokumen lain sulit untuk terbaca atau dibuka, kadang bisa diakses kadang tidak.

2. Ada banyak virus yang menginfeksi kartu memori, meskipun sudah dipindai dengan antivirus namun ada rasa khawatir kalau malware masih tersisa dan tersembunyi.

3. Kartu memori terkadang terdeteksi di smartphone, kadang sulit untuk terbaca sistem.

4. Baru beli kartu SD, entah itu kondisi baru atau barang bekas milik orang lain untuk memastikan file didalamnya sudah hilang semua serta aman dari berkas tersembunyi.

Baca juga:  2 Cara Screenshot Samsung Galaxy J6 dan J8 Cepat dan Mudah

5. Ingin menjual kembali memory Card ke pihak lain, dimana dengan melakukan format maka dokumen yang menjadi privasi akan lebih aman sesudah terhapus semua.

6. Mengambalikan kecepatan transfer data memori ke bawaan pabrikan, dimana seiring waktu penggunaan memory Card akan menurun performanya karena proses baca tulis pada kartu.

Namun yang perlu diperhatikan, bahwa memformat belum tentu mengamankan data kita meski sekilas tidak lagi terlihat dan terbaca oleh sistem. Dimana dengan aplikasi khusus file yang sudah dihapus ataupun diformat ulang masih bisa dikembalikan ke keadaan semula.

Tapi jangan terlalu khawatir, belum banyak yang tahu aplikasi recovery file diantara beberapa pengguna smartphone. Dan yang pasti jangan menjual memory card yang dulunya pernah kita isi dengan data penting dan privasi meski sudah kita format, lebih baik menyimpan atau setidaknya rusak saja.

Cara Format Kartu Memori di Galaxy J5/J7 Pro/J2 Prime

1. Masuk ke menu pengaturan dan pastikan memory MicroSD sudah dipasang dengan benar dan terdeteksi

Baca juga:  Cara Blokir Panggilan masuk di HP Samsung

2. Dari menu pengaturan, masuk ke menu Pemeliharaan Perangkat

cara formatting microsd di samsung

3. Sesudah halaman terbuka, masuk ke Penyimpanan, letaknya di bagian bawah.

4. Di halaman penyimpanan, masuk ke Pengaturan Penyimpanan, letaknya ada di posisi bagian kanan pojok atas

memformat kartu memori di hp android samsung

5. Tekan pada opsi Kartu SD, lalu klik opsi Format

Bagaimana kalau Kartu Memori gagal diformat ?

Adakalanya keinginan memformat ulang kartu SD gagal saat prosesnya, dimana ada notifikasi gagal atau bahkan saat formatting berlangsung macet ditengah-tengah prosesnya.

Bilamana selalu gagal memformat melalui HP Samsung galaxy atau smartphone lain, cara satu-satunya untuk mengatasi problem tersebut adalah dengan menggunakan bantuan komputer / laptop.

Coba format ulang memori di perangkat PC, dan pastikan memilih sistem dengan FAT32 agar kompatible dengan semua tipe smartphone.

Bilamana di komputer juga selalu gagal dan ada peringatan Unable formatted, bisa dipastikan memori sudah rusak dan waktunya diganti.

Meskipun banyak tool atau software untuk perbaikan kartu SD, namun saya lebih menganjurkan untuk menggantinya saja dengan yang baru, karena memori yang bermasalah bisa sewaktu-waktu trouble dan malah merugikan penggunanya ketika kehilangan file penting didalamnya.

Baca juga:  Membuka 2 aplikasi Satu Layar di Samsung A20 dan A30

Semoga tutorial cara format kartu memori di HP Samsung galaxy J2 Prime, J5 dan J7 Pro diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

Artikel Terkait