Mengatasi Notifikasi WhatsApp tidak muncul – Penyebab dan Solusinya !

Saat pengguna aplikasi whatsapp menerima pesan masuk umumnya diketahui dengan adanya notifikasi pada layar smartphone miliknya. Namun keadaan menjadi lain apabila peringatan tersebut tidak muncul sehingga saat kita membuka aplikasi ternyata sudah banyak inbox yang belum terbaca.

Peringatan pesan masuk WA tidak muncul

Banyak pengguna smartphone yang mengalami notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar, sehingga dikhawatirkan ada pesan penting yang masuk namun terlambat untuk membacanya. Bahkan banyak kasus pemilik ponsel tidak merasa melakukan perubahan apapun, baik itu pada setelan WhatsApp atau settingan aplikasi di ponsel.

Notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa terjadi hampir di semua tipe HP seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo dan lainnya. Dan bagi sobat semua yang mengalami trouble tersebut bisa menyimak solusinya di bawah ini.

4 Cara Mengatasi Notifikasi WA tidak muncul

  • Restart Smartphone

Solusi pertama bila mengalami sebuah aplikasi media sosial, seperti facebook, Twitter, Intagram, WhatsApp dan selainnya yang notifikasinya tidak muncul di layar yaitu dengan reboot ulang sistem.

Simak juga : Cara video Call WhatsApp di Laptop dan Cara mengatasi gagal kirim Gambar dan video di WA.

Baca juga:  Apakah Menyadap WhastApp Masih bisa Tanpa Ketahuan ?

Dimana dengan mematikan dan menyalakan kembali smartphone diharapkan bisa mengatasi kegagalan berjalannya aplikasi dan sistem.

Seringkali sistem android maupun aplikasi bisa crash tanpa disadari penggunanya. Oleh sebab itu, disarankan untuk beberapa hari sekali melakukan restart ulang ponsel supaya semua fungsi dan fitur bisa berjalan normal.

  • Cek Setelan WhatsApp

Di aplikasi WA sendiri sudah ada menu untuk mengatur apakah kita ingin menampilkan notifikasi atau menyembunyikannya. Bahkan kita bisa mengatur jenis nada dering pesan masuk, baik itu untuk chat grup atau pribadi.

Adapun langkah-langkah untuk memastikan apakah kita tidak sengaja melakukan perubahan pada fitur notifikasi di WhatsApp sehingga tidak muncul di layar, simak caranya berikut ini.

settingan notifikasi di wa
  1. Buka Aplikasi WhatsApp dan masuk ke bagian menu pojok kanan
  2. Lalu pilih opsi Setelan, Masuk lagi ke bagian Notifikasi
  3. Pastikan opsi “Gunakan notifikasi prioritas tinggi” aktif
  4. Bila perlu merubah “notifikasi pop-up”, anda bisa mengaktifkan atau mematikannya juga

Lakukan pengecekan pengaturan juga untuk tanda pesan masuk di grup. Di menu tersebut juga bisa digunakan untuk memilih nada dering pesan masuk WA, baik untuk pribadi dan grup.

  • Lewat Pengaturan Aplikasi
Baca juga:  Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM A B dan C Terbaru 2019

Bila sudah memeriksa setelan notifikasi di aplikasi WA, lanjutkan melihat settingan aplikasi smartphone, caranya sebagai berikut:

pengatturan peringatan pesan masuk WA di settingan ponsel
  1. Masuk ke pengaturan smartphone
  2. Pilih menu Apl atau aplikasi
  3. Cari ikon aplikasi WhatsApp dna masuk kedalamnya
  4. Pastikan opsi “Tampil notifikasi” sudah aktif
  5. Cek pula pada bagian pesan grup apakah sudah aktif atau belum
  • Bersihkan Cache Aplikasi

Bila ketiga cara diatas sudah dilakukan namun perinagtaan pesan masuk WA di layar tidak juga tampil, maka lakukan pembersihan cache aplikasi.

Adapun untuk beberapa tipe smartphone sekarang ini sudah ada aplikasi pembersih cache bawaan pabrikan. Namun bila ingin membersihkan secara manual, caranya cukup mudah, Masuk ke pengaturan  > Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan. Pada bagian Cache pilih opsi “Hapus Cache”.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah Notifikasi pesan WA yang tidak muncul di HP Android, semoga bisa dipraktekkan dan bermanfaa untuk sobat pembaca semua, terima kasih.

Leave a reply "Mengatasi Notifikasi WhatsApp tidak muncul – Penyebab dan Solusinya !"