Cara Mengatasi HP Samsung Macet saat Main Game atau Aplikasi

Cara Mengatasi HP Samsung Macet saat Main Game atau Aplikasi – Tentunya sangat menjengkelkan kalau tiba-tiba saat sedang asik main game atau menjalankan aplikasi HP tiba-tiba Hang dan layar tidak bisa digerakkan sama sekali. Dan ada pula saat layar Hang tidak ada menu dan tombol yang bisa difungsikan, jadi tambah pusing lagi.

HP samsung macet dan hang

Banyak sekali permasalahan di HP android penyebab hang atau macet saat dipakai untuk menjalankan aplikasi maupun game. Tidak hanya di HP samsung saja, hampir semua tipe smartphone bisa mengalami hal yang sama.

Sistem di android Samsung yang tidak merespon bisa menyebabkan layar tidak bisa bergerak, tampilan diam (hang), dan menu yang ada tidak bisa diakses. Dalam keadaan yang lebih parah, saat layar hang disertai pula dengan tombol fisik tidak berfungsi sehingga penggunanya banyak yang bingung bagaimana cara merestart ulang sistem.

Simak tips samsung berikut:

Penyebab HP Android Hang atau macet

Diantara beberapa hal yang bisa menyebabkan android sering macet saat main game, atau hang saat menjalankan aplikasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kerja RAM dan Prosesor Overload

Kinerja prosesor akan berkaitan dengan kapasitas RAM di sebuah ponsel. Bilamana RAM berkapasitas kecil dan banyak aplikasi atau game berat dijalankan maka akan memperberat kinerja prosesor.

Bilamana RAM sudah habis terpakai untuk keperluan sistem dan aplikasi, maka prosesor bisa sangat sibuk mengatur alur program sehingga bis menyebabkan crash dan gagal fungsi.

2. Ponsel Overheat

Masih berkaitan dengan fungsi prosesro dan RAM diatas, bilamana kinerjanya berebih akan menyebabkan panas, dan akhirnya sistem bisa hang atau macet.

Baca juga:  Cara Reset HP Sony Xperia kembali ke Settingan Pabrikan

Ada chipset tipe tertentu di smartphone yang dapat mendeteksi dan melakukan restart otomatis saat suhu di prosesor mencapai titik panas tertentu, hal itu untuk menjaga agar chipset tidak rusak.

Namun untuk generasi ponsel yang menggunakan chipset biasa, tentunya saat ada panas berlebih di bagian CPU akan menyebabkan sistem Macet sehingga fungsi layar, tombol dan menu yang ada tidak dapat digunakan.

3. Banyak Cache menumpuk

File cache sebenarnya bisa berguna untuk mempercepat akses terhadap fungsi aplikasi maupun pengaturan yang biasa kita buka.

Namun saat banyak file cache yang sudah tidak digunakan menumpuk di sistem akan menyebabkan kinerja prosesor dan RAM meningkat karena harus bisa mencari dan melakukan indek file cache tersebut.

4. Banyak aplikasi berjalan

aplikasi samsung error macet

Banyaknya aplikasi juga berpengaruh di HP android meskipun tidak sedang dijalankan saat itu, karena tipikal aplikasi yang menggunakan data internet untuk sinkron data ke server bisa berjalan di background sistem.

Beberapa contoh aplikasi yang berjalan di balik layar, meskipun kita tidak membukanya yaitu facebok, BBM, whatsApp, Line, instagram, Twitter, game online dan lain sebagainya.

5. Aplikasi / Game bermasalah

Aplikasi di HP android yang rusak file instalasi atau datanya juga bisa menyebabkan HP menjadi macet, error tombolnya, atau tidak muncul fungsi menunya.

Begitu juga Android Hang atau Nge-lag saat main game, bisa jadi aplikasinya yang bermasalah.

6. Jaringan Data Error

Ternyata pengaturan atau setelan data yang bermasalah juga bisa menyebabkan HP error atau hang saat menjalankan aplikasi tertentu yang membutuhkan koneksi internet.

Baca juga:  Tips Foto Selfie Vivo Y71 tidak Terbalik seperti Cermin

7. File Sistem rusak

File sistem android yang rusak atau corrupt beberapa datanya sering menjadi sebab HP android nge-hang atau macet.

Apalagi kalau file tersebut berkaitan erat dengan beberapa fungsi penting perangkat, seperti dipakau untuk mendeteksi sentuhan layar, menampilkan menu, memfungsikan tombol fisik dan lain sebagainya.

8. Hardware error

Adakalanya perangkat keras atau komponen yang ada di HP Samsung sudah tidak berfungsi maksimal sehingga menyebabkan sistem tidak bisa melaksanakan perintah untuk menjalankan fungsi hardware tersebut.

Cara Mengatasi HP samsung Macet / Hang

Untuk anda yang mengalami macet saat main game atau mejalankan aplikasi di HP samsung bisa menyimak tipsnya berikut ini:

1. Restart Ulang sistem

Saat HP samsung macet dan layar nge-hang, silahkan restart ponsel. Namun karena layar tidak bisa difungsikan dan tombol fisik tidak juga berfungsi maka caranyanya tekan tombol power agak lama, jangan dilepas.

Baca : Cara Otomatis Reset HP Samsung bila Salah Kode 15 Kali

Ketika tombol power ditekan dalam durasi bisa sampai 10-20 detik maka ponsel akan restart dengan sendirinya. Cara tersebut terbukti ampuh untuk mereboot paksa saat semua tombol tidak berfungsi untuk memunculkan menu uturnoff atau reboot.

2. Bersihkan cache aplikasi

Kita bisa membersihkan file cache yang ada di HP samsung untuk menyelesaikan error sistem yang gampang Hang.

Biasanya di setiap fitur samsung ada menu pengoptimal sistem, gunakan untuk membersihkan file sampah atau cache. Kita juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti ccleaner yang populer di play store.

3. Copot beberapa aplikasi

Kita juga bisa mencopot aplikasi yang banyak bermasalah saat dijalankan, atau kalau semua aplikasi berpotensi menimbukan error silahkan coba copot aplikasi yang sangat jarang kita pakai.

Baca juga:  Cara Cek sisa Kuota internet IM3 terbaru

4. Lihat sisa internal memori

Memori internal yang terlalu sedikit sisa kapasitasnya bisa mempengaruhi kinerja sistem android sehingga gampang hang atau macet saat menjalankan beberapa aplikasi.

Baca : Mengatasi Memori HP Samsung Cepat Habis

Pindah beberapa file ke eksternal memori seperti MicroSD atau Flashdisk bila HP samsung kita mensupport OTG supaya intenal memori kapasitasnya longgar.

5. Cek kondisi MicroSD

microsd error di HP samsung

Banyak kejadian kartu memori MicroSD yang rusak dan terpasang di HP samsung bisa mengakibatkan gagalnya beberapa aplikasi saat dijalankan dan ponsel jadi hang tidak merespon.

Coba copot dahulu memorinya dan restart ulang HP samsung, bila masalahnya teratasi maka kita perlu mengganti atau melakukan format ulang microSD agar kembali normal.

6. Reset ulang sistem

Saat semua cara diatas sudah tidak bisa mengatasi HP samsung yang tidak merespon perintah dan layar jadi macet, silahkan lakukan reset pengaturan ponsel.

Factory reset di HP samsung android bisa berguna untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di sistem maupun aplikasi.

7. Flashing Ulang

Cara terakhir sebelum kita melakukan cek atau service hardware, bisa mencoba melakukan flashing ulang firmware samsung.

Dimana proses flashing sangat berguna saat ada file sistem yang hilang dan tidak ddapat dikembalikan via mode recovery atau factory reset.

Untuk proses flashing memang beresiko, jadi bawa saja ke service center untuk mendapat layanan yang bagus dan dikerjakan ahlinya.

Demikianlah proses memperbaiki dan mengatasi HP samsung yang sering macet atau Hang, semoga bisa dipraktekkan dan bermanfaat untuk pembaca semua.

Leave a reply "Cara Mengatasi HP Samsung Macet saat Main Game atau Aplikasi"