Mengatasi BRI Mobile Banking Error dan Gagal Proses

Penyebab dan cara mengatasi Aplikasi BRI Mobile error – Beberapa permasalahan perbankan khususnya untuk layanan via koneksi internet seperti SMS Banking BRI, Layanan Internet Banking dan juga aplikasi Mobile kerap menjadi problem tersendiri bagi nasabah Bank Rakyat Indonesia tersebut.

Aplikasi Mobile banking BRI trouble

Kemudahan melakukan transaksi via Mobile Banking BRI karena fleksible dan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun asal ada jaringan Internet yang menghubungkan Server Bank dengan perangkat Smartphone nasabah BRI.

Penyebab Problem BRI Mobile Banking

Adapun beberapa keluhan error aplikasi BRI yang bisa dipasang pada perangkat bersistem android, HP Apple dengan iOS didalamnya, Blackberry dan juga Windows Phone, diantaranya sebagai berikut:

  • Aplikasi BRI Banking tidak dapat dibuka atau dijalankan
  • Tidak bisa Aktivasi akun mobile banking meski ada koneksi internet
  • Tidak bisa Login Aplikasi karena ada perangkat yang masih aktif Login
  • Menu di BRI mobile tidak bisa diakses meski aplikasi terbuka
  • Tidak bisa melakukan transaksi dan cek saldi di Mobile banking BRI, dan lain sebagainya

Baca juga Tips Banking berikut:

Cara Mengatasi Aplikasi Mobile banking BRI Error

1. Sim Card tidak Terdeteksi

Baca juga:  Cara Membuka Blokir Mandiri Online Banking Tanpa Menuju Bank

Perlu diketahui, bahwasanya setiap aplikasi Mobile banking sangat memperhatikan keamanan data penggunanya, dimana salah satunya dengan mendeteksi letak kartu.

Untuk bisa menggunakan aplikasi dengan lancar, setelah sebelumnya sudah berhasil terinstall dan sudah bisa dijalankan, maka jangan pernah mencopot dan mengubah letak kartu dari posisi Slot 1 ke slot 2.

Aplikasi BRI mendeteksi keberadaan kartu selular yang sudah diaktivasi oleh pihak Bank pada slot pertama, Bila kita memindah nomor selular semisal d islot kedua atau di ponsel lain, maka akan terjadi kegagalan saat ingin login BRI mobile.

Jadi pastikan kartu selular yang sudah didaftarkan untuk keperluan SMS dan Internet banking harus di posisi slot pertama.

2. Kartu Belum diaktivasi

Bila anda masih pertama kali menggunakan aplikasi BRI mobile, maka tidak semua kartu selular bisa digunakan untuk bertransaksi karena harus didaftarkan dan sudah aktivasi.

Kita juga tidak dapat menggunakan dua nomor kartu yang sudah diaktifasi dalam satu ponsel karena untuk alasan keamanan.

Kecualisaat kita mempunyai dua Nomor rekening dan hanya punya satu smartphone, maka untuk menggunakannya kita harus mencopot dan pasang kartu yang sudah terdaftar di slot pertama.

Baca juga:  Melihat Bukti Transaksi BNI di Aplikasi Mobile Banking Terbaru

3. Koneksi Internet Terputus

Banyak Nasabah BRI yang menggunakan Aplikasi Mobile banking mengalami masalah tidak bisa cek saldo, melakukan transaksi pembayaran, transaksi transfer atau selainnya meskipun sudah berhasil login.

Hal tersebut salah satunya disebabkan terputusnya koneksi internet di ponsel. Meskipun terputus sesaat terkadang nomor IP address sudah berubah dan akan terdeteksi oleh server dan aplikasi sehingga proses transaksi gagal dilakukan.

Jadi pastikan dulu sebelum membuka aplikasi mobile banking BRI koneksi internet kita lancar, semisal cek sinyal selular apakah stabil atau tidak, atau bila menggunakan Wi-Fi pastikan koneksi dari hotspot lancar.

4. Masalah Server BRI

Tidak melulu masalah error aplikasi banking disebabkan oleh smartphone maupun kesalahan aplikasi, Bisa juga server BRI sedang melakukan maintenance atau perbaikan.

Untuk memastikan apakah server BRI untuk transaksi Mobile banking bermasalah atau tidak, paling mudah adalah dengan membandingkan milik teman kita yang juga sama-sama menggunakan aplikasi BRI.

Atau bisa langsung menghubungi Customer Service BRI via kontak 14017 / 1500017 atau bisa melalui call Email BRI ke callbri@bri.co.id untuk beberapa permasalahan seputar aplikasi dan problem transaksi.

Baca juga:  Cara Mudah Beli Token PLN via SMS Banking BNI

5. Aplikasi BRI Mobile Bermasalah

Tidak jarang aplikasi banking rusak, entah disebabkan sistem di smartphone atau bisa karena kesalahan penggunannya.

Bila sudah melakukan beberapa langkah pengecekan seperti diatas, coba Restart dahulu smartphone dan coba jalankan ulang, Bila tetap trouble silahkan uninstall.

Setelah mencopot aplikasi BRI banking, silahkan unduh kembali via situs resmi BRI atau langsung menuju ke google play store, jangan mengunduhnya dari beberapa market aplikasi yang dapat membahayakan data nasabah karena bisa jadi ada malware didalamnya.

6. Jangan Root HP

Satu lagi, Ponsel dalam keadaan di root akan terdeteksi oleh aplikasi Banking dan tidak akan bisa digunakan.

Meski ada yang nekat menggunakan metode rooting HP dan berhasil menjalankan BRI Mobile banking namun hal tersebut dapat membahayakan data nasabah itu sendiri, sebab saat ponsel di root akan terbuka peluang masuknya penyusup atau malware di aplikasi dan sistem.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan tips mengatasi aplikasi BRI Mobile banking error, tidak bisa login, tidak dapat terbuka, gagal transaksi dan selainnya, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Mengatasi BRI Mobile Banking Error dan Gagal Proses"