Cara Membatalkan Proses Update Software Sistem Xiaomi / Redmi

Melakukan update sistem Smartphone Android ke versi terbaru fungsinya untuk meningkatkan performa dan memperoleh fitur terbaru. Sama seperti halnya pada Merek Xiaomi, memperbarui software sangat direkomendasikan oleh pabrikannya untuk meningkatkan keamanan serta kinerja keseluruhan sistem saat menjalankan aplikasi.

cara cancel download update sistem HP Xiaomi

Namun adakalanya saat memutuskan untuk Upgrade sistem Xiaomi, pertama kali pastinya ada proses pengunduhan file yang lumayan besar ukuran filenya. Tidak hanya dalam hitungan menit, bahkan sampai berjam-jam hanya untuk mendownloadnya. Apalagi kalau jaringan internet sedang lemot, pastinya tidak kunjung selesai.

Sebagai contoh pengalaman admin sendiri, saat melakukan update software di Redmi Note 7 ke versi terbaru MIUI  VERSI 11.0.1.0 QFGEUXM dengan Android 10, Proses download terasa lama sekali sampai berjam-jam, padahal koneksi internet menggunakan jaringan Wi-Fi dengan kecepatan lumayan bagus dan stabil.

Untungnya proses download bisa ditunda dan dilanjutkan lagi tanpa memulai lagi dari awal, namun lamanya waktu pengunduhan membuat khawatir, jangan-jangan file sangat besar ukurannya dan nantinya malah memperberat kinerja sistem setelah diupdate.

Baca juga:  Cara Sembunyikan Tampilan Foto Profil WhatsApp

Membatalkan Update Sistem Xiaomi

Bagi sobat yang sudah memutuskan untuk melakukan update software Xiaomi dan ingin membatalkan proses pengunduhan karena dirasa terlalu lama atau memang tidak ingin melanjutkan, mungkin akan mencari-cari dimana letak tombol Batal (Cancel), karena tampilan hanya menujukkan statistik berapa persen file sudah terunduh, tidak terlihat tombol untuk membatalkan.

Jadi meskipun tampilan saat mendownload versi terbaru sistem Xiaomi yang sedang berlangsung kita matikan dengan menekan tombol Home di navigasi, Proses pengunduhan file upgrade tetap dilakukan di background asalkan masih terkoneksi ke internet.

Jadi bagi sobat semua yang ingin membatalkan proses download update versi terbaru HP Xiaomi / Redmi caranya mudah, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Saya asumsikan di HP Xiaomi sedang proses mengunduh versi sistem terbaru
  2. Di tampilan persentase file yang sudah diunduh tekan 1 kali
  3. Akan tampil Tombol Batal dan Lanjut, silahkan tekan tombol Batal untuk menghentikan proses pengunduhan file sistem
Membatalkan update di Xiaomi redmi
Membatalkan update di Xiaomi redmi

Bila suatu saat ingin memperbarui software cukup lakukan langkah-langkahnya seperti saat ingin update sistem Xiaomi ke versi terbaru. Nantinya persentase unduhan akan melanjutkan proses terdahulu yang pernah dibatalkan, Jadi tidak mulai dari Nol persen lagi.

Baca juga:  Cara Mengatasi Error Kamera HP Xiaomi / Redmi

Cara Update Sistem Xiaomi / Redmi

Bagi sobat pengguna pemula smartphone Xiaomi dan masih bingung dimana letak menu untuk update sistem versi terbarunya, silahkan simak caranya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan dan pilih menu Tentang Telepon
  2. Kemudian pilih opsi Pembaruan Sistem dan pastikan terkoneksi internet
  3. Bila ada versi terbaru maka akan muncul tombol Unduh Pembaruan di bagian bawah
  4. Tekan tombol pembaruan dan tunggu sampai download file selesai
  5. Bila telah selesai, akan terlihat notifikasi bahwa pembaruan siap untuk diinstall
  6. Klik notifikasi tersebut dan tekan tombol Mulai ulang sekarang
  7. Tunggu Xiaomi restart otomatis dan akan melanjutkan proses update software

Jangan sekali-kali melakukan interupsi atau mematikan proses pembaruan saat sedang berlangsung seperti mematikan paksa ponsel dengan menekan tombol power, Akibatnya HP Xiaomi bisa mati total dan harus dilakukan flashing firmware ulang.

Demikianlah pembahasan cara membatalkan update versi terbaru di HP Xiaomi Redmi Note 7, Note 8, Note 9 dan tipe Xiaomi lainnya, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait