Update Mi Home CCTV Camera Xiaofang Tidak Konek, Simak Solusinya!

Di artikel sebelumnya admin pernah membahas tentang cara mengatasi Error Smart camera CCTV merek Xiaofang yang gagal terhubung ke smartphone Android. Dimana di tutorial tersebut admin dulu menggunakan cara menginstall Mi Home versi lama.

cctv xiaofang xiaomi gagal konek ke HP android

Namun dengan berjalannya waktu, terkadang problem CCTV Xiaomi Xiaofang tidak mau terkoneksi ke HP Android meskipun berulangkali membuang dan menginstal beberapa versi aplikasi Mi-Home dari beberapa situs penyedia Apk versi lama.

Bahkan banyak pembahasan di beberapa forum xiaomi ataupun website yang memberikan panduan supaya tidak melakukan update firmware kamera Xiaofang, yang mana katanya memiliki efek CCTV gagal berfungsi.

Pertanyaannya, apakah pemilik smart camera Xiaofang diharuskan tidak memperbarui firmware kamera ? Lalu apa efeknya bila sudah terlanjur melakukan update ?. Disini admin akan berbagi pengalaman yang mungkin bertentangan dengan batasan-batasan yang diulas di beberapa situs dan memang berhasil, Kamera CCTV berfungsi normal sampai sekarang.

Cara mengatasi CCTV Xiaomi Xiaofang error

Singkat cerita, saya tidak mudah menyerah begitu saja ketika tiba-tiba CCTV kamera Xiaofang tidak bisa dikoneksikan ke ponsel android. Mulai dari berulangkali menginstall beberapa versi apk Aplikasi Mi-Home lawas sampai kembali lagi ke versi terbaru.

Baca juga:  Cara Matikan Getar suara Keyboard HP Xiaomi saat mengetik

Ternyata pemecahan masalah HP android tidak bisa menampilkan gambar dari CCTV meski sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi sangatlah diluar dugaan. Bukan settingan lokasi untuk memilih “Mainland China” atau memasang Mi-Home versi lama, apa yang admin lakukan ?

setting lokasi cctv xiaofang mainland chinaa

Melakukan Update Firmware CCTV Xiaofang

Ya, dengan perasaan was-was, saya mencoba melakukan update firmware versi terbaru melalui antarmuka Mi-Home. Padahal saat membeli kamera CCTV Xiaomi tersebut ada petunjuk dari sellernya supaya tidak melakukan update firmware dan hanya menggunakan apk Mi-Home versi lama.

Adapun langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan kamera CCTV Xiaofang yang tidak dapat dimonitor melalui HP android yaitu sebagai berikut:

  1. Buang atau Uninstall terlebih dahulu aplikasi Mi-Home yang ada di ponsel Android
  2. Kemudian Unduh dan install Mi-Home versi terbaru dari Play Store
  3. Selanjutnya Buka aplikasi Mi Home dan login
  4. Setting lokasi ke “Mainland China
  5. Tambahkan perangkat baru dengan menekan menu “+” di bagian atas aplikasi
  6. Pilih tipenya Xiaomi Xiaofang Smart Camera
  7. Lakukan pairing dengan menekan tombol setup di kamera sampai terhubung
  8. Bila sudah terhubung, masuk ke menu Profile di pojok kanan bawah
  9. Lalu pilih Setting dan masuk ke bagian Check Update
  10. Bila terdeteksi firmware perlu diupdate silahkan lakukan pembaruan
  11. Bila firmware Kamera Xiaofang sudah terupdate, keluar dulu dari aplikasi
  12. Buka kembali Mi-Home dan coba cek apakah tampilan gambar sudah online di ponsel atau belum
  13. Pastikan belum, pastikan sudah mengaktifkan akses lokasi (GPS).
Baca juga:  Cara Menghubungkan Redmi Note 7 ke TV dengan STB Huawei

Dengan melakukan beberapa langkah diatas terbukti streaming video tangkapan kamera Xiaofang milik saya bisa lancar kembali tanpa masalah sampai sekarang.

Dan beberapa kelebihan setelah melakukan pembaruan firmware Smart Cam Xiaomi Xiaofang dan menggunakan aplikasi Mi-Home terbaru yaitu semua fiturnya terbuka dan bisa diakses, seperti storage management untuk memeriksa kapasitas terpakai memori kamera, deteksi alarm dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, Ternyata melakukan update firmware kamera xiaomi Xiaofang bisa menjadi solusi untuk problem CCTV tidak bisa terkoneksi ke ponsel Android.

Bahkan saat ini penggunaan apk aplikasi Mi Home versi lama sudah tidak kompatible dengan beberapa smartphone android versi terbar, Mungkin demi keamanan atau tujuan lain dari developernya.

(Disclaimer) Sebagai catatan, Meskipun langkah diatas berfungsi baik pada perangkat smart camera Xiaofang milik saya, namun admin tidak bertanggung jawab apabila ada permasalahan lanjutan terkait update firmware yang anda lakukan. Semoga pengalaman saya tentang cara mengatasi error kamera CCTV Merek Xiaofang yang tidak terkoneksi ke HP Android diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

Baca juga:  Cara Mengatasi WiFi HP Xiaomi Gagal Konek ke Internet
cctv xiaofang xiaomi gagal konek ke HP android
Next Post

No more post

Artikel Terkait