Meski Tidak Berbahaya Berikut Cara Uninstall Aplikasi Funmax di Xiaomi

Banyak pengguna smartphone Xiaomi atau Redmi yang khawatir tiba-tiba di layar muncul Aplikasi yang bernama Funmax, Padahal pengguna tidak merasa memasangnya. Karena khawatir Funmax adalah aplikasi berbahaya, maka banyak pemilik HP Xiaomi yang ingin membuangnya (Uninstall).

Mencopot funmax App dari hp xiaomi

Pertanyaannya, Apa itu Funmax yang ada di HP Redmi Xiaomi ?, Bagaimana cara Uninstall atau mencopot aplikasi Funmax di HP Xiaomi ?, Dimana tidak ada menu untuk mencopot aplikasi. Disini admin gusinfo akan memberikan tutorial cara mudah menghapus Funmax yang muncul di Xiaomi.

Seperti diketahui, Funmax adalah aplikasi Bloatware, Dimana artinya aplikasi tersebut adalah bawaan sistem smartphone, Bisa saja terpasang dari awal pembelian maupun saat adda update sistem secara otomatis.

Aplikasi Funmax didalamnya banyak kumpulan game yang bisa dijalankan tanpa menginstall-nya. Namun dibalik itu, hal yang mengganggu bisa saja muncul seperti banyak iklan berseliweran, HP Xiaomi jadi lemot dan pastinya penggunaan data internet yang lebih besar.

Sebenarnya bloatware banyak yang tidak berbahaya disebabkan aplikasi yang terpasang sudah direkomendasikan oleh pabrikan smartphone yang bersangkutan. Bisa saja aplikasi tersebut merupakan kerjasama atau memang buatan vendor smartphone itu sendiri.

Baca juga:  Mengatasi Youtube Tidak Bisa Diputar di STB Huawei

Bila dicari di Play store, Bila mengetik kata kunci ‘Funmax’ tidak akan ditemukan aplikasi yang memiliki ikon joystik game seperti yang tampil di xiaomi meskipun ada app yang bernama sama.

Funmax yang muncul tanpa diinstall di HP Xiaomi karena pengguna mengaktifkan update otomatis dari aplikasi GetApps. Dimana GetApps adalah toko penyedia aplikasi seperti playstore yang berafiliasi dengan pihak Xiaomi.

Aplikasi funmax yang terpasang sendiri dan tiba-tiba muncul di HP Xiaomi tidak dapat dihapus secara manual, Karena tidak disediakan tombol buang / uninstall, yang ada hanya opsi tombol paksa berhenti, Hapus data dan uninstall pembaruan.

Cara Menghapus Aplikasi Funmax di Xiaomi

walau tidak bahaya, Untuk menghilangkan aplikasi Funmax di HP Xiaomi agar tidak muncul lagi, berikut ini adalah langkah-langkah menghapusnya:

  • Tekan dan tahan ikon Funmax di layar Xiaomi
  • Pilih opsi Info Apl
  • Bisa juga melalui menu Setelan > Apl > Kelola Aplikasi
  • Di bagian bawah info apl Funmax Tekan menu Hapus Pembaruan
  • Setelah itu Tekan lagi menu Hapus Data
  • Pertama pilih” Hapus semua data
  • Kemudan pilih lagi “Bersihkan cache
  • Bila sudah, tutup menu setelan HP Xiaomi
  • Ikon Funmax di layar sudah Hilang, Selesai.
Baca juga:  Cara Mengatasi WiFi HP Xiaomi Gagal Konek ke Internet
Menu untuk uninstall funmax Xiaomi redmi note

Sebagai catatan, Suatu saat bisa muncul lagi aplikasi Funmax meskipun sudah dihapus seperti cara diatas. Dimana disebabkan karena aplikasi GetApps yang dari bawaan xiaomi akan melakukan update otomatis bila ada pambaruan terbaru.

Bila ingin menghapus kembali aplikasi Funmax yang muncul lagi, cukup dengan cara yang direkomendasikan seperti diatas, yaitu lewat menu setelan dan menju ke info Apl.

Sebenarnya ada cara menghapus secara permanen aplikasi Funmax di Xiaomi Redmi, yaitu dengan mengaktifkan Debugging di mode developer dan memodifikasi sistem, Namun hal tersebut tidak direkomendasikan karena kesalahan penghapusan malah akan membuat sistem bekerja tidak normal.

Kesimpulannya, Pengguna HP Xiaomi tidak perlu risau dan khawatir dengan aplikasi Funamax yang tiba-tiba muncul dan terpasang. Namun bila khawatir menyebabkan data internet jadi boros dan ponsel jadi lemot, maka bisa membuangnya dengan mudah.

Itulah cara mudah mencopot / unistall aplikasi Funmax dari HP Xiaomi dari menu Setelan tanppa memodifikasi sistem, Semoga bermanfaat.

Mencopot funmax App dari hp xiaomi
Next Post

No more post

Artikel Terkait