Penyebab Saldo ShopeePay Hilang dan Cara Mengatasinya

Dompet digital untuk pembayaran yang direkomendasikan di Toko Online Shopee adalah ShopeePay. Meskipun banyak cara untuk membayar pesanan seperti melalui transfer Bank, Indomart dan lainnya, namun dengan menggunakan ShopeePay bisa mendapat berbagai benefit seperti gratis ongkir serta proses verifikasi pembayaran lebih cepat.

Uang di shopeepay terkuras hilang saldonya

Tidak jarang pula kejadian saldo ShopeePay tiba-tiba hilang atau berkurang meskipun merasa tidak melakukan transaksi dalam kurun waktu tertentu. Pastinya uang di akun ShopeePay yang raib meski merasa tidak berbelanja akan membuat penggunanya bertanya-tanya, siapa yang mencuri saldonya, apakah ada pembobol atau sistem yang bermasalah.

Sebenarnya untuk mengamankan akun ShopeePay agar tidak kebobolan dan saldo terkuras habis oleh orang yang tidak bertanggung jawab caranya mudah sekali. Jangan sekali-kali membuat PIN akun ShopeePay yang mudah ditebak, Tidak pernah memberikan kode OTP kepada orang lain dan hati-hati meminjamkan ponsel ke teman atau kerabat.

Penyebab Saldo ShopeePay Hilang

Yang perlu diingat, tidak ada transaksi di Dunia maya atau Digital yang seratus persen aman. Begitu pula dengan dompet digital seperti ShopeePay, OVO, DANA dan lain sebagainya, Kejadian kehilangan uang bisa terjadi kepada siapa saja, Entah oleh kesalahan sistem atau pencurian.

Baca juga:  Cara Isi Saldo GoPay melalui ATM BRI dan Biaya Admin

Baca juga : Cara TopUp saldo Shopeepay lewat ATM Mandiri dan BNI serta Apakah benar ada gratis Ongkir di Shopee ? Begini cara mendapatkannya.

Adapun penyebab berkurang atau hilangnya saldo di akun ShopeePay bisa dikarenakan beberapa hal sebagai berikut.

Penipuan Hadiah Mengatasnamakan Pihak Shopee

Modus penipuan lewat SMS yang saat ini marak yaitu mengatasnamakan pihak Shopee dengan memberitahukan kalau calon korban mendapat hadiah berupa uang yang nilainya fantastis.

Cara kerja penipuan hadiah shopee lewat SMS yaitu calon korban yang tergoda untuk segera mendapat hadiah akan disuruh bertransaksi barang atau pulsa di Shopee dan pembayaran lewat ShopeePay.

Si penipu juga akan meminta dikirimi kode OTP untuk verifikasi kepemilikan akun ShopeePay. Bila kita berikan kode tersebut, maka dengan cepat pembobol akun ShopeePay akan menguras habis saldo yang ada.

Untuk mengetahui apakah ada transaksi mencurigakan setelah kita sadar terkena jebakan penipuan lewat SMS, cobalah membuka akun chopee dan cek di menu riwayat transaksi.

Bila ada transaksi yang tidak anda lakukan, segera hubungi CS Shopee, bisa melalui Email, Chat atau telepon langsung dan ceritakan apa yang terjadi pada saldo di akun anda.

Baca juga:  Apakah Serba 10 Ribu Shopee dan Flash Sale Penipuan ?

Saldo ShopeePay dipakai Berbelanja Teman/saudara dekat

Kecerobohan dan keteledoran juga menjadi penyebab saldo di akun ShopeePay anda berkurang atau bahkan habis sama sekali, seperti meminjamkan ponsel ke teman atau saudara.

Bila teman anda ada niatan buruk, bisa saja saat meminjam ponsel itulah saldo ShopeePay bisa digunakan berbelanja barang di Shopee tanpa sepengetahuan anda sebagai pemilik akunnya.

melacak transaksi mencurigakan di akun shopeepay

Adapun cara untuk mengetahui riwayat transaksi di akun shopeepay yaitu buka aplikasinya, dan lihat di dasboard bagian bawah ada daftar transaksi, termasuk saat ada dana masuk dari transfer bank maupun untuk pembayaran barang ke Shopee.

Bila ada saldo digunakan untuk berbelanja yang anda rasa tidak pernah melakukannya, maka jalan terbaik adalah mengiklaskan uang tersebut hilang.

Mengapa demikian, apakah saldo yang digunakan oleh orang lain tersebut tidak dapat dikembalikan ?, jawabannya tidak.

Karena bukan kesalahan sistem ShopeePay dan murni ketelodoran pemilik akun sehingga digunakan oleh orang lain untuk berbelanja atau keperluan pembayaran di Shopee, maka itu murni kesalahan pengguna.

Baca juga:  Melacak Posisi Kiriman J&T Beli Barang dari Shopee

Untuk memastikan tidak terulang kembali kehilangan uang di akun ShopeePay, pastikan melakukan hal berikut:

  • Mengganti password akun ShopeePay
  • Mereset PIN ShopeePay dan buat yang lebih kuat
  • Jangan menyimpan catatan PIN di tempat yang mudah ditemukan
  • Hati-hati meminjamkan ponsel ke orang lain

Bila anda belum percaya kalau ada orang lain yang mencuri saldo anda di ShopeePay, bisa langsung menelopon atau menghubungi Customer service Shopee untuk memastikan ada tidaknya alur transaksi di tanggal dan waktu tersebut.

Hilangnya Saldo ShopeePay oleh Sistem Error

Yang terakhir dan umumnya saldo yang berkurang sendiri di akun ShopeePay bisa kembali yaitu karena kesalahan sistem Shopee.

Untuk kasus yang ini, anda bisa langsung melakukan kontak ke pihak shopee untuk meminta penjelasan saldo yang hilang.

Pastikan juga anda sudah melakukan screenshot riwayat transaksi bila ada atau meminta kejelasan ke CS Shopee mengapa tiba-tiba uang di akun ShopeePay berkurang sendiri.

Uang di shopeepay terkuras hilang saldonya
Next Post

No more post

Artikel Terkait