Cara Kirim Foto di WA dengan Resolusi seperti File Aslinya

Mungkin banyak yang mengira kalau foto atau image yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp sama persis seperti aslinya. Padahal sebenarnya resolusi gambar akan dikompresi sehingga file yang terkirim ukurannya dan kualitasnya lebih kecil dari aslinya. Mengapa demikian dan bagaimana caranya supaya kiriman foto di WA sama persis seperti milik si pengirim ?

Mengirim chat foto di WA lewat menu attachment

Kecepatan mengirim dan menerima data dari sebuah aplikasi messenger seperti WhatsApp adalah kunci utama untuk menarik minat pengguna. Tidak terkecuali saat kirim chat berupa foto ke pengguna lainnya. Supaya cepat, maka server WA akan memanipulasi ukuran dan resolusi gambar sekecil mungkin tanpa merusak kualitasnya, sehingga penerima chat juga akan cepat menerima balasan.

Yang menjadi masalah yaitu saat penerima chat foto di WhatsApp ingin agar ukuran dan resolusi gambar sama dengan file aslinya dari si pengirim, Entah untuk tujuan dicetak ke media printer atau ingin diedit ulang.

Kirim Foto di WA agar resolusi tidak turun

Lalu bagaimana cara mengirim chat di WhatsApp berupa gambar atau foto file yang terkirim tidak turun kualitasnya?, Simak caranya dibawah ini:

Baca juga:  Cara Lihat Nomor Telkomsel dan Indosat milik sendiri yang Lupa
  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih penerima pesan
  2. Di bagian kanan kolom chat, tekan tombol simbol klip kertas (Attachment)
  3. Pilih menu galeri
  4. cari foto yang akan dikirim
  5. Yang terakhir tekan tombol kirim seperti biasanya
kirim file foto di WA kualitas resolusi sama aslinya

Nantinya penerima pesan bisa membuka foto dengan memilih file yang dikirimkan. Jadi perbedaannya, bila standar mengirim gambar langsung bisa dilihat, tapi melalui menu attachment si penerima harus membukanya secara manual dan menyimpannya di galeri.

Simbol paper clip di aplikasi Chat WhatsApp juga berfungsi untuk mengirim berbagai format file, seperti mengirim dokumen dari ketikan Word Office, Excel, kirim file presentasi lewat WA, file PDF dan lain sebagainya.

Simak juga tutorial Cara menyimpan chat WhatsApp ke google Drive supaya aman dan Cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah menghindari akun WA disadap orang lain.

Jadi menu untuk mengirim dokumen lewat WA dapat kamu temukan dengan memilih ikon klip kertas. Kelebihannya yaitu file yang terkirim tidak dimodifikasi oleh server, baik itu ukuran maupun kualitasnya.

Baca juga:  Mengatasi Notifikasi WhatsApp tidak muncul - Penyebab dan Solusinya !

Mengapa kirim foto di WA selalu gagal Terkirim ?

Problem WhatsApp seperti Foto gagal terkirim umumnya disebabkan oleh sambungan internet. Saat kita mengirim chat, baik itu teks, gambar, video atau file dokumen diperlukan proses upload data ke server dan koneksi internet harus terhubung.

Ketika jaringan internet di ponsel lemot atau teputus, maka upload akan terhenti dan gagal diproses. Oleh karena itu, bila terjadi masalah gagal kirim foto di WA, coba cek dulu internet dan ulangi sekali lagi.

Demikianlah tutorial cara mengirim chat foto tanpa kehilangan kualitas dan resolusinya, Baca juga tips dan trik WhatsApp yang lain hanya di Gusinfo.com, terima kasih.

Artikel Terkait