Cara Mengetahui Nomor WA Disadap dari Perangkat Lain

Salah satu kekhawatiran Pengguna Aplikasi Media sosial seperti WhatsApp adalah adanya pembobol akun. Tanpa kamu sadari, Nomor WhatsApp kamu bisa disadap teman atau orang lain. Dimana aktifitas chatting WA bisa dipantau dari jarak jauh.

melihat nomor wa dibajak orang lain

Pertanyaannya, Apakah WhatsApp bisa dibobol dengan mudah?. Tentunya tidak. Aplikasi populer sekelas WhatsApp tentunya akan mempertimbangkan segi keamanan penggunanya. Mulai penggunaan Nomor Telepon sebagai akun masuk sekaligus penerima kode verifikasi, sampai adanya fitur untuk melihat orang lain yang membuka akun WA kita.

Lalu mengapa WhatsApp sampai disadap atau bahkan dibobol orang lain?. Umumnya kejadian pembobolan akun disebabkan kelengahan penggunanya, semisal sering meletakkan ponsel tanpa pengawasan tanpa kunci layar dan modus klik tautan sembarangan di halaman media sosial padahal Link menuju ke halaman aplikasi ataupun halaman peretasan akun.

Ada menu khusus di WhatsApp untuk melihat siapa yang sudah masuk maupun atau keluar dari akun WA. Disana Akan terlihat perangkat lain yang sedang aktif mengakses akun WA sekaligus bisa diketahui tanggal dan waktunya.

Baca juga:  Mengatasi Aplikasi Zoom tidak keluar Suara saat Meeting

Simak juga tutorial : Cara Mengembalikan Chat WA yang terhapus dan Cara kirim pesan WA tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu.

Fitur tersebut bernama ‘Perangkat Tertaut’ yang fungsinya untuk membuka akun WA ke perangkat lain seperti Smartphone atau Komputer. Selain membuka WhatsApp di dua perangkat secara bersamaan, juga berfungsi melihat siapa yang sedang aktif dan baru saja mengakses nomor WA kita.

Cara Melihat WA disadap atau Tidak

Tanpa perlu menginstall aplikasi apapun, kamu bisa dengan mudah melihat siapa orang yang membuka atau menyadap nomor WhatsApp milikmu dari perangkat lain, caranya sebagai berikut:

  1. Pertama Buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  2. Ketuk bagian menu, Letaknya pojok kanan atas tanda garis tiga mendatar
  3. Kemudian pilih menu Perangkat Tertaut
  4. Di halaman tersebut lihat pada bagian Status Perangkat bagian bawahnya
  5. Bila ada Nama Browser di bagian tersebut, berarti ada yang sudah mengakses akun WA kamu
  6. Ketuk nama yang tertera, Lalu pilih Keluar
mengetahui pembobol dan pembajak akun WA

Sebaliknya, Dengan cara diatas, Melalui fitur Perangkat Tertaut kamu juga dapat membuka halaman chatting WhatsApp di Komputer atau Smartphone.

Baca juga:  Cara Membuka Telegram di Windows Komputer atau Laptop

Kelebihan menggunakan WhatsApp Web dari Browser, Kamu bisa mengirim dan menerima pesan WA meskipun ponsel ketinggalan dirumah.

Fitur WhatsApp WEB yang dijalankan di Laptop atau PC juga berfungsi apabila kamu menjalankan usaha bisnis online tanpa bergantung ke satu orang yang menerima dan berkirim pesan.

Cara Membuka WA di Laptop / PC

Bagi kamu yang belum tahu cara kirim dan terima pesan WhatsApp dari Laptop, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka WhatsApp di HP dan masuk ke menu pojok kanan atas
  2. Pilih opsi Perangkat Tertaut
  3. Lalu tekan tombol Tautkan perangkat
  4. Nantinya kamera akan terbuka dengan Bingkai ditengah untuk memindai QR Kode
  5. Kemudian buka Browser di Laptop / Komputer
  6. Lalu masuk ke alamat web.whatsapp.com
  7. Scan QR Code yang terlihat di Laptop dengan kamera ponsel tepat ditengah bingkai yang disediakan
  8. Bila berhasil, maka di Browser laptop akan terbuka halaman chat WA sama dengan yang ada di ponsel kamu

Setelah selesai menggunakanWA di komputer untuk berkirim dan menerima pesan, sebaiiknya keluarkan perangkat yang tertaut. Tujuannya untuk keamanan apabila sewaktu-waktu ada orang yang membuka akun WA di komputer kamu.

Baca juga:  Cara Melakukan Video Call WhatsApp di Laptop

Artikel Terkait