Cara Menyimpan Chat WA ke Google Drive Cepat dan Aman

Masih banyak pengguna Aplikasi WhatsApp yang bingung caranya menyimpan obrolan ke akun Google Drive. Meskipun banyak opsi untuk melakukan backup chat WA ke berbagai media, namun keputusan untuk menyimpannya via online bisa menjadi alternatif yang aman dan bisa diunduh kapan saja.

Menyimpan chat WA ke Google

Di kesempatan ini admin tidak akan membahas cara menyimpan chat WA ke Email, Kartu memori atau media lainnya, kecuali khusus cara backup obrolan WhatsApp ke Google Drive. Dimana setiap smartphone android umumnya sudah disertai aplikasi Drive dan otomatis bisa diakses langsung dengan menggunakan akun Email yang ditautkan ke samartphone oleh pemiliknya.

Google drive sendiri adalah layanan penyimpanan awan (Cloud) yang bisa dimanfaatkan gratis oleh penggunanya. Adapun bila kita sudah memiliki alamat Email (GMAIL), sudah bisa menggunakan Drive untuk menyimpan segala file seperti Foto, Video, Dokumen, Aplikasi dan lain sebagainya.

Jadi bagi sobat semua yang ingin menyimpan chat semisal obrolan penting WhatsApp supaya bisa dilihat dan didownload kapanpun, asalkan ada koneksi internet, bisa menggunakan Google Drive. Selain kapasitasnya besar yaitu 15 GB yang bisa memuat berbagai file besar sekalipun, kita tidak perlu repot dan takut kehilangan data asalkan akun Email kita masih tetap aktif.

Baca juga:  Cara Ganti Nada Pesan dan Panggilan WhatsApp

Cara Simpan Chat WA ke Drive Google

Menu Ekspor Percakapan WA ke Google Drive
  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih percakapan mana yang ingin disimpan
  2. Setelah itu tekan tanda titik tiga di pojok kanan atas
  3. Pilih opsi Lainnya, Lalu pilih menu Ekspor Chat
  4. Bila ada file Foto, Video atau dokumen yang ada di obrolan, akan ditanya apakah ingin disimpan juga, pilih Tanpa Media atau Sertakan Media
  5. Akan muncul halaman kirim item, Pilih ikon Simpan Ke Drive
  6. Tentukan akun Email yang digunakan, lalu klik tombol Simpan
  7. Tunggu proses Upload sampai selesai, Bisa dilihat progress-nya di layar notifikasi ponsel
backup chat WA ke Drive

Simak juga: Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 langkah WhatsApp untuk menghindari Akun disadap dan Cara Mengatasi Notifikasi pesan masuk WA tidak muncul di layar.

Cara Melihat Chat WA yang tersimpan di Drive google

Bila anda sudah berhasil meng-upload obrolan WhatsApp ke Drive dan suatu saat ingin melihat percakapannya kembali, caranya sebagai berikut:

  1. Jalankan Aplikasi Drive, Letaknya biasanya di folder Google smartphone anda
  2. Login dengan akun Email yang anda buat menyimpan chattingan WA sebelumnya
  3. Bila sudah terbuka, silahkan cari filenya, ciri-ciri filenya ada tulisan “ Chat WhatsApp dengan (Nama teman)”
  4. Klik pada file percakapan WhatsApp yang berformat teks
Baca juga:  Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Sidik Jari

Bila obrolan berisi gambar atau video dan sebelumnya memilih opsi menyertakan media ke penyimpanan, maka file dilampirkan ke folder drive yang sama.

File Chat WhatsApp yang disimpan bisa dibaca dalam format teks tanpa membuka aplikasi WA maupun menginstall aplikasi lainnya, Jadi teks akan langsung terbuka lengkap dengan tanggal dan jam saat melakukan obrolan.

Sebagai catatan, Bila anda memutuskan untuk ikut meng-ekspor media berupa gambar atau video yang ada di dalam percakapan WhatsApp, maka lama waktu pengunggahan tergantung besarnya file dan kecepatan koneksi internet anda.

Cara Download File Chat WA dari Google Drive

  1. Buka Drive dan cari letak file chat WhatsApp
  2. Klik tanda titik tiga disamping kanan file, lalu pilih Download
  3. File hasil unduhan terletak di folder unduhan pada smartphone anda

Tidak hanya bisa dibaca secara online maupun didownload, File Chat WhatsApp yang tersimpan di google Drive bisa dibagikan langsung melalui berbagai aplikasi maupun membagikan link tautan ke pihak lain.

Demikianlah pembahasan cara ekspor chat WA ke penyimpanan google Drive sekaligus cara download file yang tersimpan, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Cara Filter Teman agar tidak bisa melihat Cerita di Facebook

Artikel Terkait