Cara Simpan Video Status WA Teman Ke Galeri Tanpa Aplikasi Tambahan

Di aplikasi WhatsApp memang tidak disediakan menu untuk menyimpan status Foto atau video orang lain. Mengapa demikian ?, karena status yang diunggah bisa saja mengandung hak cipta dan pihak WA sendiri sangat menjaga rahasia dan privacy setiap penggunanya.

download status WA teman ke memori HP

Mungkin kamu akan dengan mudah menyimpan status teman berupa foto atau teks dengan cara screenshot. Namun kalau Status video WhatsApp jarang ada yang tahu bagaimana cara mengunduhnya, Meskipun bisa dengan rekam layar tapi itu cara yang kurang praktis.

Meskipun banyak aplikasi di Play Store yang dapat mengunduh dan menyimpan status video dan foto WA teman, Itupun malah menambah beban kapasitas memori dan kinerja ponsel.

Padahal ada cara paling mudah, dan hampir semua smartphone bisa digunakan untuk men-download dan menyimpan status teman ke Galeri HP, Yaitu dengan aplikasi bawaan ponsel bernama File Manager.

Simak juga tutorial : Cara mengembalikan chat WA yang hilang atau terhapus

Langsung saja di bawah ini saya contohkan cara menyimpan status Video WA teman ke galeri HP melalui file manager di HP Xiaomi. Untuk tipe smartphone lain caranya sama, tinggal penamaan aplikasi yang berbeda seperti File Explorer, Pengatur berkas dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Setting APN Indosat Paket Yellow iM3

Cara Simpan Status Video WA teman ke Galeri HP

  1. Buka Aplikasi File Manager di HP
  2. Pilih menu di pojokan dan masuk ke Setelan
  3. Aktifkan opsi ‘Tampil berkas tersembunyi’
  4. Setelah itu kembali lagi ke tampilan awal dan masuk tab Folder
  5. Geser layar kebawah dan masuk ke folder WhatsApp
  6. Lalu masuk ke folder Media > Statuses
  7. Disana akan tampil gambar dan video dari status teman yang sudah pernah kamu lihat
  8. Pilih video atau foto yang ingin disimpan ke HP dengan memberi tanda centang
  9. Setelah selesai memilih, ketuk ikon bergambar tanda titik tiga di bagian bawah
  10. Kemudian pilih Salin
  11. Tentukan letak video status WhatsApp yang akan dipindah, contohnya Penyimpanan internal
  12. Pilih folder DCIM agar masuk ke galeri, Lalu tekan ikon ‘Tempel’
  13. Video sudah tersimpan di galeri, Selesai.
menyimpan status video WA teman ke galeri HP

Mengaktifkan Tampilkan berkas tersembunyi di file manager tujuannya untuk menampilkan semua file yang disembunyikan oleh sistem maupun aplikasi.

Dimana seperti contoh diatas, bila opsi tampilkan berkas yang tersembunyi tidak diaktifkan, maka folder statuses aplikasi WhatsApp tidak akan terlihat, apalagi dibuka. Jadi untuk selanjutnya bila ingin download status WhatsApp teman ke penyimpanan HP lagi tidak perlu melakukan langkah nomor 3 diatas.

Baca juga:  Cara Setting dan Langganan Mola TV di STB Indihome

Mungkin ada pertanyaan Mengapa video dan foto status WA teman tidak dapat diunduh?, disebabkan kamu belum melihat status yang bersangkutan. Jadi file media akan terlihat dan bisa disimpan apabila kita sudah melihat statusnya.

Perlu diperhatikan, File status video dan gambar akan hilang dari folder Statuses di file manager kalau sudah melebihi 24 Jam. Jadi tidak seperti kiriman file di kotak pesan yang tidak akan terhapus sebelum penerima pesan WA menghapus pesan sealigus media foto dan videonya.

Lalu apa saja contoh nama aplikasi yang dapat mengunduh status whatsApp orang lain ?, banyak sekali, contohnya Aplikasi Status Saver, Xender dan lainnya ada di play store google.

Dan penting untuk diingat, berhati-hatilah ketika menyimpan dan membagikan status video atau gambar orang lain, karena bisa saja kamu membuka privasi seseorang dan bisa terkena jerat UU Elektronika dengan ancaman pidana, Jadi  bijaklah dalam bermedia sosial.

Artikel Terkait