Aplikasi Penyadap Pesan WhatsApp SocialSpy,  Apakah Scam ?

Banyak pengguna WhatsApp yang mencari apikasi khusus untuk menyadapnomor WA orang lain. Lalu banyak beredar di berbagai situs dan media sosial tentang aplikasi SocialSpy yang katanya bisa digunakan untuk memata-matai WA seseorang. Pertanyaannya, Apakah benar demikian ?, simak jawabannya dibawah ini.

aplikasi penyadap nomor WA bernama socialspy

Aplikasi kenamaan sekelas WhatsApp yang dimiliki oleh Meta, tentunya tidak membiarkan produk miliknya dibobol dan memiliki celah keamanan. Bahkan pihak WhatsApp sendiri sudah menyatakan kalau pesan yang terkirim diantara penggunanya sudah dienkripsi secara end-to-end.

Dimana enkripsi End-to-end di WhatsApp memungkinkan hanya pengirim dan penerima pesan saja yang bisa melihat isi chat. Bahkan pihak WA sendiri menyatakan tidak dapat melihat isi pesan tersebut bila sudah dienkripsi.

Lalu bagaimana dengan aplikasi penyadap pesan WA yang bernama SocialSpy, Apakah benar bisa digunakan atau hanya aplikasi bohongan ?, Bagaimana resiko bila terlanjur menggunakannya ?

Bila kita mencarinya di mesin telusur google, maka halaman utama di situs socialspy akan menampilkan gambar ikon WA. Dimana ada 3 langkah yang harus dilakukan penggunanya untuk memata-matai WhatsApp orang lain, yaitu Memasukkan nomor HP target, Melengkapi verifikasi dan terakhir pengguna akan melihat riwayat percakapan chat WA yang disadap.

Baca juga:  Cara Pasang Dua Akun WhatsApp di OPPO R17 Pro

SocialSpy aplikasi Scam dan berbahaya

Mungkin banyak yang tergoda untuk mencoba menggunakan Aplikasi Socialspy untuk mengintip pesan WA orang lain.

Alih-alih bisa melihat isi chat WhatsApp orang lain, ternyata SocialSpy adalah aplikasi penipuan atau scam. Dimana fungsinya tidak seperti yang dinyatakan dalam antarmuka situsnya.

Ketika korban yang ingin mencoba menyadap WA orang lain menggunakan socialspy sudah memasukkan nomor target, maka di halaman selanjutnya kita akan disuruh mengisi sebuah survey, bukan proses verifikasi.

Ketika survey diklik, akan muncul iklan dan tidak ada percakapan WA target yang muncul. Jadi murni aplikasi di situs socialspy adalah untuk mencari uang dari iklan pihak lain dengan memanfaatkan ketidaktahuan korbannya.

Menurut Alfons Tanujaya dari Vaksin.com, Pengguna yang mencari aplikasi penyadap pesan WA agar tidak menginstall atau menggunakan fitur yang ada di situs SocialSpy, karena fungsinya bukan untuk memata-matai nomor whatsApp seperti deskripsinya.

Pemilik aplikasi SocialSpy akan mendapat keuntungan berupa iklan yang tampil dari hasil klik halaman di situsnya. Jadi aplikasi penyadap tersebut murni mencari keuntungan pribadi, bukan Spyware.

Baca juga:  Membuka WhatsApp selalu keluar tanggal salah, ini Solusinya!

Apakah ada Aplikasi penyadap WhatsApp yang bagus ?

Bukan rahasia lagi, apabila sebuah aplikasi atau software pastinya memiliki celah keamanan yang suatu saat bisa disusupi atau dibobol pihak lain, Tidak terkecuali Aplikasi besar sekelas WhstApp.

Secara logika dan Nilai ekonomis, sebuah aplikasi yang benar-benar bisa digunakan untuk memata-matai maupun menyadap akun dari nomor WhatsApp orang lain pastilah berlabel “Premium” alias berbayar.

Bahkan software penyadap WA bilapun memang ada pastinya tidak akan dipublikasikan secara umum, karena pastinya pihak developer WA sendiri akan memperbaiki ccelah keamanan yang bisa dibobol aplikasi tersebut.

Bila dilihat dari latar belakang keamanan siber, Lembaga Negara sekelas badan Intelijen mungkin memiliki akses ke aplikasi penyadapan dan untuk keperluan Legal atau kepentingan Negara.

Jadi kesimpulannya, Kita mungkin tidak akan menemui aplikasi gratisan di Play store atau tempat lain yang bisa digunakan untuk menyadap nomor WhatsApp seseorang karena beberapa alasan diatas.

Adapun saran dari admin, Untuk menghindari dari scam atau penipuan berkedok aplikasi mata-mata, jangan sembarangan mencoba-coba karena selain tidak menghargai privasi orang lain, melakukan penyadapan juga termasuk perbuatan ilegal yang melanggar Hukum.

Baca juga:  Cara Simpan Chat WA ke Email Agar Aman dan Bisa Dicetak

Artikel Terkait