Cara Mengetahui Sisa Memori HP Realme 3 dan 3 Pro

Mengetahui kapasitas total dan sisa memori HP Realme biasa dimanfaatkan untuk melihat apakah ruang penyimpanan masih mencukupi atau perlu kartu SD yang lebih besar ukurannya untuk berbagai keperluan data aplikasi, foto, video dan beberapa file lainnya.

Tips Realme 3 dan 3 pro

Bahkan banyak pengguna smartphone android sudah lupa total kapasitas memori bawaan HP saat pertama kali membelinya. Apalagi untuk melihat ruang penyimpanan yang tersisa, biasanya tidak sempat melakukannya.

Padahal direntang waktu pemakaian, semakin lama kita menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan data seperti suka foto selfie, merekam video waktu bepergian atau hobi install banyak aplikasi, pastinya lambat laun ruang memori habis.

Meskipun spesifikasi bawaan ROM atau Penyimpanan internal HP Realme 3 yakni 32 GB dan 64 GB serta Realme 3 Pro sudah memiliki memori 64 GB sampai 128 GB, namun urusan banyaknya file yang tersimpan tentu tidak akan sama perlakuannya pada setiap penggunanya.

Bagi anda pemilik HP Realme 3 dan seri 3 Pro yang belum tahu dimana letak menu penyimpanan untuk melihat sisa memori, kapasitas terpakai dan total keseluruhannya, bisa menyimak angkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga:  Tutorial HP Realme Tips Menyembunyikan Menu Tombol Navigasi

Cara Mengetahui Sisa Memori HP Realme 3 dan 3 Pro

menu penyimpanan realme 3 dan 3 pro
Menu Penyimpanan Realme 3/Pro
  1. Silahkan buka menu Pengaturan Realme
  2. Lanjutkan memilih opsi Pengaturan Tambahan
  3. Pada bagian atas sendiri buka menu Penyimpanan
  4. Disana akan terlihat Total, Memori terpakai dan yang Kapasitas tersedianya

Dan untuk melihat masing-masing aplikasi berapa ukuran File di setiap instalasinya, bisa langsung membuka salah satu dari daftar aplikasi yang ada di bawah informasi menu penyimpanan tersebut.

Pada saat anda membuka salah satu aplikasi yang tertera di daftar, akan terlihat berapa ukuran data file instalasi beserta datanya. Bahkan ukuran setiap cache aplikasi juga dapat terlihat dan bisa anda hapus untuk menghemat penyimpanan di HP Realme.

Efek dari banyaknya file yang ada di ruangan penyimpanan internal, baik itu file aplikasi, video, foto dan selainnya, akan memperberat kinerja sistem smartphone.

Bila perlu, saat ruang internal memori Realme sudah hampir habis atau dibawah 1 GB, biasakan untuk cepat memidahnya ke Kartu SD atau memori Eksternal, supaya kinerja HP tidak lemot dan selalu responsif.

Baca juga:  Format Beli Paket Yellow IM3 Bonus SMS dan Telepon Unlimited

Demikianlah tips dan trik pada HP Realme 3 yang dapat admin bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca semua.

Leave a reply "Cara Mengetahui Sisa Memori HP Realme 3 dan 3 Pro"