Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Hilang atau Terhapus

Mungkin kamu pernah terlanjur menghapus pesan di WhatsApp dan ingin mengembalikan isi obrolan seperti semula. Untungnya ada fitur pencadangan di WA yang bisa digunakan untuk restore data supaya semua inbox yang hilang dapat dipulihkan lagi.

Mengembalikan inbox pesan WA terhapus

Perlu digarisbawahi, Fitur untuk memulihkan chat atau pesan WhatsApp yang sudah dihapus tidak akan berhasil apabila setelan pencadangan sebelumnya belum diaktifkan. Jadi logikanya mana mungkin data bisa di-restore apabila tidak ada file backup sebelumnya.

Sebenarnya saat pertama kali menginstall Aplikasi WA pada settingan awal setelah berhasil melakukan verifikasi nomor ponsel, Akan diberikan opsi apakah memilih backup diaktifkan atau dilewati.

Meskipun sudah melewati tahapan opsi pencadangan, di waktu tertentu aplikasi akan kembali memberikan notifikasi untuk memilih backup harian, mingguan atau bulanan. Bila tidak ingin peringatan backup di WhatsApp, maka aktifkan fitur ini untuk berjaga-jaga ketika WA suatu saat error atau pesan tidak sengaja terhapus.

Cara Backup isi Pesan WhatsApp

Jadi untuk berjaga-jaga suatu saat nanti ketika pesan WA sudah dihapus dan ingin dikembalikan, maka solusinya harus sudah mengaktifkan fitur pencadangan data. Adapun cara backup pesan WhatsApp sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Menyimpan Chat WA ke Google Drive Cepat dan Aman
  1. Buka aplikasi WhatsApp, Masuk ke opsi menu di pojok kanan atas
  2. Pilih Setelan > Chat, Lalu pilih Cadangkan Chat
  3. Tekan tombol Cadangkan dan pilih lokasi pencadangan
  4. Untuk lokasi penyimpanan cadangan Chat WA bisa memilih di memori ponsel atau via google Drive
  5. Untuk durasi pencadangan bisa dibuat otomatis seperti harian, mingguan, bulanan atau secara manua ketika kita menekan tombol ‘cadangkan
  6. Bila tidak ingin menyertakan file video karena ukuran file pasti lebih besar, maka bisa mengecualikannya dengan menonaktifkan opsi ‘Sertakan Video’
  7. Bila sudah, tutup kembali halaman backup yang sudah disetting

Bila sebelumnya sudah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp, berarti data chat WA juga sudah tersimpan dan bisa digunakan untuk mengembalikan pesan yang terhapus beberapa hari yang lalu.

Baca juga tips dan trik WhatsApp berikut:

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Ketika suatu saat ingin membuka pesan penting di WA namun sudah terhapus karena mengira tidak lagi dibutuhkan atau memang tidak sengaja menghapusnya, maka kamu bisa mencoba mengembalikan isi chat tersebut, caranya adalah:

  1. Uninstall atau copot aplikasi WhatsApp di ponsel kamu
  2. Selanjutnya install kembali aplikasi WA dari Play Store
  3. Setelah terpasang, buka Aplikasi dan lakukan settingan pertama
  4. Masukkan Nomor telepon yang terdaftar di WhatsApp sebelumnya
  5. Lakukan verifikasi nomor telepon dengan menginput 6 digit kode OTP yang dikirim ke nomor ponselmu
  6. Langkah selanjutnya, di tampilan pemulihan cadangan silahkan tekan opsi ‘Pulihkan cadangan’
  7. Bila data cadangan berhasil ditemukan maka proses akan dilanjutkan
  8. Tunggu sampai pemulihan data selesai dan pesan WA yang terhapus akan kembali seperti semula.
Baca juga:  Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Sidik Jari

Yang mungkin jadi pertanyaan yaitu apakah pesan WA terhapus satu bulan yang lalu bisa dikembalikan ?

Bisa, Namun syaratnya metode pencadangan data sebelumnya minimal dipilih durasi Mingguan atau bahkan bulanan.

Saat pencadangan dipilih harian, maka ketika ada proses backup akan otomatis menimpa file yang lama. Jadi bila hari ini kamu menghapus isi pesan WA dan besoknya ada proses pencadangan, bisa jadi ketika proses pemulihan data tidak akan menemukan file yang sudah terhapus.

Jadi tidak semua proses pemulihan chat WA bisa seratus persen berhasil, Bisa dikatakan kalau beruntung isi pesan bisa terbaca kembali, karena durasi pencadangan dan penghapusan isi chat terkadang tidak tepat waktunya.

Kesimpulannya, bila isi pesan WhatsApp yang terhapus memang benar-benar penting dan sebisa mungkin mencoba mengembalikannya, maka cara diatas patut dicoba karena banyak yang terbantu dengan fitur pemulihan cadangan di WA.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *