Mengatasi WhatsApp Web di Komputer Tidak Bisa Dibuka

Sebagai medsos chatting yang paling populer saat ini, Aplikasi whatsapp juga bisa dijalankan di perangkat Komputer. Sehingga saat kita kelupaan membawa ponsel, bisa melihat pesan, melihat status teman maupun menulis pesan dengan menggunakan PC atau Laptop.

mengatasi error whatsapp web

Bahkan ada yang memanfaatkannya untuk menyadap whatsapp seseorang dari tempat lain menggunakan whatsApp Web ini. Namun yang perlu diingat, hanya satu perangkat komputer saja yang bisa terhubung ke satu akun WA di smartphone. Bila ingin mengaksesnya dari komputer kedua, maka di PC yang satunya harus dinonaktifkan dulu alias logout.

Kembali ke topik utama, beberapa pertanyaan yang sering diajukan seperti mengapa WhatsApp Web tidak bisa dibuka, Apakah bisa versi web dijalankan di browser smartphone, mengapa setiap membuka diminta scan QR kode lagi dan penyebab koneksi sering terputus.

Untuk menjawab beberapa pertanyaan diatas, lebih baik kita ketahui juga apa penyebab error WhatsApp Web agar tahu bagaimana cara mengatasinya sesuai dengan ciri-ciri trouble yang dialami.

1. Alamat Url Web WhatsApp

Baca juga:  Cara Mematikan Suara Tombol Kamera OPPO saat Memotret

Pastikan penulisan alamat situs WhatsApp web sudah benar yaitu web.whatsapp.com.

Terkadang karena tergesa-gesa kita salah mengetik alamat situs di kolom address bar pada browser, seperti ada tanda spasi, kesalahan tanda titik tergantikan koma dan beberapa kesalahan penulisan lainnya.

2. Pastikan sudah Terverifikasi

Verifikasi diperlukan untuk menghubungkan aplikasi WA di ponsel dengan perangkat komputer. (simak juga: Cara menyembunyikan status WA untuk kontak tertentu )

Untuk mendapat persetujuan, kita harus melakukan scan QR Kode menggunakan kamera belakang ponsel.

Bagi yang belum tahu caranya, buka aplikasi WA di smartphone, lalu masuk ke opsi menu bagian pojok kanan atas. Kemudian pilih ‘WhatsApp Web’.

Di komputer buka browser Chrome atau Opera, lalu ketik alamat web.whatsapp.com. Bila sudah terbuka, arahkan kamera belakang ponsel untuk memulai memindai kode QR.

3. Cek Koneksi Internet

Bila permasalahan ada pada sulit terhubung atau sering terputus saat sudah online, pastikan koneksi data internet di kedua perangkat stabil. ( Baca tips Cara mengatasi Gagal kirim foto dan Video di Whatsapp )

Koneksi internet yang lancar diperlukan untuk menjaga data dari server WhatsApp ponsel dan komputer selalu sinkron. Bila salah satunya terjadi kendala, akan terjadi delay atau keterlambatan pengiriman informasi seperti pesan lama terkirim, selalu centang satu atau di layar komputer ada peringatan koneksi terputus .

Baca juga:  Mengapa Status WA teman tidak Muncul di HP kita ?

4. Selalu meminta scan kode

Bila problem hanya saat anda menutup browser lalu masuk lagi dan ada perintah untuk scan kode QR lagi, hal tersebut bisa disebabkan dua hal, yakni Lupa tidak mencentang opsi “keep me signed in” atau memang anda sudah menekan opsi keluar dari perangkat komputer yang ada di aplikasi whatsapp ponsel.

scan kode QR whatsapp web

Pastikan sebelum melakukan scan kode, beri tanda centang opsi ‘Keep me signed in‘ yang ada persis di bawah QR.

5. Ada Komputer lain aktif

Apabila ada satu saja komputer yang sudah terlebih dahulu berhasil terverifikasi untuk masuk ke WhatsApp web, itu berarti perangkat lain tidak diperkenankan mengakses.

Untuk mengatasinya, anda harus log-out terlebih dahulu dari komputer pertama, sesudah itu baru anda masuk dari PC yang satunya.

Pertanyaan lain, apakah bisa WA web diakses dari smartphone ?, jawabannya bisa. Caranya hampir sama dengan yang ada di komputer. Buka aplikasi browser chrome di ponsel, lalu akses alamat whatsapp web. Langkah selanjutnya anda harus mengubah ke tampilan destop karena chrome menampilkan versi mobile.

Baca juga:  Cara Sembunyikan Tampilan Foto Profil WhatsApp

Cara mengubah tampilan chrome di ponsel menjadi mode desktop gampang, masuk ke opsi menu yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih atau centang opsi ‘Tampilan desktop’. Langkah selanjutnya tinggal scan QR kode dengan ponsel lain yang ingin dihubungkan akun whatsapp-nya.

Leave a reply "Mengatasi WhatsApp Web di Komputer Tidak Bisa Dibuka"