Mereset Ulang HP Realme 5 / 5-Pro dengan Dua Cara Berbeda

Memperbaiki error pada HP Realme 5 / 5-Pro atau tipe lainnya seperti masalah hanya tampil logonya saja (Bootlop), Aplikasi sering macet, sistem terasa lemot tidak responsif, jaringan internet gampang putus sendiri dan selainnya, bisa diatasi dengan factory reset.

setting ulang HP realme 5

Factory reset yaitu mengembalikan kondisi pengaturan sistem dan aplikasi ke bawaan default pabrikannya. Sehingga diharapkan sebelum memutuskan untuk flash ulang firmware Realme untuk perbaikan sistem, lebih baik mencoba opsi yang direkomendasikan yaitu menyetel ulang ponsel ke settingan pabrik.

Permasalahan pada HP Android sebenarnya hampir semua sama, tidak terkecuali di tipe Realme 5, 5S atau 5-Pro yang dapat diperbaiki dengan mereset ulang sistem. Bahkan saat kondisi lupa password pola layarpun bisa diperbaiki dengan menghapus seluruh data pengguna atau Wipe data melalui mode Recovery reset.

2 Cara Reset HP Realme 5 / 5 Pro

Ada dua penyebutan yang sering dipraktekkan dalam proses mengembalikan settingan HP android ke kondisi bawaannya, yaitu Soft reset dan Hard Reset.

Simak Juga : Beda Realme 5 dan 5 Pro dari fitur, spesifikasi dan harganya serta Cara membuka 2 aplikasi bersamaan di HP Realme.

Baca juga:  3 Cara Menjalankan Dua Aplikasi di HP Realme dalam Satu Layar

Dimana perbedaan keduanya sebenarnya hanya pada cara mengakses menunya saja. Bila smartphone android masih bisa masuk di halaman utama dan menu pengaturan bisa diakses, maka prosesnya disebut soft-reset.

Bila kondisi layar mati atau hanya tampil tulisan realme saja dan tidak dapat masuk ke layar utama, maka disebut Hard reset, yaitu dengan mengakses mode recovery reset saat sistem mulai pertama booting.

Cara SOFT RESET di HP Realme

factory reset realme 5
  1. Pertama masuk ke menu Setting, lalu buka “Additional Settings“. (Sesuaikan dengan bahasa menu di ponsel sobat ya.. )
  2. Kemudian pilih ‘Backup and reset‘ dan buka ‘Clear All Data‘, Dimana nantinya akan total melakukan format pada data ponsel.
  3. Tekan tombol ‘Clear Data‘ pada notifikasi yang tampil di halaman.
  4. HP Realme akan restart sendiri, dan tunggu proses wiping data selesai diproses.
  5. Setelah itu ponsel akan restart kedua kalinya, dan bila sudah masuk ke settingan bahasa, berarti proses reset sudah selesai dilakukan.
format ulang sistem realme

Catatan penting ! Semua data akan terhapus saat memutuskan factory reset, seperti data video dan foto di galeri, nomor kontak, data aplikasi, hasil download dan lain sebagainya. Jadi backup dulu data penting sobat.

Baca juga:  Cara Reset Ulang Vivo Y71 dan Mencadangkan Data ke Google

Cara Hard Reset Realme 5 / 5-Pro (Mode recovery)

Bila HP Realme tidak bisa menyala normal alias hanya tampil logonya saja, maka coba lakukan hard reset dengan langkah berikut ini.

recovery mode reset realme 5
  1. Cas dulu daya baterai ponsel dan matikan / shutdown sistem.
  2. Pada kondisi ponsel mati, tekan bersamaan tombol daya dan volume bawah, jangan dilepaskan, tekan terus.
  3. Lepasakan kedua tombol bila sudah muncul logo realme dan logo powered by android.
  4. Pada tampilan utama halaman recovery mode, pilih bahasa ‘English‘, pergunakan tombol volume untuk memilih menu dan tombol power untuk memulai perintah.
  5. Pilih menu ‘Wipe Data‘, lalu pilih opsi ‘Format data‘ dan konfirmasi dengan menekan OK
  6. Bila ada tulisan Wiped data Succesfully berarti proses telah selesai.
  7. Lanjutkan memuat ualng sistem dengan memilih menu Reboot, dan tunggu ponsel booting ulang.
  8. Setelah masuk ke halaman pengaturan bahasa, berarti proses hard reset selesai.

Proses reset ulang realme tidak akan mempengaruhi masa garansi ponsel, kecuali kita melakukan perubahan ROM atau flashing ulang firmware didalamnya.

Baca juga:  Perbedaan Realme 5 dan 5 Pro Dari Spesifikasi dan Harganya

Semoga tips mengembalikan settingan sistem Realme 5 dan 5 Pro ke bawaan pabrik diatas bermanfaat untuk sobat pembaca semua, terima kasih.

Leave a reply "Mereset Ulang HP Realme 5 / 5-Pro dengan Dua Cara Berbeda"