Merubah Penyimpanan Kamera HP Realme ke Kartu MicroSD

Bagaimana caranya agar file foto dan video dari kamera HP Realme dapat tersimpan otomatis ke kartu memori eksternal (MicroSD), caranya gampang dan mudah. Dimana pada settingan kamera android Realme semua tipe seperti U1, C1, 2 dan 2 Pro sudah dilengkapi dengan pengubah jalur penyimpanan dari internal ke eksternal memori.

settingan memori kamera Realme

Hampir semua smartphone android, entah itu OPPO Samsung Vivo Huawei Lenovo dan sebagainya, pada settigan kameranya sudah dibekali fitur untuk mengubah alur penyimpanan file.

Dimana padda settingan bawaan (default) kamera ponsel, ruang penyimpanan saat kita melakukan pemotretan atau merekam video akan langsung tersimpan di internal memori perangkat.

Tentunya dalam kurun waktu tertentu, memori perangkat lambat laun akan habis dan menyisakan sedikit ruang file kosong. Disaat ruang penyimpanan hampir habis, maka problem smartphone akan mulai terasa, seperti HP Lemot, tidak bisa menginstall aplikasi, gagal update dari play store dan lain sebagainya.

Bahkan bisa terjadi saat anda memotret dari HP Realme ada peringatan ruang penyimpanan habis, tentunya sangat menjengkelkan. Nah, untuk mengatasi hal itu, maka salah satu cara adalah dengan merubah ruang penyimpanan file kamera ke memori MicroSD.

Baca juga:  3 Cara Menjalankan Dua Aplikasi di HP Realme dalam Satu Layar

Cara menjadikan MicroSD ruang penyimpanan Kamera Realme

  1. Bukalah menu Pengaturan di HP Realme
  2. Lalu masuk ke opsi Aplikasi Sistem, letak menunya ada di deretan bawah
  3. Kemudian pilih Opsi kamera
  4. Selanjutnya anda bisa mengaktifkan fitur ‘Simpan ke kartu SD dahulu’
setting kamera Realme jalur penyimpanan microSD
Menu settingan kamera Realme

Setelah melakukan langkah diatas, nantinya apabila anda memotret atau merekam video dari aplikasi kamera bawaan Android Realme maka secara otomatis akan tersimpan ke memori eksternal yakni MicroSD.

Di beberapa artikel sebelumnya, admin juga pernah membahas bagaimana membuat Efek Bokeh pada kamera Realme. Dimana nantinya hasil foto akan terlihat seperti menggunakan kamera DSLR dengan fokus objek jelas dan background tampak samar atau blur.

Itulah tips singkat perihal merubah jalur penyimpanan dari internal ke kartu MicroSD pada settingan kamera HP Realme android, semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan.

Leave a reply "Merubah Penyimpanan Kamera HP Realme ke Kartu MicroSD"