Cara Tes Kecepatan Internet WiFi Rumah atau Cafe Tanpa Aplikasi

Kegiatan Online akan terasa lebih mudah ketika jaringan Internet lancar tanpa kendala. Sebaliknya, jaringan yang lemot akan berpengarauh pada lama tidaknya data kita diunggah (Upload) maupun pada proses pengunduhan (Download).

Uji tes speed internet Wifi dan data selular tanpa aplikasi

Kalau saat ini kamu menggunakan jaringan WiFi untuk terhubung ke internet, Lalu merasa ada yang tidak beres semisal terasa lemot tidak seperti hari-hari biasanya, maka bisa kamu coba cek apakah kecepatannya sedang menurun atau ada kendala lain.

Ada banyak aplikasi di play store untuk mengecek speed internet yang kita pakai, seperti Speedtest Net, Speedcheck, Simple speedcheck dan lain sebagainya. Namun memasang aplikasi di smartphone yang jarang sekali digunakan efeknya malah membuat HP lambat, cepat panas dan tentunya buang-buang kapasitas memori.

Bagi kamu yang ingin menguji kecepatan internet WiFi dari HP android atau iOS tanpa install aplikasi, bisa menggunakan alat milik google yang dijalankan melalui browser ponsel. Adapun caranya sebagai berikut:

Cara Tes Speed Internet WiFi Tanpa pasang aplikasi

  1. Pertama buka aplikasi browser bawaan ponsel atau Komputer
  2. Masuk ke alamat google.com
  3. Kemudian ketikkan kata kunci Speedtest Google
  4. Hasil pencarian paling atas sendiri ada keterangan ‘Uji kecepatan internet’
  5. Tekan tombol Jalankan uji kecepatan
  6. Tunggu sampai hasilnya terlihat
Baca juga:  Cara Buka FB di Android agar tampilan seperti di Komputer

Cara membaca hasil Tes kecepatan internet dengan alat yang disediakan google yaitu bisa dilihat berapa nilai Upload (Unggahan) dan Download (Unduhan).

Kecepatan Upload yaitu seberapa cepat proses mengunggah filedari jaringan ke server yang dituju. Sedangkan Download yaitu proses pengunduhan data dari server ke jaringan kita.

Nilai yang ditunjukkan biasanya dalam Mbps atau Megabyte per detik. Contoh kecepatan upload 1 Mbps, berarti dalam satu detik kita dapat mengunggah file sebesar 1.000 Kb Atau 1Mb.

Semakin besar nilai Unggahan dan unduhan, maka semakin kencang dan cepat pula koneksi internet di rumah kamu.

Berapa Mbps Kecepatan Internet dikatakan lambat ?

Speed internet dibawah 1 Mbps bisa dikatakan lambat, Apalagi nilainya dibawah 500 Kbps (0,5Mbps). Karena rata-rata untuk menonton video youtube di ponsel saja memerlukan minimal 256 Kbps (0,25Mbps), Itupun video yang ditampilkan tidak HD dan terkadang terjadi buffer atau tersendat.

Jadi kebutuhan kecepatan internet juga harus sebanding dengan kepperluan, apakah pekerjaan kita memerlukan kecepatan Download atau upload besar atau tidak.

Baca juga:  Cara Transfer dari SeaBank ke Saldo GoPay Gratis Biaya Admin

Kecepatan internet jaringan WiFi ataupun data selular selain ditentukan oleh besarnya Upload dan download, juga dipengaruhi oleh nilai Ping.

Apa itu Ping dalam tes Speed Internet ?

Ping yaitu respon antar jaringan, Nilai satuannya yaitu ‘ms’ atau millisecond. Semakin kecil nilai Ping maka semakin cepat dan responsif jaringan internet di rumah kita.

Dalam pengertian sederhana, Ping seperti hubungan antar satu jaringan ke jaringan lain. Semakin cepat respon antar jaringan, semakin cepat pula data diproses, seperti upload dan download.

Untuk mengetahui Nilai Ping jaringan internet, bisa menggunakan aplikasi Speedtes Network yang banyak tersedia di google play store.

Jadi sebelum indikator atau jarum bergerak untuk uji download dan upload, akan dilakukan proses Ping antar jaringan, seberapa cepat responnya.

Bila saat uji kecepatan internet jarum uplad dan download tidak juga segera bergerak, bisa jadi Ping terlalu lama karena jaringan kita harus terhubung ke server untuk tes kecepatan. Jadi itulah cara mudah Tes atau uji kecepatan internet WiFi ataupun Data selular menggunakan alat speedtest milik google, Pengujian bisa kamu lakukan via ponsel maupun perangkat komputer.

Baca juga:  Cara Munculkan Tanda persentase baterai di HP Samsung J2 Prime

Artikel Terkait