Cara Menggunakan OTG di HP OPPO untuk Flashdisk dan Mouse

Cara Menggunakan OTG di HP OPPO untuk Flashdisk dan Mouse – Bagaimana cara mengaktifkan fitur OTG di HP OPPO untuk bisa digunakan membaca file flashdisk, menjalankan Mouse, mengetik dengan Keyboard USB Komputer dan beberapa peralalatan yang mensupport OTG di HP android. Untuk mengetahui tipsnya silahkan simak terus ulasan dan tips yang admin bagikan kali ini.

Cara mengaktifkan OTG di OPPO untuk flashdisk dan mouse

Koneksi OTG di HP OPPO

Fitur OTG (On-The-Go) di smartphone android menjadikan semua perangkat yang mempunyai interface USB bisa terkoneksi dan dikenali oleh sistem Android. Tentunya tidak semua alat dengan konektor USB bisa dideteksi karena keterbatasan driver dan juga versi kernel di Android.

Seperti halnya di HP OPPO yang sudah mensupport OTG diantaranya OPPO A3s, F7, A83, OPPO F5, A71, A5, F3, A1, R9 Plus, OPPO F3 Plus dan varian lainnya sangat membantu penggunanya saat ingin menghubungkan ponsel dengan perangkat keras lain seperti flashdisk sebagai penyimpan data eksternal.

Simak tips OPPO berikut:

Begitu juga kita dapat menggunakan Mouse komputer untuk dijalankan di HP OPPO dengan fitur OTG dan pastinya belum banyak yang tahu kalau kita bisa menyusuri berbagai menu di layar android dengan hanya menggunakan klik mouse dan kursot tampil di layar layaknya komputer.

Baca juga:  Cara Setting Bahasa imoo Smartwatch Kids Inggris ke Indonesia

Cara Menggunakan OTG di HP OPPO

Disini admin akan membagikan 2 tips contoh cara menghubungkan flashdisk dan juga Mouse komputer ke HP OPPO, Dan untuk perangkat seperti Keyboard USB, stick game USB dan selainnya sama saja caranya.

1. Menghubungkan Flashdisk di HP OPPO

  • Pertama yang perlu dipersiapkan adalah kabel OTG atau perangkat yang bisa menjembatani antara HP OPPO dan peralatan dengan konektor USB. Silahkan beli kabel OTG di toko aksesoris HP dan harganya cuma sepuluh ribuan.
Kabel OTG di HP OPPO

Konektor OTG

  • Selanjutnya tancapkan kabel OTG ke HP OPPO, lalu tancapkan pula flashdisk ke konektor OTG
  • Kemudian tunggu di layar akan terlihat ada pemberitahuan ada perangkat yang terdeteksi, silahkan di klik.

menggunakan OTG di HP OPPO

  • Kita juga bisa langsung melihat isi flashdisk di HP OPPO dengan masuk ke menu file manager, disana akan terlihat menu OTG yang ada di bawah Phone storage (memori internal)
  • Untuk melepasnya kita bisa melakukan klik pada opsi Remove USB device safely

Koneksi OTG di HP OPPO

Dari beberapa pengalaman admin, tidak masalah langsung mencopot flashdisk tanpa melalui opsi Remove USB, asalkan pas dicabut jangan ada aktifitas membaca atau menulis file di flashdisk yang tertancap.

Baca juga:  Cara Buka FB di Android agar tampilan seperti di Komputer

Baca : Cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di HP android

2. Menghubungkan Mouse USB di HP OPPO

  • Perlengkapan pertama juga sama dengan saat kita menancapkan flashdisk di OPPO, yaitu menggunakan kabel OTG
  • Kita bisa menggunakan Mouse wireless ataupun mouse dengan kabel, sama saja. Silahkan tancapkan ke slot OTG yang sudah terkoneksi ke HP OPPO
  • Tunggu beberapa saat sampai di layar muncul ikon atau cursor mouse
  • Setelah kursor muncul, coba gerakkan mouse dan coba klik atau geser halaman sepeti halnya kita menggunakan mouse di laptop / komputer
menggunakan Mouse di OTG OPPO

Kursor Mouse di layar OPPO

Perlu diketahui, seperti yang admin sampaikan diatas, tidak semua perangkat dengan koneksi USB bisa dikenali oleh HP android. versi kernel yang ada di masing-masing smartphone juga tidaklah sama untuk bisa mengenali perangkat eksternal.

Namun rata-rata semua HP OPPO atau android tipe lain yang sudah mensupport OTG bisa membaca berbagai file di flashdisk dari beberapa merek seperti kingstone, Adata, Toshiba, Acer dan merek lainnya.

Baca juga:  Cara Setting Fingerprint HP Xiaomi semua tipe

Begitu juga untuk mouse, baik yang memakai kabel atau wireless juga banyak yang sudah disupport OTG android. Dan bagi anda yang ingin mengetik menggunakan keyboard komputer juga bisa memanfaatkan fitur OTG di HP OPPO, jadi bisa mengetik cepat saat chatting atau bersosial media.

Itulah tips mudah menghubungkan OTG di HP OPPO untuk flashdisk dan Mouse komputer, semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan dirumah. Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom yang ada di bawah tips ini, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Cara Menggunakan OTG di HP OPPO untuk Flashdisk dan Mouse"