Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Sidik Jari

Saat ini Aplikasi WhatsApp bisa dikunci dengan sidik jari, dimana fitur terbaru ini semakin menambah rasa aman bagi penggunanya. Apalagi ketika ada yang mengetahui akses PIN masuk untuk membuka layar, tentunya pengaman kedua bermanfaat saat ada seseorang yang mencoba mengintip pesan WA karena harus ada verifikasi melalui sensor fingerprint.

Mengunci WA dnegan fingerprint

Jarang sekali aplikasi populer media sosial dibekali fitur keamanan berupa kunci sidik jari saat akan membukanya. Yang umum kita ketahui, smartphone model sekarang ini sudah memiliki fitur lock aplikasi selain pengunci layar.

Namun pihak pengembang WhatsApp kelihatannya melihat banyak penggunanya ingin akses ke akun miliknya aman dengan menggunakan verifikasi masuk. ( Simak juga Cara mengatasi Gagal Kirim Pesan Gambar / Video di WA )

Jadi meskipun layar ponsel berhasil terbuka menggunakan metode Pola, PIN ataupun scan fingerprint, tetap saja saat ingin menjalankan WA harus verifikasi ulang.

Perlu diketahui, hampir setiap tipe ponsel android saat ini meskipun pengaman layar menggunakan fingerprint, tetap saja masih bisa dibobol seseorang apabila tahu PIN atau Polanya.

Baca juga:  Cara Merekam video Call di WhatsApp HP Android

Dimana PIN ataupun pola merupakan metode darurat ketika sidik jari sulit untuk dipindai scanner ponsel. Maka dari itu, saat anda kesulitan membuka kunci layar HP, biasanya ada opsi lain unlock screen menggunakan metode PIN / Pola yang sudah dibuat sebelum mengaktifkan fingerprint.

Fitur keamanan terbaru WA berupa pengunci aplikasi bisa digunakan apabila versi WhatsApp sobat sudah diperbarui. Bagi yang belum update, silahkan buka play store, kemudian pilih menu di pojok kiri dan masuk ke ‘Aplikasi Saya‘. Disana akan terlihat beberapa aplikasi yang perlu diperbarui, klik saja tombol ‘Update’.

Adapun cara mengunci WhatsApp menggunakan sidik jari bisa sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bila Versi WhatsApp sudah terbaru, jalankan dan masuk menu Setelan, letaknya di pojok kanan atas.

2. Dari menu Setelan, berturut-turut masuk ke opsi Akun >> Privasi >> Kunci sidik jari.

mengaktifkan kunci sidik jari WA

3. Aktifkan pilihan “Buka kunci dengan sidik jari“, lalu pindai jari tangan sobat.

4. Bila terverifikasi, maka akan terlihat beberapa pilihan pengaturan, diantaranya penguncian Otomatis ‘Segera‘, Setelah 1 Menit dan Setelah 30 Menit. Pilih sesuai keinginan anda.

Menu Lock WA dengan fingerprint

5. Anda juga bisa mematikan pilihan ‘Tampilkan konten di notifikasi‘ bila tidak ingin ringkasan isi pesan terlihat di layar pemberitahuan.

Baca juga:  Apa saja Fungsi REBOOT DI hp android itu?

Untuk mencobanya, silahkan keluar dari aplikasi dan buka kembali. Apabila di layar muncul halaman untuk scan sidik jari, maka settingan sukses.

Perlu diingat, anda terlebih dahulu harus mendaftarkan setiap sidik jari yang diinginkan duntuk dipindai dan tersimpan di sistem. Bila belum mengaktifkannya bisa menuju ke Pengaturan ponsel, lalu masuk ke menu “Sandi & keamanan” atau Pengaman Biometrik (tergantung tipe dan merek ponsel).

Kesimpulannya, untuk menghindari pembobolan akun atau pengintip pesan di WhatsApp, anda bisa memanfaatkan fitur bawaan aplikasi. Meskipun kunci layar berhasil dibobol tetap saja untuk membaca pesan WA harus memindai sidik jari pemiliknya.

Leave a reply "Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Sidik Jari"