Cara Simpan Chat WA ke Email Agar Aman dan Bisa Dicetak

Mungkin kita ingin salah satu chat WhatsApp dengan seseorang bisa tersimpan aman di media lain seperti Email, Komputer, Google Drive dan lainnya. Dimana fitur Ekspor sudah disediakan pengembangnya, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan backup file obrolan penting supaya tidak hilang saat aplikasi terhapus atau akun tidak tidak lagi aktif.

Backup chattingan WA ke Email google

Cara melakukan backup Chat WhatsApp ke alamat Email sebenarnya sama dengan cara menyimpan Chat WA ke Drive google atau media lainnya. Namun banyak pengguna Smartphone, baik itu android atau iPhone yang belum tahu tahapannya serta bagaimana nanti cara membuka file yang tersimpan seperti sekedar membacanya atau mencetaknya.

Kalau umumnya banyak pemilik Akun WhatsApp mengabadikan tampilan obrolan menggunakan metode tangkapan layar, Namun file berupa foto juga memiliki ukuran yang besar bila dalam satu percakapan banyak halaman yang harus disimpan.

Jadi cara paling mudah dan aman menyimpan chat WA agar tidak terlihat dan gampang bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab, salah satunya mengekspornya ke akun Email. Selain bisa dibuka setiap saat melalui berbagai perangkat seperti Komputer atau smartphone, bisa juga chat whatsApp dicetak ke media kertas apabila diinginkan.

Baca juga:  Cara Record Zoom Meeting di Laptop dan HP Android

Cara Menyimpan Chat WhatsApp ke Email

Menu ekspor chat WA ke Email
  1. Buka salah satu obrolan WA yang ingin di backup
  2. Masuk ke menu bagian pojok sisi kanan atas pada chat yang terbuka
  3. Pilih menu Lainnya, Kemudian pilih opsi Ekspor chat
  4. Tekan ikon Email atau Gmail pada halaman share item
  5. Tentukan alamat email tujuan, contohnya alamat yang sama dengan akun pengirim
  6. Untuk mengirim tekan tombol segitiga di bagian kanan atas
  7. Bila file sudah terkirim, Tutup kembali tampilan aplikasi Email
Menentukan alamat email untuk simpan chat WhatsApp

Cara Melihat Chat WA yang tersimpan di Email

Bila suatu saat anda membutuhkan untuk membuka kembali file percakapan WhatsApp yang tersimpan di akun google (Gmail), Entah untuk sekedar melihatnya atau mencetaknya, bisa melakukan tahap sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Gmail dari smartphone atau komputer
  2. Setelah masuk ke akun, pada kotak masuk cari file WA yang ingin dibuka
  3. Untuk sekedar membacanya, bisa langsung klik pada nama file chat (Lihat gambar contoh)
  4. Bila ingin menyimpannya ke memori ponsel, klik tombol Unduh (ikon panah kebawah)
Baca juga:  Cara Hapus Akun TikTok Permanen yang Lupa Password masuknya
Membuka file backup WhatsApp di Email

Apabila saat ingin membuka file chat WA ada peringatan untuk memilih aplikasi, bisa anda pilih Tekt Viewer, Browser, WPS, HTML Viewer atau sejenisnya yang dapat membaca file berformat teks.

Jadi kesimpulannya, lebih aman melakukan backup percakapan WhatsApp agar tidak hilang secara online ke akun Email sebelum memutuskan untuk menghapusnya. Selain itu, asalkan akun anda masih aktif dan hafal kata sandinya, file percakapan akan tetap tersimpan aman di server Google.

Artikel Terkait