Bagaimana Cara mengaktifkan Split Screen Vivo V9 ?

Cara Mengaktifkan fitur Smart split di HP VIVO V9 – Bagi yang sudah mempunyai HP Canggih Vivo V9 pastinya ingin mencoba membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar bukan?, Dimana ada fitur yang bernama Smart Split yang bisa mempermudah penggunanya untuk membuka dua aplikasi sekaligus tanpa menutup yang satunya.

cara split screen di HP VIVO V9

ilustrasi: Split Screen di HP VIVO V9

Adapun di HP Vivo V9 yang sudah menggunakan versi android Versi Oreo penggunanya bisa dengan mudah memanfaatkan fitur Split screen tanpa perlu aplikasi tambahan pihak ketiga.

Smartphone Vivo V9 saat ini menjadi ponsel populer di tanah air karena membawa spesifikasi yang mewah dengan banyak fitur canggih didalamnya, seperti Layar Fullview FHD yang mempunyai rasio 19:9 sehingga tampilan image di layar begitu jernih dan jelas berkualitas HD.

Baca Juga:

Pada bagian spesifikasi kameranya sendiri, vivo mempunyai daya tarik ke konsumen berupa resolusi kamera selfie 24 MP dengan teknologi kecerdasa buatan A.I Face Beauty didalamnya, sehingga membuat hasil jepretan foto selfie termanipulasi sedemkian rupa sehingga tampak lebih menarik dan natural.

Baca juga:  Cara Beli Paket Unlimited Youtube Indosat harga 5 ribu

Fitur Smart Split di HP Vivo V9

Adapun di dalam fitur Smart split Vivo v9 ada tiga tipe opsi yang bisa dioptimasi seperti Message Screen Splitting (tampilan pesan screen split), Manual Screen Split dan juga fitur Picture in Picture atau sering disebut sebagai PIP.

Adapun fungsi opsi Message Screen Splitting yakni bisa membuat aplikasi yang support Split screen untuk melayang diatas layar. Misalnya ketika kita sedang nonton video Youtube dan ada pesan Whatsapp masuk, maka kita bisa membuka WA dan membalas pesan tanpa menutup Youtube yang sedang kita mainkan tersebut.

Sedangkan untuk opsi manual Screen-split fungsinya untuk mengaktifkan Screen split dengan menggunakan tiga jari yang digeserkan di layar ataupun dengan enekan tombol Multitask yang tampil ketika kita melakukan sliding layar atas e bawah.

Adapun fitu PIP atau Pictures in Picture di Vivo V9 juga bisa dikatakan sebagai floating screen, namun menampilkan aplikasi melayang dengan ukuran kecil diatas aplikasi lain yang sedang terbuka.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Screenshot Tiga Jari HP OPPO F7

mengaktifkan fitur smart split di HP VIVO V9

Tidak semua aplikasi mensupport metode Split Screen ataupun Picture in picture pada fitur HP Vvivo V9. Dan diantara aplikasi yang support Smart Split salah satunya yakni Youtube, aplikasi video, Calkulator, File manager, Google Play Movie dan TV serta beberapa aplikasi tertentu lainnya.

Cara Mengaktifkan Smart Split di HP Vivo V9

Nah, untuk anda semisal suka menonton Youtube di HP Vivo namun tidak mau ketinggalan update Facebook, Pesan dari WA atau aplikasi chatting lainnya bisa mengaktifkan Smart Split Vivo V9 dengan langkah sebagai berikut:

1. Buka menu Setting di HP Vivo V9, kemudian masuk ke opsi ‘Smart Split’

mengaktifkan menu fitur split screen di HP VIVO V9
2. Selanjutnya kita masuk ke ‘Message Screen Splitting’
3. Di halaman yang terbuka silahkan aktifkan semua aplikasi chatting yang sudah kita install sebelumnya seperti WA, FB, Messenger dan aplikasi perpesanan lain.
4. Nantinya untuk menggunakan fitur ini sangat mudah, semisal kita sedang nonton Youtube, bila ada pesan masuk maka akan terlihat ikon melayang di samping layar. Kita tinggal Klik saja ikon tersebut dan langsung membelah layar menjadi dua bagian dan bisa nonton sambil chattingan.

Baca juga:  Apa Efek menghapus file di folder thumbnails Android?

Mengatur PIP di Vivo V9

Nah, untuk pengaturan Fitur Picture in picture juga gampang sekali, dimana di dalam opsi smart Split Vivo V9 tersebut, bagian bawah sendiri masuk ke opsi Picture in picture.

fitur picture in picture di HP VIVO V9

Menu fitur PIP Vivo V9

Kemudian kita bisa mengaktifkan aplikasi mana yang ingin kita gunakan. Jadi semisal kita sudah mengaktifkan Chrome dan WhatsApp, nah nantinya ketika kita membuka aplikasi chrome dan ada notofikasi masuk WA, maka kita bisa membuka aplikasi agar melayang diatas aplikasi lain.

Atau semisal kita ingin browsing di Chrome sambil nonton video youtube, maka sambil chatting kita bisa membuka youtube melayang kecil di atas browser chrome dan sebaliknya.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengaktifkan fitur Split screen atau smart Split yang ada di HP Vivo V9 diatas?, silahkan dipraktekkan ya, semoga tips admin kali ini bermanfaat, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Bagaimana Cara mengaktifkan Split Screen Vivo V9 ?"