Cara Cek Denda dan Tagihan BPJS tanpa Aplikasi JKN

Menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri akan memperoleh jaminan dari Pemerintah, Namun banyak anggotanya yang terkadang lupa membayar iuran bulanan, tidak tahu apakah kartunya aktif atau tidak dan juga belum tahu cara mengecek tagihan yang dibebankan.

CARA MENGETAHUI IURAN DAN TUNGGAKAN BPJS ONLINE

Naik turunnya iuran BPJS beberapa waktu yang lalu, juga menjadi pemicu banyaknya peserta yang ingin mengetahui berapa sebenarnya tagihan yang harus dibayarkan sebelum mendatangi pusat pembayaran terdekat.

Meskipun ada aplikasi khusus di smartphone yang dapat diinstall dan digunakan untuk memeriksa tagihan, denda, masa aktif maupun sisa saldo BPJS, namun banyak yang malas melakukannya karena beberapa alasan seperti terlalu banyak aplikasi yang diinstall takut ponsel lemot dan lain sebagainya.

Ada cara lebih mudah dan cepat mengecek tagihan iuran BPJS kesehatan mandiri tanpa menginstall aplikasi JKN mobile. Cukup berbekal browser yang sudah ada di smartphone maupun lewat komputer. (Baca juga: Pengecekan iuran BPJS error, Penyebab dan cara mengatasinya)

Cara Memeriksa Tagihan BPJS tanpa Aplikasi

  1. Jalankan aplikasi browser di smartphone, Pastikan koneksi internet terhubung
  2. Masuk ke alamat situs Cek iuran BPJS Online
  3. Akan muncul pemberitahuan di layar untuk download aplikasi, abaikan saja dengan menekan tombol silang atau cancel
  4. Isi data yang dibutuhkan, yaitu 13 Digit ID kartu BPJS anda
  5. Di bawahnya input tanggal lahir sesuai data di kartu
  6. Lalu masukkan kode keamanan yang tertera di layar
  7. Setelah itu tekan tombol Cek dan tunggu sampai data muncul
  8. Bila berhasil, data yang muncul akan menunjukkan nomor, status peserta aktif atau tidak, banyaknya anggota keluarga, tagihan, saldo dan keterangan lainnya
Baca juga:  Beberapa Istilah di Asuransi yang Perlu Dipahami
cek iuran dan denda BPJS online tanpa aplikasi

Bila hasil pencarian gagal, coba cek apakah nomor ID peserta BPJS yang dimasukkan salah atau tidak dan pastikan tanggal lahir sesuai data yang ada di KTP atau kartu anggota.

Itulah cara paling mudah tanpa melalui aplikasi untuk memeriksa status keanggotaan dan iuran BPJS kesehatan Online hanya melalui browser di smartphone, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait