Cara Mengetahui Auto Debit BPJS Mandiri Berhasil Terbayar atau Tidak

Di pembahasan sebelumnya admin sudah memberikan tutorial cara mengaktifkan Auto Debit BPJS Bank Mandiri menggunakan aplikasi JKN.  Pertanyaan yang sering muncul yaitu bagaimana mengetahui berhasil tidaknya iuran BPJS dengan sistem pendebetan otomatis tersebut dilakukan oleh pihak Bank ?

melihat bukti transaksi autodebit BPJS bank mandiri

Tentunya rasa khawatir sangat beralasan saat kita memutuskan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS dengan sistem auto debet, Baik itu dari Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN maupun bank lain yang terikat kerjasama dengan pihak BPJS. Karena bila terlambatatau gagal bayar tentu layanan kesehatan akan ditangguhkan dan terkena denda.

Seperti diketahui, setelah sebelumnya mengaktifkan pembayaran otomatis auto debit Bank mandiri untuk bayar bulanan BPJS, Proses pendebetan akan dilakukan antara tanggal 5 sampai 10 perbulannya. Dimana saldo rekening mandiri akan berkurang sesuai total iuran yang harus dibayar.

Lalu bagaimana cara mengetahui pembayaran BPJS lewat Bank mandiri berhasil atau tidak di bulan-bulan berikutnya tanpa harus melakukan pengecekan laporan mutasi rekening ?, Simak beberapa opsi berikut ini.

Cara mengetahui Berhasil tidaknya BPJS Auto debit

  • SMS dari BANK MANDIRI
Baca juga:  Cara Mengisi Saldo LinkAja dari ATM Mandiri dan Aplikasi Banking
SMS pemberitahuan dari BANK MANDIRI pembayaran BPJS berhasil

Cara memastikan apakah saldo rekening kita sudah berkurang atau belum untuk membayar iuran BPJS dengan metode auto-debet, bisa diketahui dari SMS yang masuk ke nomor handphone.

Dimana pemberitahuan yang dikirim pihak dari nomor pengirim “BANK MANDIRI” akan memberitahukan kalau anda berhasil melakukan pembayaran BPJS. Disana akan tertera Bulan, Tahun serta Nomor peserta BPJS yang terbayarkan.

  • SMS dari Nomor 3355
Notifikasi SMS dari nomor 3355 debit pembayaran BPJS

Cara kedua untuk mengetahui iuran BPJS sudah dibayar dengan auto debit Mandiri yaitu adanya SMS masuk dari nomor 3355.

Dimana nomor 3355 yaitu pusat pesan resmi Bank Mandiri untuk proses transaksi. Isi SMS dari nomor 3355 bisa menjadi bukti kalau ada transaksi Debit dengan detail nomor rekening, jam dan tanggal transaksi.

Bila rekening berkurang (Debit) sesuai jumlah total iuran BPJS bulanan anda, berarti auto Debet BPJS rekening mandiri berhasil.

  • Email dari Bank Mandiri
Email pemberitahuan pembayaran BPJS Auto debit berhasil

Notifikasi dari Email resmi bank Mandiri dengan alamat mandiriautodebit@bankmandiri.co.id menjadi bukti ketiga untuk pembayaran otomatis BPJS bulanan anda.

Baca juga:  Cara Beli token Listrik via Mandiri Mobile Banking

Bila dulunya saat membuat rekening bank mandiri anda menyertakan alamat Email nasabah, maka otomatis setiap transaksi yang anda lakukan akan diberikan notifikasinya melalui Email.

  • Cek melalui Aplikasi Mandiri Online

Cara keempat untuk memastikan saldo di rekening mandiri berkurang atau tidak untuk bayar BPJS dengan metode auto debit, bisa melalui aplikasi Mandiri Mobile di smartphone anda.

Jalankan aplikasi mandiri Online dan login dengan menggunakan user ID dan password akun anda, Lalu masuk ke bagian rekening untuk melihat saldo. Disana akan terlihat daftar transaksi, Lihat apakah ada nominal transaksi keluar (Debit) sesuai jumlah tagihan BPJS anda ?, Bila ada berarti iuran sudah berhasil dibayar otomatis.

Selain cara diatas, untuk memastikan BPJS sudah terbayar otomatis dari rekening mandiri, bisa melalui mesin ATM, mencetak transaksi di buku tabungan atau cetak rekening koran dengan mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Jadi seumpama ada masalah seperti saldo rekening tidak berkurang meski sudah akhir bulan meskipun sudah mengaktifkan dan mendaftar Auto Debit BPJS, bisa menghubungi nomor 14000 bank Mandiri atau menghubungi petugas di kantor Bank mandiri cabang terdekat di tempat anda.

Baca juga:  Melihat Bukti Transaksi BNI di Aplikasi Mobile Banking Terbaru

Itulah beberapa opsi untuk mengetahui dan memastikan iuran BPJS sudah terbayar otomatis dengan Auto Debit, yaitu melalui SMS, Email maupun dari dalam aplikasi Mandiri Online, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait