Cara Mengaktifkan Auto Debit BPJS Bank Mandiri dari JKN Mobile

Kewajiban bagi peserta BPJS Mandiri  yaitu membayar iuran bulanan secara rutin. Untuk menghindari keterlambatan, entah karena lupa atau kondisi lainya, Kini BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan beberapa Bank ternama di Indonesia untuk melakukan pendebetan otomatis dari rekening nasabahnya.

PEMBAYARAN OTOMATIS BPJS DARI REKENING MANDIRIA

Bagi yang masih bingung apa itu fitur Auto Debit BPJS kesehatan, admin akan menjelaskan secara singkat. Auto Debet BPJS adalah penarikan iuran bulanan yang diambil dari rekening bank anggotanya secara otomatis setiap bulan. Dimana setiap tanggal 5 dan 10 (Menurut ketentuan setiap Bank masing-masing) saldo nasabah akan dikurangi sebesar nilai iuran bulanan ditambah biaya admin Bank.

Untuk anda yang suka lupa atau terlambat membayar iuran BPJS yang nantinya berakibat denda dan ditangguhkannya pelayanan kesehatan, Lebih baik menggunakan Auto debet dari Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI atau bank yang sudah terikat kerjasama dengan pihak BPJS.

Pengaktifan auto Debet iuran bulanan BPJS bisa dilakukan melalui antarmuka aplikasi JKN Mobile, Aplikasi Internet atau mobile banking, ATM atau langsung mendatangi kantor cabang Bank terdekat. (Baca: Cara mengetahui Auto Debit BPJS berhasil terbayar atau tidak)

Baca juga:  Cara isi Saldo MTIX dari ATM BRI Serta Biaya Adminnya

Adapun fokus pembahasan kali ini admin khusus memberikan tutorial langkah-langkah mengaktifkan Auto Debit BPJS untuk pemilik rekening Mandiri melalui aplikasi Mobile JKN di smartphone Android.

Jadi Bagi anda Nasabah Bank Mandiri yang ingin membayar otomatis iuran bulanan keanggotaan BPJS kesehatan, bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini. (Baca tutorial Cara mengetahui Nomor Virtual Account BPJS)

Cara Mengaktifkan Auto Debet BPJS dari Aplikasi JKN Mobile

Yang perlu dipersiapkan yaitu Install aplikasi JKN Mobile di smartphone. Kemudian pastikan rekening bank Mandiri anda masih aktif dan nomor ponsel sudah terdaftar fitur SMS banking karena nanti ada proses verifikasi OTP yang dikirim ke nomor ponsel anda.

MENU PENDAFTARAN AUTO DEBIT BPJS DARI APLIKASI JKN
  1. Jalankan aplikasi JKN Mobile dan login ke akun BPJS anda
  2. Geser deretan menu ke kiri dan pilih Pendaftaran Auto Debit
  3. Pilih ikon Bank Mandiri dan baca persyaratannya lalu tekan tombol Saya Setuju
  4. Pada halaman Tagihan Auto Debit akan tertera Jumlah anggota keluarga dan total tagihan, Klik tombol Daftar Auto Debit
  5. Isi Data nasabah Mulai dari Nomor rekening Mandiri, Nama pemilik rekening dan nomor Handphone yang terdaftar di akun Bank
  6. Setelah mengisi data nasabah klik Daftar auto debit dan akan keluar Verifikasi OTP data Nasabah
  7. Cek SMS dari nomor 3355 bank mandiri di handphone anda, Lalu masukkan kode tersebut dan tekan tombol Verifikasi
  8. Bila berhasil, akan tampil halaman “Selamat Pendaftaran atas pembayaran Auto Debit pada Bank Mandiri Anda Berhasil
  9. Tekan tombol  Kembali ke menu utama untuk menuju ke tampilan beranda aplikasi JKN
Baca juga:  Cara Cek Denda dan Tagihan BPJS tanpa Aplikasi JKN
PROSES VERIFIKASI otp sms AUTO DEBET BPJS

Pastikan saldo minimal rekening di bank masih mencukupi setiap bulannya untuk pembayaran otomatis BPJS termasuk biaya adminnya. Bila ternyata rekening kehabisan saldo dan anda lupa tidak membayar pada bulan tersebut, maka otomatis layanan ditangguhkan dan terkena denda.

Ada juga problem seperti fitur auto debet BPJS tidak memotong uang di rekening bisa anda pastikan coba cek kembali setelah tanggal 5 atau tanggal 10. Bila hampir akhir bulan belum ada transaksi pembayaran otomatis, hubungi kantor bank terdekat atau via customer service online masing-masing bang yang anda gunakan.

Membatalkan Auto Debit BPJS Bank Mandiri

Lalu bagaimana cara menonaktifkan auto debet BPJS bank Mandiri ?. Bisa dilakukan melalui aplikasi mandiri online banking atau langsung meminta pembatalan ke cabang Bank mandiri terdekat. Adapun bila melalui aplikasi banking di smartphone sebagai berikut.

  1. Jalankan aplikasi mandiri online dan login ke akun anda
  2. Buka menu Bayar dan pilih tab Auto Debit
  3. Pilih menu Pembatalan Auto Debit
  4. Pilih institusi BPJS Kesehatan dan masukkan Virtual Account Peserta (Bisa dilihat di aplikasi JKN mobile)
  5. Setelah itu lanjutkan prosesnya dan bila berhasil maka pembayaran otomatis akan dibatalkan
Baca juga:  Cara Daftar EDABU BPJS dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

Itulah langkah-langkah mendaftar auto debet pembayaran BPJS dari rekening Bank Mandiri melalui aplikasi JKN beserta cara membatalkannya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait