Cara Daftar EDABU BPJS dan Cara Penggunaannya dengan Mudah

EDABU BPJS Kesehatan sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat akhir-akhir ini. Elektronik Data Badan Usaha ini digunakan perusahaan untuk memasukkan daya karyawan agar terdaftar dalam BPJS Kesehatan. Layanan ini tentu dibuat untuk memudahkan perusahaan dan para karyawannya untuk mendapatkan jaminan kesehatan sebagai masyarakat Indonesia.

Cara daftar edabu bpjs dan penggunaannya

Terobosan BPJS Kesehatan ini patut mendapatkan apresiasi, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti apa itu Elektronik Data Badan Usaha karena sebagian besar dari mereka hanya mengenal BPJS Kesehatan. Sebenarnya, lembaga BPJS Kesehatan telah memberikan sosialisasi secara rutin mengenai e-dabu.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman EDABU kepada para karyawan perusahaan dari bagian HRD. Seperti yang kita ketahui, bagian HRD merupakan bagian yang bertanggung jawab atas BPJS Kesehatan sehingga setiap pelayanan terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan seharusnya dapat dipelajari dengan baik.

Inovasi terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk melayani calon peserta dan peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), seperti dengan adanya pelayanan Elektronik Badan Usaha. Layanan dalam bentuk aplikasi ini berguna untuk manajemen peserta penerima upah (PPU) suatu perusahaan sehingga cocok untuk perusahaan dengan jumlah karyawan berskala besar.

Baca juga:  Pengecekan Iuran BPJS Error Apa penyebab dan cara mengatasinya

Cara Daftar dan Dokumen yang Diperlukan

Setelah mengenal apa itu Elektronik Data Badan Usaha, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mendaftarkan diri dan dokumen apa saja yang dibutuhkan melalui aplikasi EDABU. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan dokumen, seperti fotokopi KTP dan kartu keluarga, kemudian Anda bisa memasukkan data diri yang sesuai.

Langkah kedua adalah memilih data peserta sesuai yang dibutuhkan, yaitu dengan klik “Data Peserta” kemudian pilih “Tambah Peserta” untuk mengisi data sesuai kebutuhan. Dalam memasukkan data ini, Anda harus memasukkan NIK sesuai dengan kartu identitas jadi Anda harus mempersiapkan KTP sebelumnya.

Langkah ketiga daftar EDABU adalah memilih fasilitas kesehatan yang dibutuhkan. Dalam aplikasi tersebut, Anda akan disuguhkan beberapa pilihan fasilitas kesehatan sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan domisili atau tempat tinggal peserta BPJS Kesehatan. Anda bisa melakukan langkah ini dengan melalui sebuah aplikasi mobile JKN agar bisa menggunakan cara yang lebih mudah.

Simak juga : Cara mengetahui Virtual account BPJS Kesehatan

Baca juga:  Cara Mengetahui Auto Debit BPJS Mandiri Berhasil Terbayar atau Tidak

Berikutnya, lengkapi data informasi unit kerja dengan memilih “Unit Kerja”, kemudian isi informasi sesuai kolom yang diminta. Pastikan semua data terisi dengan benar, kemudian klik “Simpan”. Jika ada tambahan keluarga yang ingin dimasukkan, maka klik “Tambah Keluarga”.

Apabila semua data sudah terisi dengan data yang benar dan juga sudah terisi dengan data yang sesuai, kemudian pilih approval peserta dan jenis mutasi pendaftaran yang baru. Cetak sebuah kotak nomor dan pilihlah “Cek dan Approval” untuk melakukan suatu pengecekan mengenai sebuah informasi. Pendaftaran peserta sudah selesai dilakukan dan Anda bisa langsung untuk keluar dari website Edabu.

Cara Penggunaan melalui Fitur yang Ada

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan Elektronik Data Badan Usaha, tentu kita harus mengenal berbagai macam fitur di dalam aplikasi atau website tersebut. Jika Anda ingin mengunggah data peserta BPJS Kesehatan dana jumlah banyak sekaligus, fitur “Upload Massal” bisa jadi pilihan untuk memudahkan tugas perusahaan.

Jika Anda ingin mengunduh jumlah iuran bulanan dari peserta, tinggal memanfaatkan fitur “Laporan Rekap Iuran”. Sedangkan, untuk melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan, fitur “Cek Data” akan membantu Anda menelusuri informasi yang dibutuhkan dalam layanan terbaru BPJS Kesehatan ini.

Baca juga:  Memilih Asuransi Terbaik dan Menguntungkan Untuk Karyawan

Menambahkan anggota keluarga baru terkadang memang dibutuhkan sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur “Tambah dan Edit” untuk mengubah atau menambah data. Selain itu, Anda juga bisa untuk memberikan sebuah approval yang ada pada sebuah data peserta baru secara online yang telah didaftarkan melalui sebuah fitur “Approval”.

Masih ada fitur lain yang bisa Anda manfaatkan, seperti ganti profil dan password user hingga cetak kartu dan cetak tagihan. Apabila terjadi kendala atau masalah dalam menggunakan aplikasi dan website ini, Anda bisa menghubungi Customer Service BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan solusi terbaik.

Banyaknya manfaat yang akan kita peroleh dari Elektronik Data Badan Usaha untuk perusahaan, khususnya perusahaan berskala besar, tidak ada salahnya karyawan bagian HRD mempelajari lebih lanjut mengenai hal ini. Untuk mendapatkan suatu informasi yang lebih lanjut bisa Anda dapatkan dan juga bisa Anda lihat dengan melalui sebuah website EDABU.

Artikel Terkait