Cara Melihat Riwayat Pembayaran BPJS beberapa Bulan Sebelumnya

Ada sebagian peserta anggota BPJS kesehatan yang ingin melihat riwayat transaksi pembayaran yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya, Mulai dari jumlah yang dibayarkan, tanggal dan waktunya serta melalui channel apa semisal pembayaran via Bank Mandiri, BNI atau dari layanan lainnya.

cara lihat catatan transaksi pembayaran iuran BPJS

Rutin membayar iuran BPJS sebelum tanggal 10 setiap bulannya memang disarankan agar menghindari keterlambatan yang berakibat denda dan pembatasan layanan. Adapun bukti bahwa kita sudah membayar di bulan tertentu atau sebelumnya, ternyata masih bisa kita lacak tanpa harus mendatangi kantor BPJS.

Untuk mengetahui riwayat transaksi pembayaran iuran BPJS beberapa bulan sebelumnya, kita bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN. Dimana cara tersebut paling mudah dilakukan karena hanya berbekal smartphone tanpa repot-repot mencari nota pembayaran yang kemungkinan hilang.

Melihat Riwayat Pembayaran BPJS via Aplikasi JKN

Pastikan dulu sudah menginstall Mobile JKN di smartphone dan mendaftar sebagai pengguna Aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan username dan sandi untuk akses masuk nantinya. Bila sudah, silahkan simak cara mengetahui Catatan pembayaran iuran BPJS di bawah ini.

Baca juga:  Memilih Asuransi Terbaik dan Menguntungkan Untuk Karyawan
  1. Buka dan Login ke akun Mobile JKN di smartphone
  2. Pada tampilan awal, geser menu ke kiri satu kali dan masuk ke opsi “Catatan Pembayaran
  3. Bila berhasil masuk maka data pembayaran akan tampil di layar
Menu untuk melihat riwayat catatan transaksi pembayaran BPJS

Catatan pembayaran BPJS yang sudah berhasil di lakukan hanya bisa dilihat untuk 10 bulan kebelakang. Jadi kita tidak bisa melihat riwayat pembayaran semisal satu tahun atau lebih dari aplikasi JKN kecuali harus mendatangi kantor cabang layanan BPJS terdekat.

Di daftar catatan pembayaran Iuran BPJS tersebut tertera detail Nama peserta, Nomor Virtua account kartu BPJS, Total pembayaran, Channel atau loket tempat membayar, Tanggal dan status Lunas. (Simak juga: Cara mengaktifkan auto debit BPJS Bank Mandiri dari dalam aplikasi JKN)

Jadi seumpama ada keperluan khusus untuk melacak catatan riwayat transaksi pembayaran BPJS seperti mengetahui tanggal berapa bulan tersebut kita membayar serta melalui channel atau metode bayar pakai apa, bisa kita lihat dengan bantuan aplikasi JKN Mobile.

Baca juga:  Apa saja Istilah dalam Asuransi Syariah ?

Selain fitur tersebut, Aplikasi Mobile JKN di smartphone bisa digunakan untuk mendaftar auto debit, yaitu membayar secara otomatis iuran bulanan BPJS dari rekening bank, Mengetahui obat apa saja yang ditanggung BPJS, Menambah anggota maupun mendaftar peserta, Cek VA (Virtual Account) untuk bayar via Bank seperti melalui mesin ATM atau mobile banking, Pengaduan keluhan dan lain sebagainya.

Semoga informasi tentang cara melihat catatan pembayaran bulanan BPJS diatas bermanfaat dan bagikan artikel ke teman untuk berbagi informasi bermanfaat tentang asuransi kesehatan, terima kasih.

Artikel Terkait