2 Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan

Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan melalui Bank dibutuhkan nomor rekening virtual atau disebut sebagai Virtual Account. Dimana banyak peserta JKN yang kebingungan saat ingin membayar tagihan melalui mesin ATM, Internet Banking maupun via aplikasi Mobile banking di smartphone.

Cara mengetahui nomor virtual BPJS untuk bayar lewat Bank

Lalu apa itu virtual account BPJS ?, Secara ringkas pengertiannya yaitu akun rekening virtual berupa beberapa digit angka yang bisa digunakan untuk keperluan pembayaran premi di bank atau Layanan pembayaran tertentu yang sudah terikat kerjasama dengan Penyelenggara BPJS kesehatan.

Virtual Account untuk keperluan pembayaran via Bank tidak hanya untuk BPJS saja, Banyak market online yang juga menggunakan akun virtual untuk metode pembayaran. Sebagai contoh saat ingin membayar pembelian barang di Shoopemelalui transfer Bank, juga akan disuruh memasukkan virtual account.

Untuk mengetahui bagaimana cara melihat atau Cek nomor akun virtual BPJS milik kita, bisa melalui aplikasi JKN Mobile di smartphone Android atau iPhone. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara mengetahui Virtual Account kartu BPJS

  1. Install aplikasi JKN Mobile dari google play store
  2. Buka aplikasi JKN dan masuk ke akun BPJS anda
  3. Di halaman pertama, geser deretan menu ke arah kiri
  4. Pilih opsi Cek VA dan tunggu respon dari server BPJS
  5. Akan terlihat daftar Virtual Account lengkap dengan Nama Bank untuk pembayaran
Baca juga:  Cara Registrasi Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan dengan Benar
Contoh virtual account kartu BPJS

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mengingat nomor akun virtual BPJS , Yaitu hanya dengan mengubah dan menambah kode digit angka didepan nomor kartu BPJS sesuai bank yang akan kita gunakan untuk membayar iuran.

Contoh penulisan kode virtual account BPJS untuk pembayaran melalui Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI adalah seperti dibawah ini:

  • BNI                         : 8888802212345678
  • MANDIRI             : 8988802212345678
  • BTN                        : 8888802212345678
  • BRI                         : 8888802212345678

Dimana kita hanya perlu menambah 5 angka sesuai dengan Bank yang diinginkan, Lalu disertai dengan nomor kartu BPJS dengan menghilangkan dua angka ‘0’ didepannya. (Simak juga: Cara Cek Denda tagihan BPJS tanpa aplikasi JKN)

Bila anda perhatikan contoh diatas, yang berbeda hanya kode virtual account BPJS Bank mandiri yaitu 89888 diikuti nomor kartu. Sedangkan kode pembayaran virtual untuk BNI, BTN dan BRI sama yaitu 88888.

Jadi meskipun tanpa menginstall aplikasi JKN mobile, anda bisa dengan mudah mengingat kode virtual Kartu BPJS sesuai bank yang dipilih untuk membayar iuran bulanan asuransi BPJS melalui mesin ATM maupun via aplikasi mobile dan internet Banking.

Baca juga:  Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi BNI mBanking

Sebagai tambahan, Sebaiknya anda tetap memasang aplikasi JKN di smartphone untuk mengetahui berbagai layanan dan fitur didalamnya. Seperti memeriksa daftar histori pembayaran premi asuransi apakah sudah lunas atau belum, mengganti data peserta BPJS, Pendaftaran Auto debit pembayaran BPJS melalui rekening Bank dan lain sebagainya.

Artikel Terkait