Cara Kirim File dari Android ke Laptop Tanpa Kabel Data dengan Xender

Melakukan transfer file dari ponsel ke perangkat komputer atau laptop mudah dilakukan, baik itu menggunakan bantuan kabel data maupun wireless alias tanpa kabel. Dan di kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara mengirim file seperti Foto, Video, lagu, dokumen, aplikasi dan selainnya dari PC ke Android atau sebaliknya.

transfer video foto aplikasi ke laptop

Mentransfer file dari HP android ke laptop tanpa Kabel data USB bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi gratis yang ada di play store seperti Share-it, Send Anywhere, ShareMe, Easy share dan lain sebagainya. Dan untuk tutorial kali ini admin bahas aplikasi bernama Xender.

Seperti halnya Share-it yang sudah lebih dulu populer, Aplikasi Xender juga banyak penggunanya. Selain mudah digunakan, pada komputer tidak perlu menginstall aplikasi apapun untuk menerima File dari ponsel. Jadi Aplikasi cukup dipasang pada smartphone saja.

Jaringan untuk melakukan transfer dari HP ke PC menggunakan Xender bisa dengan koneksi WiFi router rumah, atau dengan mengaktifkan hotspot pada HP android bila tidak memiliki sambungan WiFi.

Baca juga:  Daftar Aplikasi Editor Video Tanpa Watermark Terpopuler

Jadi pastikan dulu kedua perangkat yaitu ponsel dan Laptop sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Kirim File dari HP Android ke Laptop

Koneksi HP ke Laptop tanpa kabel data
  1. Unduh dan pasang aplikasi XENDER dari play store
  2. Setelah terinstall, Jalankan aplikasinya untuk pertama kali dan setujui notifikasi yang muncul di layar ponsel
  3. Langkah selanjutnya Klik tanda ‘+‘ di pojok kanan atas dan pilih Connect PC
  4. Di komputer, Buka Browser lalu ketik pada alamat IP yang ditampilkan pada Xender Ponsel
  5. Bila di layar HP muncul permintaan koneksi, Tekan tombol Terima
  6. Bila sudah terhubung, Semisal ingin mengirim Foto ke Laptop beri tanda centang pada file yang diinginkan, lalu tekan tombol Download
Kirim file melalui aplikasi Xender

Anda juga bisa mentransfer beberapa foto atau video sekaligus dengan memberi centang pada beberapa file. Dan biasanya untuk file yang jumlahnya banyak akan menghasilkan format ZIP dan bisa anda ekstrak di komputer.

Untuk mengirim file APK aplikasi caranya juga sama seperti diatas, Masuk ke bagian halaman aplikasi yang letaknya diatas folder File. Pilih aplikasi mana yang ingin dikirim ke laptop, semisal Game, aplikasi sosial media dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Beli token Listrik via Mandiri Mobile Banking

Tonton video tutorial lengkapnya di di bawah ini:

Kesimpulannya, Dengan menggunakan aplikasi Xender kita bisa lebih cepat berkirim file dari HP ke komputer atau sebaliknya seperti halnya menggunakan Share-It.

Leave a reply "Cara Kirim File dari Android ke Laptop Tanpa Kabel Data dengan Xender"