Cara Melaporkan Nomor Rekening Penipuan Online

Jika Anda menjadi korban penipuan, maka langkah yang bisa dilakukan ialah melaporkan rekening penipuan ke pihak berwajib. Pemerintah sebagai pihak berwajib akan membantu memblokir rekening pelaku dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Anda penting untuk memahami bagaimana prosesnya dan cara melakukannya.

melaporkan nomor rekening penipu online

Saat ini internet memang memudahkan dan mempercepat berbagai hal dalam kehidupan manusia. Banyak orang jahat yang tidak bertanggung jawab di internet yang memantau para pengguna awam untuk ditipu. Meskipun pemerintah sudah mengoptimalkan pengamanan untuk menjaga pengguna dari kejahatan, namun kelalaian pengguna tetap memungkinkan penipuan online masih sering ditemui.

Kegiatan belanja atau transaksi secara online mempermudah penipu untuk mengelabui para korbannya. Dengan menggunakan data diri yang kelihatan meyakinkan, masyarakat masih banyak yang terjerat dalam kasus penipuan. Mengirimkan sejumlah uang ke rekening penjahat menimbulkan berbagai kerugian materi di masyarakat.

Salah satu tips terhindar penipuan online sebenarnya ialah cukup waspada sebelum melakukan transaksi apapun. Pastikan dahulu rekening atau identitas penerima adalah benar sehingga jika terjadi masalah kedepannya, Anda tahu siapa orang yang akan dituntut. Akan lebih aman lagi jika Anda bertransaksi dengan pihak yang sudah terjamin dan resmi.

Baca juga:  Tips Melihat Kode QR WhatsApp dan Cara menggunakannya

Korban Penipuan Segera Laporkan Nomor Rekening Pelaku

Penipuan saat ini juga semakin canggih karena sudah dilakukan secara online. Melalui aplikasi jualan online seperti Ecommerce atau media sosial, pengguna masih saja ada yang masuk jebakan penipu ini. Internet memang mempermudah penjahat melakukan penipuan khususnya bagi pengguna yang teledor.

Saat ini penipu juga menggunakan jubah yang kelihatan aman sehingga orang-orang yang kurang teliti dengan mudah akan tertipu sejumlah uang. Transaksi online masih sering membuat pengguna mengirimkan uang ke rekening yang salah dalam kegiatan berbelanja online atau sejenisnya.

Jika Anda pernah mendengar ini atau bahkan mengelaminya, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk melaporkan rekening penipuan ini. Pemerintah melalui KOMINFO menyediakan layanan pengaduan masyarakat yang tertipu. Sebuah situs yakni www.cekrekening.id akan membantu korban untuk menonaktifkan rekening bank apapun.

Anda hanya perlu menjadi akun terverifikasi untuk melaporkan pelaku dan rekeningnya sehingga KOMINFO selanjutnya bisa melakukan pengecekan terhadap akun yang dilaporkan. Dengan mengisi nama dan rekening pelaku di situs tersebut maka penindakan akan segera dilakukan.

Baca juga:  Dimana Letak Nomor Rangka dan Mesin Honda Beat F1 ?

Jika ditemukan adanya kecocokan data dari pelapor dengan transaksi pada rekening terlapor maka KOMINFO akan segera blokir rekening penipuan sehingga selanjutnya pelaku tidak bisa bertransaksi lagi.

Penipuan Online Akan Terus Ada, Pengguna Wajib Hati-Hati

Internet terus berubah dan berkembang dengan sangat cepat. Sementara para pengguna masih banyak yang tidak ikut mengembangkan diri masing-masing. Internet menghapus batasan dan sekat antar manusia sehingga privasi terus semakin hilang. Disini sangat diperlukan kedewasaan pengguna sekalipun pemerintah terus mengoptimalkan penjagaan.

Situs yang disediakan KOMINFO bisa juga Anda gunakan sebagai cara dan tips terhindar penipuan online. Sebelum melakukan transaksi keuangan online lakukan dulu pengecekan di situs tersebut juga. Pengguna internet memang harus lebih waspada terhadap para penipu karena teknik yang digunakan akan terus berubah.

Celah penjahat seperti penipuan online akan terus ada terlebih adanya kecerobohan penggunanya. Anda sebagai pengguna wajib paham bahwa di internet selalu ada penjahat yang mengintai. Menjaga keamanan pribadi selalu jadi tanggungjawab penuh diri sendiri.

Baca juga:  Cara Mengatasi Pulsa IM3 Indosat Berkurang sendiri

Kegiatan belanja online atau transaksi keuangan lainnya bisa dimanfaatkan penipu untuk mengelabui korbannya. Anda jangan pernah menunggu jadi korban atau berharap pemerintah blokir rekening penipuan tanpa ada tindakan pengamanan sendiri. Mencegah merupakan jalan paling aman yang bisa Anda lakukan termasuk transaksi online.

Amankan data diri dengan jangan sembarangan memberikan identitas secara online untuk meminimalisir data tersebar. Kemudian ketika melakukan transaksi secara online, usahakan melakukannya dengan pihak yang resmi. Misalnya belanja online sebaiknya lakukan di pedagang yang menyediakan jaminan.

Pastikan bahwa setiap transaksi yang terjadi adalah aman dan ada jaminannya sehingga Anda terhindar dari kerugian. Belanja melalui media sosial memang semakin disukai masyarakat. Dalam hal ini penipu bisa lebih leluasa sehingga Anda yang sebaiknya lebih waspada.

Kesalahan mungkin bisa saja terjadi meskipun sudah waspada dan teliti. Tidak perlu panik jika menjadi korban, tetapi bantu laporkan pelaku sehingga tidak ada korban selanjutnya. Jika terlanjur tertipu, sebaiknya langsung melaporkan nomor telepon penipuan dan rekeningnya ke pihak berwajib.

Artikel Terkait