9 Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri di Android (Force Close)

Hal paling menyebalkan saat ingin bermain game di HP android tiba-tiba terhenti gara-gara ada notifikasi Force Close, Dicoba berulangkali tetap saja keluar sendiri saat Loading. Tentunya kita harus mencari tahu apa penyebab serta cara mengatasinya.

game PUBG COD FREE FIRE force close

Banyak permainan populer yang lagi trending di google play store dengan ukuran file besar serta tergolong game berat. Sehingga untuk menginstallnya dibutuhkan space memori internal yang besar dan untuk menjalankannya juga diperlukan spesifikasi ponsel yang direkomendasikan pembuat aplikasi, mulai dari hardware CPU berupa besarnya RAM, GPU atau pengolah grafis dan jenis prosesor yang dipakai.

Sebagai contoh game COD, PUBG, Free Fire atau Mobile legend sering Force Close saat loading sudah biasa kita dengar dari beberapa penggunanya. Dan yang perlu diingat sebenarnya apakah spesifikasi HP android kita memang memenuhi standar minimum hardware yang direkomendasikan atau tidak.

Bila ternyata ponsel prosesor serta RAM sudah dianggap mampu, perlu diselidiki dulu apa penyebab lain, mulai dari Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, File game yang rusak, adanya virus di sistem android, masalah jarngan dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri atau Force Closed

Tidak hanya permasalahan game saja yang sering Force Close, Bahkan aplikasi lain seperti Facebook, Youtube, Instagram dan lainnya juga tidak menutup kemungkinan tiba-tiba berhenti sendiri saat dijalankan. Jadi langsung saja simak dan coba cara berikut ini.

1. Tutup Aplikasi di Background

Efek dari aplikasi yang banyak berjalan di latar belakang sistem yaitu memperberat kinerja CPU seperti Prosesor semakin berat kerjanya sehingga panas dan kapasitas RAM banyak terpakai sia-sia.

Sudah umum kita lihat beberapa pengguna smartphone android saat menutup aplikasi hanya menekan tombol Home, Diman sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan di balik layar (Background) dan masih menggunakan resource CPU.

Baca juga:  Cara Jalankan Aplikasi BBM android di Laptop

Habisnya kapasitas RAM akan berpengaruh pada game android yang akan dijalankan sehingga effeknya saat loading berlangsung Game gagal terbuka dengan ditandai peringatan bahwa aplikasi telah terhenti.

Untuk itu, pastikan untuk menutup semua aplikasi yang baru saja kita buka sebelum menjaankan game agar tidak force closed. Adapun cara menutup semua aplikasi yang berjalan di android sangat mudah, Tekan tombol Recent Apps dan tekan tanda silang.

Catatan: Pada setiap tipe smartphone tombol recent bisa berbeda letaknya, ada yang menekan tombol segitiga pada HP xiaomi, Tombol dengan ikon garis tiga mendatar dan lainnya sesuai fitur di setiap ponsel.

2. Matikan dan Nyalakan Ulang Android

Melakukan restart atau reboot sistem android menjadi standar umum yang direkomendasikan apabila memiliki permasalahan pada aplikasi, menu yang tidak dapat diakses atau fitur lain yang tidak berkerja normal seperti biasanya.

Fungsi Reboot sendiri pada HP Android sama dengan perangkat di Komputer yaitu memulai ulang proses sistem dari booting sampai layar smartphone siap diakses kembali dengan menu lengkap didalamnya.

Menyalakan ulang OS Android juga berfungsi memperbaiki kegagalan proses sistem, melegakan RAM, menutup semua aplikasi yang terbuka dan memindai semua hardware serta file yang dibutuhkan.

Cobalah untuk mematikan dan menyalakan ulang Android, kemudian jalankan kembali Game dan lihat apakah masih sering keluar sendiri atau problem teratasi.

3. Cek Koneksi Internet

Game atau aplikasi yang tidak merespon bisa diakibatkan oleh koneksi internet yang tidak stabil seperti sinyal naik turun, Bandwidth kecil atau pemilihan mode jaringan yang tidak sesuai bila menggunakan koneksi data selular.

Baca juga:  Tips Foto Selfie Vivo Y71 tidak Terbalik seperti Cermin

Bila smartphone support 4G silahkan diaktifkan karena kecepatan transfer dan upload data tinggi, Apabila menggunakan jaringan WiFi pastikan sinyal yang didapat stabil dan bandwidth sesuai dengan kebutuhan game yang akan dijalankan.

4. Hapus Cache Aplikasi / Game

Setiap aplikasi umumnya menggunakan cache untuk memaksimalkan fungsinya ketika dijalankan. Namun banyaknya file cache yang menumpuk dan tidak terpakai lagi bisa mempengaruhi kinerja aplikasi dan sistem.

Cache yang terlalu banyak bisa menjadi sampah dan memperberat kinerja CPU. Bahkan Baterai cepat habis saat menjalankan Game atau aplikasi karena Prosesor, GPU dan RAM bekerja ekstra memuat cache meskipun tidak digunakan lagi.

Jadi, agar game tidak mudah menutup atau force close lakukan pembersihan cache secara berkala. Adapun cara membersihkan cache game di android yaitu buka menu pengaturan, Lalu masuk ke bagian manajemen aplikasi. Kemudian cari Nama permainannya dan pilih Clear Cache.

5. Update Game

Meskipun aplikasi google play store dalam setelan bawaannya  bisa memperbarui setiap aplikasi bila ada versi terbaru, Namun banyak pengguna smartphone android yang mematikan fitur ini. Akibatnya setiap aplikasi dan game yang terpasang tidak akan update otomatis.

Cobalah mengupdate game ke versi terbaru bila tersedia, Tujuannya untuk menambah fitur baru dan memperbaiki setiap permasalahan didalamnya agar kejadian game sering macet, Hang atau keluar sendiri bisa diatasi.

6. Mencopot dan install ulang Game

Bila solusi diatas belum membuahkan hasil, coba uninstall game yang bermasalah. Setelah itu Lakukan reboot dan install kembali permainannya.

Direkomendasikan untuk selalu mengunduh game android melalui play store karena dijamin keamanannya oleh google dari virus dan malware.

Adapun cara mencopot game atau aplikasi dari Ponsel android bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Jalankan play store, lalu tekan menu pojok kiri atas dan pilih Aplikasi saya. Kemudian cari nama game yang dimaksud dan klik tombol uninstall.

Baca juga:  Cara Ambil Kiriman Uang WU di Kantor Pegadaian

Atau bisa membuang game dengan cara buka menu pengaturan, Masuk ke manajemen aplikasi, Pilih gamenya dan pilih tombol copot pemasangan atau buang aplikasi.

7. Aktifkan fitur Turbo Boost

Bila smartphone android sobat memiliki fitur turbo boost seperti yang ada di HP Redmi Note dan sejenisnya, manfaatkan fitur ini untuk mengatasi game yang suka berhenti saat loading, tersendat-sendat atau sering keluar sendiri.

Sebenarnya banyak aplikasi turbo boost lain di play store untuk tujuan meningkatkan kinerja aplikasi, namun banyak juga yang tidak kompetible dengan hardware smartphone yang akibatnya malah membuat lemot sistem.

8. Update Software Android

Pastikan firmware di smartphone selalu dalam versi terbaru untuk memaksimalkan kinerjanya. Bahkan seringkali kita lupa untuk mengetahui spesifikasi OS android minimum yang direkomendasikan untuk menjalankan game.

Misalkan suatu aplikasi atau game memerlukan minimum versi android Marshmallow maka bila ponsel dengan OS Lollipop dipaksa menjalankan aplikasinya tentu bermasalah. Kalaupun berjalan diawalnya, maka bisa jadi di tengah-tengah permainan hang, menu tidak bisa diakses atau bahkan menutup sediri.

9. Reset Smartphone

Cara terakhir bisa dipilih sebagai solusi terakhir bila banyak aplikasi yang dijalankan sering trouble yaitu mengembalikan pengaturan android ke setelan pabrik.

Dengan melakukan factory reset, maka seluruh data dan pengaturan sistem akan dikembalikan ke versi bawaan ponsel.

Namun opsi terakhir ini bisa diabaikan bila yang bermasalah hanya satu game saja dan seluruh aplikasi lain di smartphone masih lancar. Bisa jadi RAM, Prosesor, GPU maupun permasalahan hardware lain yang menyebabkan game bermasalah ketika dijalankan.

Artikel Terkait