Cara Mengatasi Gagal Kirim Video dan Gambar di WhatsApp

Banyak penyebab yang bisa terjadi saat kita selalu gagal berkirim foto atau video di aplikasi WhatsApp (WA). Dimana selain masalah server penyedia layanan, juga bisa disebabkan beberapa problem di sistem maupun pada koneksi data penggunanya.

Sebagai media sosial berbasis messenger, pengguna WhatsApp pada statistiknya di play store sudah diunduh lebih dari satu miliar pengguna smartphone. Dan sampai saat ini belum ada satu aplikasi pun yang mampu menyaingi kepopuleran WA untuk berkirim pesan, melakukan panggilan audio/video dan juga fitur Update status yang hanya berdurasi 24 Jam tersebut.

Kembali ke permasalahan WA tidak dapat berkirim gambar ataupun video, entah itu saat ada di kolom chatting ataupun ingin update status menggunakan file foto/video, maka ketika ingin mengunggah file yang dinginkan tidak bisa dilakukan tentunya harus dicari dulu penyebabnya.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab dan langkah mengatasi aplikasi WhatsApp tidak dapat mengirim video atau file foto pada inbox maupun fitur Status.

Restart smartphone

Baca juga:  Cara Cepat Download video Youtube tanpa aplikasi lain

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mengalami error pada suatu aplikasi, adalah melakukan reboot atau restart, yakni mematikan dan menyalakan ulang sistem pada ponsel android.

Banyak kasus aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya, semisal WA tiba-tiba keluar sendiri, tidak bisa mengirim pesan atau file dan lain sebagainya, disebabkan crash pada sistem.

Dan untuk melakukan refresh sistem android agar berjalan normal kembali, maka disarankan untuk memuat ulang (restart). Setelah itu coba jalankan kembali aplikasi WA.

File Terlalu besar / Tidak disupport

Ada beberapa file yang tidak didukung oleh whatsApp, begitu juga dari sisi kapasitasnya. Semisal Video yang ukuran filenya terlampau besar, tentunya akan ditolak oleh server layanan WA.

Begitu juga saat gagal berkirim foto / gambar, coba pastikan kalau file yang kita kirimkan formatnya sudah sesuai, semisal ber-ekstensi jpg, bmp atau Gif.

Bersihkan Cache aplikasi

Banyaknya file sampah dan juga cache aplikasi yang menumpuk pada sistem akan mempengaruhi kinerja CPU untuk mengolah data, Bahkan bisa menyebabkan crash pada saat pembacaan beberapa file didalamnya.

Baca juga:  3 Cara Screenshot di OPPO A3s Tanpa Aplikasi Tambahan

Cobalah menghapus cache aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, dan ada beberapa cara untuk clear cache, yakni bisa melalui aplikasi pembersih sampah sistem semisal Ccleaner dan sebagainya, atau bisa langsung menuju ke setelan aplikasi dan tekan tombol ‘hapus cache’

Koneksi Data bermasalah

Untuk mengunggah file foto atau Video di WA tentunya kita menggunakan jaringan data internet, entah itu dari koneksi Wi-Fi atau Data selular.

Untuk itu, pastikan koneksi internet di smartphone stabil dan lancar, apalagi bila ingin Upload video di kolom chat atau status, pastikan data internet berada pada jaringan minimal 3G.

Server WhatsApp Error

Untuk memastikan bahwa aplikasi WA dan sistem di smartphone kita tidak bermasalah, cobalah untuk menanyakan ke teman apakah mengalami problem yang sama yakni tidak dapat update status atau berkirim file video/gambar.

Bila teman anda juga mengalami hal yang sama, bisa dipastikan server layanan WhatsApp sedang mengalami gangguan.

Dan tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu sampai Server normal kembali dengan cara cek secara berkala apakah sudah dapat berkirim pesan atau belum.

Baca juga:  Cara Simpan Foto dan Video di Google Drive HP Android

Aplikasi WA trouble

Dan yang terakhir adalah adanya trouble pada aplikasinya, dimana saat jaringan data sudah bagus, semua file cache juga sudah dihapus, sudah melakukan reboot HP dan WA milik teman juga tidak ada masalah, maka asumsi terakhir adalah kerusakan pada aplikasinya.

Untuk mengatasi kerusakan aplikasi, tentunya kita harus menginstall ulang. Caranya Hapus (uninstall) WA, kemudian buka google play store dan install ulang aplikasi WhatsApp.

Itulah beberapa langkah yang bisa sobat lakukan saat mengalami trouble WhatsApp selalu gagal untuk update status ataupun berkirim Foto / Video, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Mengatasi Gagal Kirim Video dan Gambar di WhatsApp"